UNTUK INDONESIA

Geopark Ciletuh akan Dipercantik, Ranger Dilibatkan

Sejumlah langkah agar traveler datang akan dilakukan di Geopark Ciletuh. Termasuk keterlibatan ranger.
Geopark Ciletuh di Palabuhan Ratu, Jawa Barat (Foto: Antara)

Jakarta - Geopark Ciletuh menjadi destinasi wisata menjanjikan di Palabuhan Ratu, Jawa Barat. Sejumlah langkah agar traveler datang akan dilakukan di tempat yang dinobatkan sebagai Taman Bumi Dunia oleh UNESCO tersebut.

Potensi wisata di Geopark Ciletuh seperti edukasi kelestarian lingkungan akan disisipi daya tarik wisata sehingga dapat menyedot wisatawan.

"Geopark Ciletuh selain memiliki nilai edukasi mengenai kelestarian lingkungan juga memiliki kekayaan geologis yang harus dijaga bersama. Namun tetap menjadi daya tarik wisata," kata Direktur Kelembagaan Kemenparekraf, Reza Fahlevi, melalui keterangan tertulisnya, Jumat 20 November 2020.

 Serta menentukan langkah-langkah konkret agar apa yang kita lakukan ke depan bisa tepat sasaran.

Geopark CiletuhGeopark Ciletuh di Palabuhan Ratu, Jawa Barat (Foto: dok Kemdikbud)

Ia menuturkan, Kemenparekraf nantinya akan membantu pengelola dan pemerintah daerah untuk memperbaiki tata kelola kawasan Geopark Ciletuh sehingga menarik wisatawan. Harapannya Geopark Ciletuh makin "cantik" sehingga mampu bersaing dengan destinasi wisata lain di Indonesia.

"[Termasuk] ranger, pengelola geosite, hingga industri. Serta menentukan langkah-langkah konkret agar apa yang kita lakukan ke depan bisa tepat sasaran," ujarnya.

Geopark CiletuhGeopark Ciletuh. (Foto: tripadvisor)

Reza menambahkan, Geopark Ciletuh sudah ditetapkan sebagai Taman Bumi Dunia atau Global Geopark sejak April 2018. Selain itu, kawasan tersebut juga masuk ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024, kata dia, sehingga pengembangan Geopark Ciletuh menjadi prioritas dari banyak pihak.

"Ini yang kita lakukan bersama, apapun langkah kita ke depan harus dilakukan dengan kesepakatan, dengan proses yang kita lakukan bersama, dengan perencanaan yang dilakukan secara partisipatif dan komitmen bersama. Kemenparekraf hadir untuk mendukung upaya-upaya tersebut," ujar Reza.

Hal ini mendapat sambutan yang baik dari Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi, Usman Jaelani. Ia mengapresiasi tujuan Kemenparekraf sehingga bisa diimplementasikan ke depan agar Geopark Ciletuh yang berada di delapan kecamatan bisa bermanfaat.

"Bagi kelembagaan dan masyarakat terutama dari sisi perekonomian dan lebih memajukan gairah pariwisata," kata Usman.

Berita terkait
Datang ke 5 Objek Wisata Air di Sulawesi Selatan Ini Auto Takjub
Sulawesi Selatan memiliki pesona alam indah terutama objek wisata airnya. Datang ke sana auto takjub deh!
Setelah Pensiun Tak Dipakai, Bagaimana Nasib Kapal Pesiar?
Seperti kota mungil dalam transportasi air. Namun pertanyaannya, bagaimana nasib kapal pesiar setelah pensiun tak dipakai?
3 Curug Dekat Jakarta, Keindahannya Bikin Hati Sejuk
Menyukai wisata air, curug alias air terjun bisa jadi alternatif berlibur. Lokasinya juga ada yang tak jauh dari Jakarta.
0
Geopark Ciletuh akan Dipercantik, Ranger Dilibatkan
Sejumlah langkah agar traveler datang akan dilakukan di Geopark Ciletuh. Termasuk keterlibatan ranger.