UNTUK INDONESIA
Festival Kupu-kupu Virtual, Dinikmati Sembari Santai di Rumah
Menikmati liburan saat pandemi bisa dengan mengunjungi Festival Kupu-kupu di India. Tak perlu keluar ongkos karena digelar virtual.
Ilustrasi kupu-kupu. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Menikmati liburan saat pandemi bisa dengan mengunjungi Festival Kupu-kupu di India. Tak perlu merogoh kocek untuk bepergian, karena festival ini virtual sehingga bisa dinikmati sembari bersantai di rumah.

Festival kupu-kupu edisi keempat ini diadakan di Taman Doreswamypalya. Terletak di Kota Karnataka dan bagian dari Kementrian Kehutanan setempat.

Mereka yang menginisiasi festival ini di antaranya berasal dari Pusat Nasional untuk Ilmu Biologi (NCBS), Dewan Ekowisata Karnataka, Klub Kupu-kupu Bengaluru (KKKB), dan Yayasan Kupu-kupu India.

Kupu-kupuIlustrasi kupu-kupu.  (Foto: Tagar/Aan Febriansyah)

Ashoksen Gupta, pendiri KKKB, mengatakan sejumlah spesies kupu-kupu yang ditampilkan di festival ini ada yang tidak umum, karena tidak akan pernah ditemukan di kota lain. 

"Spesies yang sangat langka ini telah berkembang biak di pinggir jalan di Jalahalli, Makalidurga dan GKVK," kata Gupta, dikutip dari laman Indiatimes.com.

Gupta menuturkan, sejumlah kupu-kupu langka yang dipamerkan berkembang biak di India akibat pandemi, yang memaksa orang tidak bepergian sehingga tingkat polusi menurun dan kesehatan lingkungan menjadi membaik.

Nantinya sekitar empat atau lima anggota KKKB akan mengelilingi Taman Doreswamypalya saat festival sudah dibuka. Mereka perlahan-lahan memperlihatkan deretan kupu-kupu hidup dengan cara live streaming melalui media sosial resmi festival ini.

Wisata Buntul RintisPengunjung berfoto di miniatur kupu-kupu objek wisata Buntul Rintis yang berada di Desa Tensaren, Kecamatan Bebesen, Kabupaten Aceh Tengah, Aceh. (Foto: Tagar/Fahzian Aldevan)

Tak hanya itu, anggota KKKB yang melakukan streaming untuk mereka yang datang ke festival ini akan memperlihatkan, sejumlah foto display layaknya pameran, pemberitahuan dari ahli tentang beragam spesies kupu-kupu, dan kuis untuk menghibur Anda yang melihat festival kupu-kupu ini.

Festival kupu-kupu ini berlangsung selama empat hari dari 7 November 2020. Selama empat hari anggota KKKB akan mengambil rute berbeda-beda mengitari Taman Doreswamypalya ketika live streaming. 

Adapun kupu-kupu yang akan ditampilkan di festival ini di antaranya jenis Little Tiger Pierrot, Alida Angle, Red Admiral dan Orange Awlet.

Berita terkait
Jangan Kaget, Taman Terluas di Indonesia Ada di Bekasi
Taman terluas di Indonesia terdapat di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.
Terancam Punah, Taman Khusus Landak Dibangun di Inggris
Banyak alternatif hiburan di Inggris selain Big Ben dan Stonehenge. Kini muncul taman khusus untuk hewan landak yang terancam punah.
Risiko Pandemi Baru, Denmark Musnahkan 15 Juta Hewan Carpelai
Wujudnya yang imut ternyata hewan carpelai menularkan virus corona ke manusia. Pemerintah Denmark akhirnya memusnahkan 15 juta ekor.
0
Festival Kupu-kupu Virtual, Dinikmati Sembari Santai di Rumah
Menikmati liburan saat pandemi bisa dengan mengunjungi Festival Kupu-kupu di India. Tak perlu keluar ongkos karena digelar virtual.