PLN Gelontorkan Rp 82,4 Miliar untuk Tarik Investor ke Sumut

Gardu Induk 150 kV Negeri Dolok akan memperkuat sistem dan keandalan suplai listrik di kawasan Simalungun dan sekitarnya untuk menarik investor.
Rencana pemerintah untuk menarik investasi ke Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara. (Foto: Tagar/PLN)

Jakarta - Rencana pemerintah untuk menarik investasi ke Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara (Sumut) di respons PT PLN (Persero) dengan menggelontorkan biaya investasi mencapai Rp 82,4 miliar untuk mengoperasikan Gardu Induk (GI) 150 kilo Volt (kV) Negeri Dolok Bay Trafo TD 1 sebesar 30 Mega Volt Ampere (MVA). Hal ini dilakukan agar pasokan listrik di wilayah tersebut semakin andal.

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Sumatera Bagian Utara (UIP Sumbagut) Octavianus Padudung melalui Manager Unit Pelaksana Proyek (UPP) Sumbagut 3 Alfredo Pakpahan menyampaikan, PLN berkomitmen mendukung upaya pemerintah untuk meningkatkan investasi di Simalungun. 

Dengan masuknya investasi, diharapkan pertumbuhan ekonomi di kawasan ini dapat terakselerasi dan mengangkat ekonomi warga Simalungun dan sekitarnya.

"Dengan capaian ini, tentu kita berharap nantinya bakal menarik investor untuk berinvestasi membangun industri menengah dan besar, sehingga peluang kerja bisa semakin terbuka lebar di kawasan yang akan mendapat pasokan listrik dari Gardu Induk ini," kata Alfredo.

Dengan beroperasinya GI 150 kV Negeri Dolok Bay Trafo TD 1 sebesar 30 MVA di Pardomuan Tongah, Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara.


Kita berharap nantinya bakal menarik investor untuk berinvestasi membangun industri menengah dan besar, sehingga peluang kerja bisa semakin terbuka lebar di kawasan yang akan mendapat pasokan listrik dari Gardu Induk ini.


Sistem dan keandalan suplai listrik PLN di kawasan Simalungun dan sekitarnya akan semakin terjamin, sehingga mampu memenuhi kebutuhan pelanggan baru dalam skala besar seperti industri.

Proses energize atau pemberian tegangan GI 150 kV Negeri Dolok yang terhubung dengan GI 150 kV Galang telah dilakukan pada Jumat, 5 November 2021.

Sebelum GI 150 kV Negeri Dolok dibangun dan beroperasi, sudah ada GI 150 kV 1 bay trafo yang beroperasi. Dengan tambahan 1 bay trafo lagi, maka keandalan sistem kelistrikan di Simalungun akan semakin meningkat.

Alfredo pun memandang, keberhasilan ini menjadi satu kebanggaan bagi PLN, sekaligus menjadi kabar baik bagi masyarakat di Sumut karena keandalan pasokan listrik dari PLN semakin terjamin.

"Alhamdulillah, pada hari ini sekitar pukul 14.52, telah dilakukan energize dengan lancar GI 150 kV Negeri Dolok Bay Trafo TD 1 (30 MVA). Dan saat ini tegangan sudah sampai di Busbar 20 kV kubikel Bay Trafo TD 1," ujarnya.

Beroperasinya GI 150 kV Negeri Dolok, membuktikan tekad PLN meningkatkan keandalan sistem elektrifikasi di seluruh penjuru negeri ini tidak pernah surut, meskipun pandemi Covid-19 masih belum usai.

Hal ini merupakan bentuk dedikasi dan pelayanan terbaik PLN, sehingga dapat memberikan manfaat seluruh lapisan masyarakat, terlebih suasana Hari Listrik Nasional ke-76 yang baru saja berlalu masih hangat terasa.

Tentunya, pengerjaan proyek pada kondisi pandemi Covid-19 harus memastikan penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), disertai protokol kesehatan untuk menjamin keamanan dan keselamatan para pekerja. []

Berita terkait
PLN Ungkap Peran Perempuan untuk Capai Net Zero Emission 2060
United States Secretary of Energy Jennifer Granholm mengapresiasi PLN yang kerja sama dalam transformasi energi ke EBT dan pemberdayaan perempuan.
Banjir Bandang di Kota Batu, PLN Berhasil Pulihkan Listrik
Dengan tetap mengutamakan keselamatan warga, PLN bergerak cepat memulihkan pasokan listrik yang terdampak banjir bandang di kota Batu, Malang.
0
5 Jenis Dividen dalam Investasi Saham
Ada juga dividen yang bernama liquidating dividend. Jadi, investor akan mendapatkan dividen dari laba perusahaan