UNTUK INDONESIA
Pecat Dirut Garuda, Erick Thohir Tak Butuh Keminter
Menteri BUMN Erick Thohir sebelum memecat Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara, mengatakan dirinya tidak butuh orang keminter. Apa artinya?
Erick Thohir (kedua dari kanan) bersama Sri Mulyani (kedua dari kiri) melihat barang bukti motor Harley Davidson, Kamis, 5 Desember 2019. (Foto: Antara/Hafidz Mubarak A)

Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir sebelum memecat Direktur Utama Garuda Indonesia I Gusti Ngurah Askhara Danadiputra atau Ari Askhara, mengatakan dirinya tidak butuh orang keminter.

Erick menyebutkan tiga hal harus dimiliki Direksi BUMN, yaitu akhlak baik, loyalitas, dan solid bekerja sama.

"Akhlak karena ini kan amanah, ketika dikasih kesempatan memimpin mesti akhlaknya dulu baik. Kedua punya loyalitas, kalau mereka tidak loyal ya tidak usah di BUMN jadi swasta saja. Dan tidak keminter. Saya tidak perlu orang pinter yang penting bisa solid bekerja sama, gotong-royong supaya semua pinter," tutur Erick Thohir di Jakarta, Rabu 4 Desember 2019 seperti diberitakan Antara.

Sehari kemudian Erick Thohir memecat Ari Askhara terkait kasus sepeda Brompton dan motor Harley yang ditemukan di dalam pesawat baru Garuda Airbus A330-900 oleh Bea Cukai.

"Dengan itu saya sebagai Kementerian BUMN tentu akan memberhentikan saudara Direktur Utama Garuda," ujar Erick Thohir dalam jumpa pers di Kementerian Keuangan, Jakarta.

Apa Itu Keminter?

Keminter adalah sebuah ungkapan dalam masyarakat Jawa. Kata dasarnya pinter, pintar dalam Bahasa Indonesia. Pinter atau pintar sinonimnya pandai. Sedangkan keminter adalah sok pintar padahal tidak pintar.

Keminter dipakai dalam sebuah filosofi Jawa yang sangat terkenal, yaitu ojo keminter mundak keblinger, ojo cidra mundak ciloko. Artinya jangan merasa paling pandai agar tidak salah arah, jangan suka berbuat curang agar tidak celaka.

Contoh Keminter

Orang yang tidak punya kapasitas menjadi direksi BUMN, tetapi memaksakan diri menduduki posisi tersebut adalah keminter. Sikap keminter berpotensi mendatangkan banyak masalah di kemudian hari.

Seperti dalam kasus penyelundupan Harley dan sepeda Brompton yang berujung pada pemecatan Direktur Utama Garuda Indonesia Ari Askhara.

Erick Thohir mengungkapkan kasus motor Harley dan sepeda Brompton yang diselundupkan di pesawat baru Garuda bukan ulah oknum individu, tapi dilakukan secara menyeluruh dan sistematis.

"Ini yang sungguh menyedihkan, proses itu terjadi secara menyeluruh di dalam sebuah BUMN, bukan individu tapi menyeluruh," ujar Erick Thohir.

Mengenai pemecatan Direktur Utama Garuda, Erick mengatakan proses pemberhentian ada prosedurnya, apalagi Garuda Indonesia adalah perusahaan publik.

Kalau mereka tidak loyal ya tidak usah di BUMN jadi swasta saja. Dan tidak keminter.

Erick Thohir di Kementerian Keuangan di Jakarta, Kamis, bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani, melihat barang bukti motor Harley Davidson saat konferensi pers terkait penyelundupan motor Harlery Davidson dan sepeda Brompton menggunakan pesawat baru milik Garuda Indonesia.

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan mengungkap penyelundupan sepeda motor Harley Davidson pesanan Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk, I Gusti Ngurah Askhara dan dua sepeda Brompton beserta aksesorisnya menggunakan pesawat baru Airbus A330-900 Neo milik Garuda Indonesia. []

Berita terkait
Menteri BUMN Sebelum Erick Thohir Ngapain Aja?
Sebulan setelah dilantik, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menunjukkan ketegasan.
Erick Thohir Pecat Direktur Utama Garuda Indonesia
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memecat Direktur Utama PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) atas temuan onderdil Harley Davidson.
Erick Thohir: Kami Copot!
Erick Thohir akan mencopot direksi Garuda Indonesia yang menyelundupkan komponen Harley Davidson. Ia juga menegaskan tidak butuh orang keminter.
0
Hindari Merokok dan 5 Lima Cara Cegah Kerutan Wajah
Kerutan atau keriput di wajah menjadi persoalan bagi kebanyakan orang, jangan khawatir berikut cara pencegahannya.