UNTUK INDONESIA
Fadli Zon Hapus Video Sembelih Hewan dengan Bengis
Anggota Komisi I DPR Fadli Zon dari Partai Gerindra Fadli Zon dianggap bengis saat memotong hewan kurban. Lantas, belakangan ia menghapus videonya.
Politisi Gerindra Fadli Zon menghapus video yang dianggap bengis saat memotong hewan kurban. (foto: Twitter/Fadli Zon).

Jakarta - Anggota Komisi I DPR dari Partai Gerindra Fadli Zon diketahui sempat unjuk gigi memamerkan aksinya, yang ia akui baru pertama kali menyembelih hewan kurban pada momen Hari Raya Idul Adha. 

Namun, sapi yang Fadli Zon sembelih malahan terlihat sekarat, nampak sangat tersiksa, meregang nyawa julurkan lidah, hingga video itu disetop perekamannya. 

Tutorial cara menyembelih hewan dengan bengis.

Berdasarkan pantauan Tagar pada Minggu siang, 2 Agustus 2020, video yang telah mendapat 1.171 retweets dan 2.002 likes itu telah dihapus dari akun Twitter @fadlizon. 

Baca juga: Fadli Zon Sebut RUU HIP Cermin Logika Awut-Awutan

Fadli Zon diketahui mengunggah video menyembelih sapi pada Jumat, 31 Juli 2020, pukul 16.04, dengan menuliskan keterangan, "pengalaman pertama menyembelih hewan kurban. Darahnya muncrat kemana-mana." 

Fadli Zon TweetPolitisi Gerindra Fadli Zon menghapus video yang dianggap bengis saat memotong hewan kurban. (foto: Twitter/Fadli Zon).

Sontak video berdurasi 1 menit 12 detik itu disoroti warganet. Salah satunya ialah @rahung. Dia menilai politisi berdarah Sumatera Barat itu malahan sedang mencontohkan orang cara penyembelihan hewan secara bengis.

"Tutorial cara menyembelih hewan dengan bengis," tulis akun Twitter @rahung, Sabtu, 1 Agustus 2020, pukul 10.32.

Setelah itu warganet kian membanjiri kolom komentar. Ada yang mempertanyakan kehalalan daging sapi tersebut, lantaran Fadli Zon menurutnya telah menyiksa binatang dengan teknik menggergaji.

Kemudian, ada pula yang menilai cara Fadli menyembelih sudah salah, tidak sesuai dengan syariat Islam, karena dua kali mengangkat pisau atau golok.

"Kalo dimakan secara praktikal ya bisa saja. Tapi kalau secara kehalalannya dipertanyakan, karena bisa dibilang penyiksaan terhadap binatang juga," cuit @umay28_

"Ga boleh ditebas, tapi sekali sayat dan goloknya harus tajam betul dan masih menempel di leher si sapi. Si fadli mungkin pengen pencitraan," kata @idaswatistpl1.

Baca juga: Fadli Zon Rindu 'Taring' Kritis Iwan Fals

Fadli ZonPro kontra warganet menanggapi politisi Gerindra Fadli Zon yang dinilai bengis saat memotong hewan kurban. (foto: Twitter/Fadli Zon).

"Meskipun saya kurang suka dengan orang ini, tapi kan diawal dijelaskan kalau itu pengalaman pertama. Yaudahlah semoga ke depannya lebih baik," timpal @666rikii.

"Astaghfirullah.. Kenapa tidak dikerjakan sama ahlinya saja?? Alat juga tidak tajam, caranya juga ga tepat. Kasian banget sapinya," tulis @sundaryie.

Belakangan Fadli menerangkan, pisau yang dipergunakannya untuk menyembelih hewan memang kurang tajam. "Harusnya saya bawa pedang atau samurai," tulisnya setengah berkelakar.

Namun, hingga berita ini diturunkan, belum diketahui alasan Fadli Zon menghapus postingan yang telah dinilai sebagai tutorial menyembelih hewan dengan bengis di daerah pemilihannya di Cibinong, Bogor, Jawa Barat. []

Berita terkait
Fadli Zon Cemas Indonesia Tidak Aman Covid-19
Fadli Zon mengeluh ke Jokowi soal posisi Indonesia berada di peringkat 97 dari 100 negara paling aman dari ancaman Covid-19.
Tuding Kudeta, Fadli Zon Suruh Boni Hargens Cuci Muka
Anggota Komisi I DPR RI Fadli Zon menanggapi tudingan Direktur Eksekutif Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) Boni Hargens dan menyuruhnya cuci muka.
Fadli Zon Sindir Iwan Fals, Fans: Jangan Paksakan
Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menyindir lagu Iwan Fals yang hilang ciri khasnya, yang suka mengkritik. Ini kata Fansnya.
0
Warga Sumut Terlibat Jaringan Narkoba Agam Diringkus
Seorang pria warga Sumut diduga terlibat jaringan narkoba di Kabupaten Agam, Sumatera Barat, kembali diringkus polisi.