Gelar TJSL FEST, PLN Dorong 269 UMK Go Digital

Kementerian BUMN apresiasi program TJSL milik PLN yang mampu memberikan value creation dan multiplier effect bagi UMK maupun masyarakat Indonesia
PLN TJSL Fest 2021 akan berlangsung dari 10 sampai dengan 23 November 2021 secara virtual. (Foto: Tagar/PLN)

Jakarta - Pertumbuhan usaha mikro dan kecil (UMK) diproyeksikan akan menjadi kunci pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 di Indonesia. PT PLN (Persero) sebagai BUMN yang bergerak di bidang ketenagalistrikan mendukung pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM), serta mendorong perputaran ekonomi dengan kegiatan usaha pelaku UMKM melalui PLN TJSL Fest 2021.

PLN TJSL Fest 2021 akan berlangsung dari 10 sampai dengan 23 November 2021 secara virtual. Mengangkat tema “Energi untuk Indonesia, Empower Sesama untuk Wujudkan SDG’s”, ajang ini menjadi etalase program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), sekaligus wadah bagi UMK binaan PLN untuk membuka kesempatan baru dalam mengembangkan usahanya secara digital.

Direktur Utama PLN Zulkifli Zaini menyampaikan, bagi PLN program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) bukan hanya sekedar kewajiban, tetapi bagaimana menghasilkan multiplier effect dan penguatan bagi perekonomian masyarakat. TJSL yang dilakukan PLN juga tak luput dari cita cita SDG's dan berpedoman pada ISO 26000.


UMKM menjadi sentral bagi kinerja PLN, baik dari kepentingan PLN maupun UMKM sehingga TJSL ini bukan hanya sekedar charity saja tetapi juga merupakan roda perekonomian.


Maka dari itu, dalam melaksanakan TJSL, PLN tidak hanya berbentuk charity saja. Hingga hari ini sudah ada 44.057 UMK yang menjadi mitra binaan PLN. Pembinaan TJSL ini dilakukan PLN bahkan sudah membuahkan 44 penghargaan.

"Di sektor usaha mikro kecil (UMK), kami juga telah berinovasi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas UMK melalui program Molisbooth yaitu Gerobak motor listrik untuk membantu UMK Mitra Binaan berjualan serta memasukkan mitra binaan dalam rantai pasok kebutuhan perusahaan," ujar Zulkifli.

Dalam PLN TJSL Fest 2021 ini, kata Zulkifli sebagai bukti bahwa lebih dari 269 mitra binaan PLN mampu memproduksi program dan produk unggulan.

"Kami berharap melalui pelaksanaan Festival TJSL PLN ini, kita mampu mendorong inovasi program-program TJSL yang dapat memberikan value creation bagi perusahaan dan juga meningkatkan perekonomian masyarakat," kata Zulkifli.

Dalam memenuhi nilai SDG's. PLN juga menerapkan TJSL dalam bidang pendidikan. Sepanjang 2021, PLN sudah memberikan beasiswa kepada 258 anak dengan nilai Rp 7 miliar hingga kuartal III tahun ini.

Sedangkan di sektor lingkungan, PLN juga telah melaksanakan berbagai program seperti Penanaman pohon, Konservasi ekosistem darat dan laut serta program Pengolahan sampah menjadi bahan bakar (cofiring) PLTU dan PLTSa hingga Pengolahan Fly Ash Bottom Ash menjadi bahan baku bangunan untuk membantu pembangunan infrastruktur umum di masyarakat.

Deputi Bidang Sumber Daya Manusia (SDM), Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata menjelaskan penerima manfaat TJSL tidak hanya lingkungan dan masyarakat tetapi juga itu perusahaan. Melalui TJSL juga harapannya bisa membawa efisiensi bagi perusahaan dengan memanfaatkan produk ataupun program berkelanjutan dari TJSL.

"Ini juga beriringan dengan program transformasi PLN. UMKM menjadi sentral bagi kinerja PLN, baik dari kepentingan PLN maupun UMKM. Sehingga TJSL ini bukan hanya sekedar charity saja tetapi juga merupakan roda perekonomian," ujar Tedi.

Tedi juga mengatakan tahun depan Kementerian BUMN meminta kepada PLN untuk fokus program TJSL kepada sektor pendidikan, lingkungan dan UMKM. 

"Yang terpenting nantinya UMKM yang saat ini menjadi ujung tombak perekonomian bisa mendapatkan akses pertumbuhan, pembinaan maupun infrastruktur dan akses permodalan melalui PLN," ucap Tedi.

Selain etalase program TJSL PLN, acara yang berlangsung pada 10-23 November 2021 ini akan menghadirkan beragam rangkaian kegiatan. Di antaranya pameran dengan konsep virtual exhibition, talkshow dan webinar, penghargaan pemenang TJSL Award 2021, launching website PLN Peduli, serta penampilan musisi dan komedian sebagai hiburan.

Dijadwalkan, Asisten Deputi Bidang TJSL Kementerian BUMN Agus Suharyono, Founder dan CEO Baba Rafi Group Hendy Setiono serta Influencer dr. Tirta akan hadir sebagai pembicara dalam rangkaian talkshow dan webinar di acara yang berlangsung 14 hari ini. []

Berita terkait
PLN Gelontorkan Rp 82,4 Miliar untuk Tarik Investor ke Sumut
Gardu Induk 150 kV Negeri Dolok akan memperkuat sistem dan keandalan suplai listrik di kawasan Simalungun dan sekitarnya untuk menarik investor.
PLN Raih Penghargaan GridOto Awards 2021
PLN sudah membangun 47 unit SPKLU dan hingga akhir tahun nanti akan ada tambahan sebesar 67 unit SPKLU lagi hingga akhir 2021. Simak ulasannya.
PLN Ungkap Peran Perempuan untuk Capai Net Zero Emission 2060
United States Secretary of Energy Jennifer Granholm mengapresiasi PLN yang kerja sama dalam transformasi energi ke EBT dan pemberdayaan perempuan.
0
Gelar TJSL FEST, PLN Dorong 269 UMK Go Digital
Kementerian BUMN apresiasi program TJSL milik PLN yang mampu memberikan value creation dan multiplier effect bagi UMK maupun masyarakat Indonesia