Jakarta, (Tagar 18/12/2019) - Kloning hewan adalah proses dimana seluruh organisme direproduksi dari sel organisme induk. Sehingga menghasilkan keturunan yang secara genetik identik, berarti juga memiliki DNA yang sama. 

Perusahaan biotek Sinogene di Tiongkok menyediakan layanan kloning hewan peliharaan. Para pemilik hewan, harus mengeluarkan dana sebesar 380.000 yuan atau sekitar Rp 800.000 untuk mengkloning hewan peliharaannya. 

Mereka melakukan percobaan pertama dengan melakukan penanaman sel telur anjing Juice yang telah dibuahi ke dalam rahim anjing Beagle sebagai induk pengganti. []

Kloing HewanStaf menyiapkan anjing Beagle untuk operasi untuk menjadikannya ibu pengganti klon dari anjing Juice di Sinogene di Beijing. (Foto : Reuters/Thomas Peter)

kloning hewanDokter mengontrol perkembangan janin anjing Juice yang berada pada rahim induk anjing Beagle. (Foto : Reuters/Thomas Peter)

Kloning HewanSebuah layar menampilkan pembuahan sel telur sebelum dimasukkan ke dalam rahim induk pengganti. (Foto : Reuters/Thomas Peter)

Kloning HewanSeorang teknisi laboratorium menunjukkan perangkat lunak pengeditan gen di laboratorium perusahaan biotek Sinogene di Beijing. (Foto : Reuters /Thomas Peter)

Kloning hewanSeekor anjing Beagle, yang merupakan induk pengganti dari anjing kloning Juice duduk di dalam kandang di perusahaan biotek Sinogene di Beijing. (Foto : Reuters/Thomas Peter)

Kloning hewanDokter hewan menunjukkan anjing Juice berusian 24 hari yang merupakan hasil kloning usai dilahirkan dari rahim anjing Beagle di laboratorium perusahaan biotek Sinogene di Beijing. (Foto : Reuters/Thomas Peter)

Kloning HewanEO Sinogene Mi Jidong, bersama para stafnya menyerahkan seekor anjing kloning berusia satu bulan, tiruan dari Juice kepada pemiliknya He Jun di laboratorium perusahaan biotek Sinogene di Beijing. (Foto : Reuters/Thomas Peter)