UNTUK INDONESIA
Ketegangan India - China Berimbas ke PUBG Mobile
Tencent akan terlibat langsung dengan otoritas India untuk memastikan ketersediaan aplikasinya di India, usai perselisihan dengan China.
Bermain game PUBG di Samsung Galaxy S20 Plus lancar jaya. (Foto: Tagar/Dicky Kurniawan)

Jakarta - Tencent Holding selaku developer dari game PUBG Mobile tengah mengusahakan aplikasi milinya masih bisa beroperasi di India, menyusul adanya pelarangan dari Pemerintah India. Beberapa hari lalu, negeri Bollywood melarang 118 aplikasi dari China, termasuk di dalamnya game battle royale PUBG Mobile.

Melansir Reuters, Sabtu, 5 September 2020, Tencent akan terlibat langsung dengan otoritas India untuk memastikan ketersediaan aplikasinya di India. Perusahaan menganggap serius perlindungan privasi dan data penggunanya, serta akan menjaga semua data pribadi penggunanya di India.

Baca juga: Map Erangel PUBG Mobile Bakal Dirombak

Pemerintah India melarang aplikasi dari China karena dianggap mengancam keamanan dan privasi penggunanya. Namun, belakangan diketahui alasan sebenarnya bersifat politis, yakni adanya perselisihan diplomatik akibat sengketa perbatasan di wilayah Ladakh atau Aksai Chin.

Baca juga: India Larang 118 Aplikasi Seluler dari China

Game PUBG merupakan salah satu game battle royale terpopuler di seluruh dunia. Di India sendiri, PUBG Mobile menjadi sangat populer di kalangan anak muda dan India menduduki peringkat pertama dengan jumlah unduhan tertinggi secara global.

Jadi, masuk akal bagi Tencent untuk mengambil beberapa tindakan untuk memastikan mereka tidak kehilangan akses ke salah satu pasar terpentingnya. Larangan aplikasi tampaknya hanya mencakup unduhan baru dan tampaknya berfungsi dengan baik jika sudah diinstal pada smartphone. []

Berita terkait
India Blokir Aplikasi Asal China Langgar Aturan WTO
Pemerintah China menyatakan langkah India yang memblokir 59 aplikasi seluler asal China melanggar aturan WTO.
Map Baru Library Resmi Hadir di Game PUBG Mobile
Map library ini akan memiliki gameplay yang mirip dengan game Point Blank yang bernama Team Gun Game.
Dilarang Main PUBG Mobile, Bocah Ini Gantung Diri
Seorang bocah berusia 13 tahun asal desa Qasbayar, India, nekat mengakhiri hidupnya dengan gantung diri akibat dilarang bermain PUBG Mobile.
0
Liga 1 Tak Kunjung Digulirkan, Persiraja Bubarkan Tim
Manajemen Persiraja Banda Aceh membubarkan tim karena tidak ada kepastian Liga 1. Persiraja juga katakan tidak ikut liga bia digelar Desember.