UNTUK INDONESIA
Fadli Zon: BJ Habibie Figur Luar Biasa Dunia Dirgantara
Wakil Ketua DPR turut berduka dengan wafatnya Presiden ketiga Bacharuddin Jusuf (BJ) di RSPAD Gatot Subroto pada 11 September 2019.
Menteri Negara Riset dan Teknologi BJ Habibie mengatakan kepada tamunya Menteri Perdagangan dan Industri Finlandia Esko Ollila, pesawat Helikopter dan pesawat CN235 hasil produksi pabrik Industri Pesawat Terbang Nurtanio yang dikerjakan putra-putri Indonesia. (Foto: Antara/P02)

Jakarta - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Fadli Zon turut berduka dengan wafatnya Presiden ketiga Republik Indonesia (RI) Bacharuddin Jusuf (BJ) di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, pada Rabu, 11 September 2019.

"Kita kehilangan salah seorang putra terbaik bangsa," ucap Fadli melalui pesan Whatsapp, di Jakarta, Rabu, 11 September 2019.

Menurutnya, Habibie merupakan tokoh bangsa yang memimpin Indonesia di masa transisi yang inspiratif. Selain itu, sosok Mantan Menteri Negara Riset dan Teknologi Indonesia ke-4 punya jasa besar di dunia dirgantara.

"Ia sendiri figur luar biasa dalam dunia dirgantara," tutur Wakil Ketua Umum Partai Gerindra tersebut.

Figur luar biasa dalam dunia dirgantara.

Presiden ketiga Bacharuddin Jusuf (BJ) meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta, pada Rabu, 11 September 2019. Menurut keterangan putra bungsunya Thareq Kemal, Habibie meninggal tepat pada 18.00.

"18.05, jantungnya dengan sendiri menyerah," ucap Thareq di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta, Rabu, 11 September 2019.

Baca juga: Penjelasan Thareq Habibie Soal Meninggalnya BJ Habibie

Thareq membeberkan kenapa Habibie meninggal dunia. Selain faktor usia, Habibie yang menjalani perawatan intensif di Cardiac Intensive Care Unit (CIC), Paviliun Kartika sejak 1 September 2019 mengalami gagal jantung.

"Karena sudah menua dan memakan usia. Kemarin saya katakan bahwa gagal jantung yang mengakibatkan penurunan itu, kalau memang organ-organ itu degenerasi melemah, menjadi tidak kuat lagi," kata dia.

Ia tidak menyalahkan Tim Dokter Kepresidenan (TDK) atas meninggalnya Habibie. Karena, menurut dia TDK sudah membuat tempat terbaik.

"Tidak ada yang bisa dibuat apa-apa lagi mohon doanya, terima kasih, mohon pengertian bahwa kami dalam keadaan berduka. Terima kasih, terima kasih banyak," ujarnya. []

Berita terkait
Jokowi Kenang BJ Habibie Sumber Solusi Persoalan Negara
Kenangan Presiden Jokowi kerap mendapatkan input terkait persoalan negara dari Presiden ke-3 Indonesia BJ Habibie.
BJ Habibie Dimakamkan di Kaveling 114 di Samping Ainun
Presiden ketiga Republik Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie meninggal dalam usia 83 tahun.
Ketua MA Teringat Cerita BJ Habibie
Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali teringat cerita Presiden RI ke-3 Baharuddin Jusuf Habibie mengenai situasi Parepare, Sulawesi Selatan.
0
Polres Tegal Tembak Komplotan Pembobolan Rumah TNI
Polres Tegal menangkap empat orang komplotan pembobolan rumah anggota TNI pada 14 Januari 2020 di Perumahan grand Husada Regency, Tegal.