UNTUK INDONESIA
FBI Khawatirkan FaceApp Jadi Mata-mata Rusia
FBI menilai aplikasi FaceApp dijadikan sebagai mata-mata Rusia merupakan ancaman potensial kontra intelijen bagi negara Paman Sam tersebut.
FaceApp. (Foto: Antara)

Jakarta - Biro investigasi federal Amerika Serikat, FBI menilai aplikasi FaceApp dijadikan sebagai mata-mata Rusia merupakan ancaman potensial kontra intelijen bagi negara Paman Sam tersebut.

Sebab, Rusia memiliki kemampuan eksploitasi siber yang kuat. Bahkan, secara undang-undang lokal mereka bisa mengakses semua komunikasi dan server jaringan Rusia dari jarak jauh tanpa harus meminta kepada penyedia layanan internet.

Oleh karena itu, Komite Nasional Demokrat melarang kandidat presiden 2020 menggunakan aplikasi penyunting wajah itu. Bahkan, Senator Demokrat, Chuck Schumer meminta FBI dan Komisi Dagang Federal Trade Commision untuk meninjau keamanan aplikasi tersebut.

Perlu diketahui, aplikasi ini sempat viral pada 2017 setelah pesohor dunia ikut mencoba dan mengunggah wajah tua dan muda mereka ke media sosial.

Tren aplikasi wajah tua kembali viral dengan FaceApp Challenge, di mana para selebritis dan semua orang mencoba aplikasi besutan Rusia tersebut.

Bunga Citra LestariBunga Citra Lestari menggunakan aplikasi FaceApp. (Foto: Instagram/bclsinclair)

Tak heran jika banyak tudingan seperti menjual data pengguna ke Rusia menjadi mata-mata Rusia. Namun, hal itu dibantah oleh pihak FaceApp.

"Kami tegaskan tidak menjual atau membagikan data pengguna dengan pihak ketiga mana pun," kata pendiri FaceApp, Yaroslav Goncahrov, dikutip dari Forbes, Selasa, 3 Desember 2019.

Goncaharov mengatakan bahwa pihaknya hanya mengunggah foto yang dipilih oleh pengguna untuk diedit. 

"Kami tidak pernah mentransfer gambar lain dari telepon ke cloud dengan alasan untuk memastikan bahwa pengguna tidak mengunggah foto berulang kali untuk setiap operasi pengeditan. Sebagian besar gambar dihapus dari server FaceApp dalam 48 jam dari tanggal pengunggahan," ujarnya. []

Berita terkait
ESDM Rilis Aplikasi Perbaikan Tata Kelola Minerba
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral meluncurkan aplikasi online sebagai upaya untuk perbaikan tata kelola minerba.
Aplikasi Qabul Hadir di Android Melayani Kaum Muslim
Telah hadir aplikasi marketplace Qabul yang khusus menyediakan berbagai kebutuhan umat muslim.
Aplikasi Riset Pasar Viewpoints Dirilis Facebook
Viewpoints akan memberikan insentif kepada pengguna yang mau berpartisipasi dalam riset di platform tersebut.
0
Belasan Begal Sadis di Makassar Ditangkap
Komplotan begal sadis di kota Makassar berhasil ditangkap unit Resmob Polsek Panakukang. Sembilan dari 11 pelaku masih di bawah umur.