FDA Minta Stop Penggunaan Obat Ternak Ivermectin Untuk Covid-19

Hentikan penggunaan Ivermectin, obat anti-parasit untuk ternak, yang telah digunakan oleh sebagian orang sebagai pengobatan Covid-19
Tweet FDA Amerika (Foto: voaindonesia.com)

Jakarta – “Kalian bukan kuda. Kalian bukan sapi. Ini serius untuk kalian semua. Hentikan!”

Itu adalah peringatan singkat yang diposting oleh Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan (FDA - Food and Drug Administration) Amerika Serikat (AS), di akun Twitter-nya pada hari Sabtu, 21 Agustus 2021, tentang Ivermectin, obat anti-parasit untuk ternak yang telah digunakan oleh sebagian orang sebagai pengobatan Covid-19.

“FDA telah menerima banyak laporan tentang pasien yang membutuhkan bantuan medis dan dirawat di rumah sakit setelah mengobati diri sendiri dengan ivermectin yang dimaksudkan untuk kuda,” kata badan itu di situsnya.

Peringatan FDA itu diterlitkan sehari setelah Departemen Kesehatan Mississippi mengatakan di situs webnya bahwa “telah menerima semakin banyak panggilan telepon dari individu-individu dengan potensi terkena paparan ivermectin yang digunakan untuk mengobati atau mencegah infeksi Covid-19."

obat ternak IvermectinIlustrasi: FDA memerintahkan agar penggunaan obat ternak Ivermectin sebagai obat Covid-19 dihentikan (Foto: voaindonesia.com/Reuters)

“Setidaknya 70% dari panggilan telepon baru-baru ini terkait dengan konsumsi Ivermectin, formula untuk ternak atau hewan, yang dibeli di toko-toko pasokan untuk ternak,” kata departemen kesehatan itu.

Dilaporkan, “sekitar “85% penelepon mengalami gejala ringan, tetapi satu orang diinstruksikan untuk menjalani pemeriksaan lebih lanjut karena jumlah ivermectin yang ditelannya.”

“Ada banyak informasi yang salah mengenai hal ini, dan Anda mungkin pernah mendengar bahwa tidak ada maalah meminum dosis besar ivermectin,” kata FDA di situsnya. “Itu salah.”

Pada hari Senin, FDA dilaporkan akan memberikan persetujuan penuh untuk vaksin Covid-19 buatan Pfizer (lt/jm)/voaindonesia.com. []

Berita terkait
BUMN INAF Siap Produksi 16 Juta Butir Ivermectin
PT Indofarma Tbk (INAF) akan memproduksi sebanyak delapan juta butir atau sekitar 400 ribu botol Ivermectin pada Juli 2021.
Pengacara Moeldoko Buka Suara Soal Polemik Ivermectin
Pengacara Kepala Staf Presiden Moeldoko, Otto Hasibuan mengatakan tuduhan ICW terhadap Moeldoko tak diterima dan dianggap pencemaran nama baik.
PMJ Tangkap Penjual Ivermectin Rp 475 Ribu di Pasar Pramuka
Pejual tersebut tertangkap basah menjual obat jenis ivermectin seharga Rp 475 ribu per kotak.
0
FDA Minta Stop Penggunaan Obat Ternak Ivermectin Untuk Covid-19
Hentikan penggunaan Ivermectin, obat anti-parasit untuk ternak, yang telah digunakan oleh sebagian orang sebagai pengobatan Covid-19