UNTUK INDONESIA
Firli Bahuri Cs Fokus pada Upaya Pencegahan Korupsi
Ketua KPK Irjen Polisi Firli Bahuri mengatakan akan tetap mengedepankan upaya pencegahan dan penindakan dalam pemberantasan korupsi.
Ketua KPK Firli Bahuri memberikan keterangan kepada wartawan usai acara syukuran ulang tahun ke-16 KPK di Gedung Merah Putih, Jakarta, Senin, 30 Desember 2019. (Foto: Antara/Aditya Pradana Putra)

Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Irjen Polisi Firli Bahuri mengatakan akan tetap mengedepankan upaya pencegahan dan penindakan dalam pemberantasan korupsi.

"Sesuai dengan Perpres Nomor 54/2018 tentang strategi nasional pencegahan korupsi. Kami sepakat, kami memiliki tekad bahwa pemberantasam korupsi dilakukan dengan cara-cara pencegahan dan penindakan," kata Irjen Firli seusai bertemu dengan pimpinan MPR di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa 14 Januari 2020.

Irjen Firli mengaku akan bekerja keras dalam melakukan upaya memberantas korupsi sesuai yangvtelah diamanahkan oleh undang-undang. Selain itu menyampaikan jika MPR mampu menjadi contoh lembaga yang bersih dnegan mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) sebanyak 12 kali.

"Ini tentu kami harus belajar bagaimana MPR bisa membangun akuntabilitas, transparansi, dan pertanggungjawaban keuangan," ucap jenderal polisi aktif bintang tiga itu.

Lebih lanjut, Firli menegaskan semangat pencegahan korupsi dapat dilakukan dalam berbagai strategi. Baik itu melakukan koordinasi, supervisi, monitoring, penyelidikan, penyidikan, penuntutan dan pemeriksaan di peradilan dengan tetap melibatkan masyarakat.

"Ini semangat yang kami tumbuhkembangkan, dan kita tidak akan pernah berhenti untuk selalu bekerja, mengabdikan diri untuk ibu pertiwi memberantas korupsi," ujar dia.

Turut hadir dalam pertemuan itu adalah Ketua MPR RI Bambang Soesatyo dan para Wakil Ketua MPR antara lain Ahmad Basarah (F-PDI Perjuangan), Ahmad Muzani (F-Gerindra), Jazilul Fawaid (F-PKB), Syarief Hasan (F-Demokrat), Arsul Sani (F-PPP), dan Fadel Muhammad (Kelompok DPD).

Sedangkan para komisioner KPK yang hadir antara lain Firli Bahuri (Ketua KPK), Alexander Marwata (Wakil Ketua KPK), Nawawi Pomolango (Wakil Ketua KPK), Lili Pantuli Siregar (Wakil Ketua KPK), dan Nurul Ghufron (Wakil Ketua KPK). Hadir pula Cahya Hardianto Harefa (Sekjen KPK) dan Ipi Maryati Kuding (Juru Bicara KPK Bidang Pencegahan). []

Berita terkait
OTT Komisioner KPU, Ngabalin Puji Kerja Firli Bahuri
Tenaga Ahli Utama KSP Ali Mochtar Ngabalin mengatakan OTT KPK terhadap komisioner KPU ajang pembuktian Jokowi dan Firli Bahuri.
Firli Bahuri Tak Senang Kepala Daerah Terjaring OTT
Bagi Ketua KPK Firli Bahuri proses pencegahan tindak pidana korupsi lebih penting dibandingkan proses penindakan.
Bupati Sidoarjo Kena OTT KPK, ICW: Kontribusi Firli?
Peneliti ICW mempertanyakan operasi tangkap tangan (OTT) KPK terhadap Bupati Sidoarjo Saiful Ilah belum tentu kontribusi KPK era Firli Bahuri.
0
Pemerintah Uji Jahe Merah untuk Cegah Terinfeksi Corona
[emerintah sedang melakukan uji klinis terhadap jahe merah sebagai upaya mencegah seseorang terinfeksi virus corona atau Covid-19.