UNTUK INDONESIA
Erick Thohir dan Sri Mulyani Sedih, Ada Apa?
Menteri BUMN Erick Thohir mengaku sedih atas temuan DJBC terkait 15 boks yang berisi onderdil Harley Davidson yang diduga milik Dirut Garuda.
Menteri Keuangan Sri Mulyani (kiri) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (kanan) menggelar konferensi pers terkait penyelundupan motor Harlery Davidson dan sepeda Brompton menggunakan pesawat baru milik Garuda Indonesia di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis, 5 Desember 2019. (Foto: Antara/Hafidz Mubarak A)

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku sedih atas temuan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) terkait 15 boks yang berisi onderdil Harley Davidson tipe Shovelhead 1970 di dalam pesawat Airbus A330-900 milik maskapai PT Garuda Indonesia Tbk (Persero).

Apalagi, Direktur Utama (Dirut) PT Garuda Indonesia Tbk (Persero)  I Gusti Ngurah Askhara atau Ari Askhara (AA)  yang diduga merupakan pemilik Harley, dibantu petinggi Garuda untuk melancarkan aksinya.

"Ini sungguh menyedihkan ini proses secara menyeluruh di dalam sebuah BUMN, bukan individu, menyeluruh. Ini yang tentu Ibu (Menkeu) sangat sedih dan saya sangat sedih," ucap Erick di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis, 5 Desember 2019.

I Gusti Ngurah Askhara DanadiputraEks Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra. (Foto: garuda-indonesia.com)

Padahal, setelah mengemban tugas di Kementrian BUMN, Erick tengah membenahi sistem di BUMN.

"Ketika kita ingin mengangkat citra BUMN, membangun kinerja BUMN, tetapai kalau oknum-oknum di dalamnya tidak siap, ini lah yang terjadi," ucapnya.

Maka dari itu, ia memutuskan untuk memecat Ari Askhara sebagai Dirut PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) dan mencari oknum-oknum yang akan tersangkut di dalam kasus tersebut.

"Saya yakin Ibu Menkeu dan Dirjen Bea Cukai akan memproses secara tuntas. Apalagi ini menyangkut kerugian negara, yang tidak hanya akan diproses secara perdata tetapi juga secara pidana," ujar Erick. 

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) menemukan 15 boks yang berisi onderdil Harley Davidson tipe Shovelhead 1970 dan tiga boks sepeda Brompton di dalam pesawat Airbus A330-900 milik maskapai PT Garuda Indonesia Tbk (Persero).

Pesawat itu terbang dari Toulouse, Prancis, Sabtu,16 November 2019 dan mendarat Minggu, 17 November 2019 di hanggar nomor 4 milik Garuda Maintenance Facility (GMF) Aero Asia, Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang. []

Berita terkait
Pecat Dirut Garuda, Erick Thohir Tak Butuh Keminter
Menteri BUMN Erick Thohir sebelum memecat Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara, mengatakan dirinya tidak butuh orang keminter. Apa artinya?
Erick Thohir Pecat Direktur Utama Garuda Indonesia
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memecat Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) atas temuan onderdil Harley Davidson.
0
DPR Minta BUMN Asuransi Hati-Hati Jaga Duit Nasabah
Komisi VI DPR meminta jajaran petinggi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) sektor asuransi mengelola dana masyarakat dengan hati-hati.