UNTUK INDONESIA
Gempa Tsunami Yunani, BMKG Jelaskan Dampaknya ke Indonesia
Gempa tektonik mengguncang Yunani dan Turki, Jumat, 30 Oktober 2020. Analisis BMKG menunjukkan gempa ini tidak berdampak ke Indonesia.
Analisis BMKG soal gempa dan tsunami di Yunani. (Foto: Tagar/Dok BMKG)

Jakarta - Gempa tektonik mengguncang Kepulauan Dodecanese, Yunani, Jumat, 30 Oktober 2020 pukul 18.51 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa ini memiliki parameter dengan magnitudo Mw=7,1. Guncangan gempa memicu tsunami lokal dengan ketinggian antara 4 sentimeter hingga 8 sentimeter.

Episenter gempabumi terletak pada koordinat 37.89 LU dan 26,84 BT, berlokasi di laut pada jarak 17 km arah barat laut Samos, Yunani pada kedalaman 10 km.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono melalui pesan Whatsapp menjelaskan sesuai lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa yang terjadi merupakan jenis gempa dangkal akibat adanya deformasi batuan kerak dangkal di area tersebut. 

"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa memiliki mekanisme pergerakan sesar turun (normal fault)," jelasnya.

Data sementara yang dihimpun BMKG, guncangan gempa ini dirasakan di negara Turki, Yunani, Bulgaria dan Makedonia Utara. Gempa ini juga menimbulkan tsunami lokal yang tercatat di stasiun-stasiun tide gauge di Yunani. 

"Diantaranya stasiun Syros ±8 cm, Kos ±7 cm, Plomari ±5 cm dan Kos Marina ±4 cm, sedangkan stasiun tide gauge di Turki tidak ada data," sebut Rahmat.

Rahmat yang lama berdinas di Stasiun Geofisika BMKG Padangpanjang itu meminta masyarakat Indonesia untuk tetap tenang karena tsunami tidak berdampak ke wilayah Indonesia. Dia berharap warga tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Tsunami tidak berdampak ke Indonesia. Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," pungkasnya.[]

Berita terkait
Pria di Agam Babak Belur Usai Gagal Curi Kotak Amal
Warga kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam menangkap pria usai mencuri isi kotak amal di masjid dan sempat dihadiahi bogem mentah.
Miliaran, Ini Daftar Kekayaan Erman Safar Cawako Bukittinggi
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi mengumumkan daftar kekayaan Erman Safar selaku Calon Wali Kota Bukittinggi di Pilkada 2020.
Daftar Kekayaan Calon Bupati Agam, Paling Tajir Rp 47 Miliar
KPK resmi mengumumkan daftar kekayaan para Calon Bupati Agam yang akan bertarung di Pilkada 2020. Harta kandidat terkaya melebihi Rp 47,9 miliar.
0
Gempa Tsunami Yunani, BMKG Jelaskan Dampaknya ke Indonesia
Gempa tektonik mengguncang Yunani dan Turki, Jumat, 30 Oktober 2020. Analisis BMKG menunjukkan gempa ini tidak berdampak ke Indonesia.