UNTUK INDONESIA
Gejala Laringitis yang Diderita Shawn Mendes
Penyanyi berkebangsaan Kanada Shawn Mendes menderita penyakit laringitis akut, kenali gejalanya.
Penyanyi Shawn Mendes. (Foto: Instagram/@shawnmendes)

Jakarta - Penyanyi berkebangsaan Kanada Shawn Mendes menderita penyakit laringitis akut yang tak kunjung membaik. Dengan alasan itulah dirinya membatalkan konsernya di San Paulo, Brazil. 

Penyakit ini disebut juga dengan peradangan pita suara dan kerap kali menyerang penyanyi. Laringitis terjadi ketika kotak suara meradang karena sering digunakan, iritasi atau infeksi. 

Penyakit ini bisa akut ketika berlangsung lebih dari tiga minggu. Faktor penyebabnya karena ada infeksi virus, lingkungan, dan bakteri. Mengutip dari KlikDokter, dr. Dyah Novita Anggraini menjelaskan laringitis adalah peradangan atau iritasi pada kotak suara (organ laring). 

Laringitis membuat pita suara tidak mampu membuka dan menutup dengan sempurna.

Saat penyakit tersebut terjadi, pita suara akan membengkak sehingga menyebabkan rasa nyeri dan perubahan suara ketika berbicara.

"Laringitis membuat pita suara tidak mampu membuka dan menutup dengan sempurna. Karena itu, suara penderita juga akan terdengar tidak jelas (parau)," kata dr Dyah Novita.

Memang diakui dr Dyah, jika penyakit ini terbagi atas kondisi akut dan kronis. Akut berarti terjadi dalam waktu singkat dan kronis berarti terjadi dalam waktu yang cukup lama.

Gejala yang biasanya ditunjukan dari laringitis adalah suara serak, suara hilang, nyeri saat menelan atau mengunyah, hidung berair, tenggorokan sakit dan gatal, serta demam.

Keluhan seperti ini diakibatkan karena penggunaan vokal secara berlebihan. Tanda-tanda yang ditimbulkan dari penyakit tersebut, mungkin juga dirasakan oleh Shawn Mendes. 

Namun, laringitis juga bisa saja terjadi akibat infeksi kuman, virus dan bakteri. Bahkan juga disebabkan karena paparan bahan kimiawi berbahaya. 

Anda juga harus tetap waspada dengan penyakit yang satu ini, karena laringitis juga bisa disebabkan oleh penyakit autoimun seperti arthritis rheumatoid, wegener granulomatosis dan sarkoidosis, meski jarang ditemukan.

Laringitis akut yang di derita oleh Shawn Mendes dapat diatasi dengan banyak minum air putih dan obat antibiotik, serta obat lain untuk meringankan gejala batuk-batuk. 

Radang pada laring umumnya dapat ditangani dengan beberapa cara sebagai berikut. 

  • Hindari berbicara atau menyanyi dengan menggunakan nada tinggi yang tidak  perlu
  • Cukupi kebutuhan air minum
  • Hindari penggunaan obat dekongestan
  • Batasi konsumsi kafein dan alkohol
  • Hindari merokok
  • Hindari zat iritan seperti debu, asap dan zat kimia lainnya
  • Hindari penggunaan obat kumur sementara waktu
  • Ubah pola makan, jika sering mengalami refluks asam lambung dengan menghindari makanan asam, pedas atau terlalu berlemak
  • Perkuat daya tahan tubuh jika rentan mengalami infeksi saluran napas seperti influenza dengan melakukan vaksinasi dan menjaga kebersihan personal. []

Baca juga:

Berita terkait
Gangguan Kesehatan Tak Hanya Dialami Pilot Batik Air
Pengamat penerbangan Alvin Lie menilai pendaratan pesawat Batik Air di Kupang oleh Kopilot tidak dapat dikatakan sebagai kesalahan.
Hewan Jijik Obat Mujarab Sembuhkan Penyakit
Hewan yang terkenal menjijikkan, ternyata menjadi obat mujarab untuk menyembuhkan penyakit, apa sajakah itu?
Autoimun Menyerang, Ashanty Pucat di Rumah Sakit
Penyanyi Ashanty dilarikan ke rumah sakit lantaran kondisi kesehatannya menurun akibat penyakit autoimun yang dideritanya.
0
Di Depan DPR, Bupati Keluhkan Pembangunan Jalan Tol
Pembangunan jalan tol tanpa ada fasilitas exit tol tidak akan membawa dampak signifikan kepada daerah.
Dua Sisi Pecandu Game Online
Tasnim Lowe: Ibuku Dibunuh Ayahku