Galamai, Aplikasi Layanan Informasi BBPOM Padang

BBPOM Padang meluncurkan aplikasi Galamai untuk mempercepat interaksi dengan masyarakat.
Kepala BBPOM Padang, Firdaus Umar. (Foto: Tagar/Muhammad Aidil)

Padang - Balai Besar Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BBPOM) Padang, Sumatera Barat meluncurkan aplikasi Galeri Layanan Masyarakat dan Informasi (Galamai). Penamaan layanan itu mengadaptasi nama makanan khas dari Kota Payakumbuh.

Ini cara kami mendekatkan diri kepada masyarakat.

Kepala BBPOM Padang, Firdaus Umar mengatakan, aplikasi tersebut merupakan wujud komitmen BBPOM untuk menerapkan asas Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

"Aplikasi ini akan mempermudah masyarakat untuk melaporkan, mencari tahu, dan bertanya terkait BBPOM," katanya kepada wartawan, Senin, 16 November 2020.

Menurut Firdaus, tahun 2019, pihaknya telah mendapatkan predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Dia menargetkan tahun 2021, BBPOM Padang meraih titel WBM. Salah satunya caranya dengan memaksimalkan Galamai.

"Ini cara kami mendekatkan diri kepada masyarakat. Melalui layanan ini, banyak hal yang bisa diperbaiki, baik itu pengujian sampel, ekspor maupun impor," katanya.

Menurutnya, hampir sebagian masyarakat Indonesia menggunakan produk yang langsung berada di bawah pengawasan BBPOM. Misalnya saja obat-obatan, kosmetik, dan produk tangan olahan.

Aplikasi Galamai ini juga diharapkan dapat memproses semua laporan terkait uji sampel dan memudahkan kerja aparat kepolisian untuk mengirim dan memantau sampel obat-obatan yang dikirim.

"Ini sebagai bentuk perkenalan saja dan juga mengurangi tatap muka antara petugas dengan konsumen di masa pandemi Covid-19," tuturnya. []



Berita terkait
BBPOM Makassar Awasi Makanan Pasar Jelang Natal
BBPOM intensifkan pengawasan makanan di pasar jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020.
Gudang Kosmetik Mengandung Mercury, Digrebek BBPOM Sumut
Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Sumatera Utara, menggerebek sebuah rumah toko yang dijadikan sebagai penyimpanan kosmetik ilegal.
BBPOM Sidak Penganan Berbuka Puasa di Banda Aceh
Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan Aceh melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah pusat penjualan penganan berbuka puasa
0
Mengenal Efek Samping Kebanyakan Minuman Berenergi
Mengenal efek samping minuman berenergi yang di dalamnya terdapat kafein dan lebih banyak gula serta bahan lainnya jika dikonsumsi terlalu banyak.