UNTUK INDONESIA
Enam Trik Bugar Seperti Ma'ruf Amin
Wakil Presiden Republik Indonesia Maruf Amin pada usia 76 tahun terlihat begitu bersemangat. Berikut trik bugar di usia lanjut.
Wury Estu Handayani berpose bersama KH. Ma\\'ruf Amin pada saat Pemilu 2019. (Foto: Instagram/@wuryestuhandayani).

Jakarta - Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin pada usia 76 tahun terlihat begitu bersemangat. Aura kebahagiaan terpancar di wajahnya, tergambar tubuh dan jiwa yang sehat. 

Mengutip klikdokter, seseorang dapat dikatakan berusia lanjut jika telah berumur di atas 60 tahun. Usia yang rentan terhadap berbagai jenis penyakit jika tidak menjaga tubuh tetap bugar.

Daya tahan tubuh mulai menurun, sehingga lebih mudah terserang virus dan bakteri. Akibatnya penyakit dapat secara mudah menyerang. Meskipun begitu, bukan berarti daya tahan tidak dapat ditingkatkan. Masih ada kesempatan memiliki tubuh yang bugar serta sehat.

Berikut Tagar rangkumkan enam trik bugar di usia lanjut.

1. Tetap aktif

Olahraga secara teraturmembawa banyak manfaat bagi kaum lansia. Mulai dari melancarkan aliran darah untuk mencegah tekanan darah tinggi hingga melatih kekuatan otot jantung agar terhindar dari penyakit jantung.

Selain itu juga turut membantu pembakaran kalori agar berat badan tidak berlebih untuk mencegah penyakit diabetes dan kolesterol tinggi.

2. Konsumsi makanan yang bergizi

Dikombinasikan dengan aktivitas fisik, mengonsumsi makanan bergizi dalam jumlah yang tepat dapat membantu tetap sehat.

Banyak penyakit dapat dicegah atau dikendalikan dengan perubahan pola makan serta olah raga. Misalnya jantung, obesitas, tekanan darah tinggi, diabetes tipe 2 dan osteoporosis.

3. Pertahankan berat badan ideal

Berat badan yang berlebih dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes dan tekanan darah tinggi.

4. Hindari stres

Stres dapat menurunkan daya tahan tahan tubuh, termasuk pada lansia. Pada saat stres datang, daya tahan tubuh lansia pun akan semakin menurun, sehingga semakin rentan terkena berbagai macam penyakit.

5. Stop merokok

Merokok berbahaya bagi semua orang tanpa batasan umur. Baik bagi kaum muda hingga lanjut usia, merokok mempunyai dampak yang berbahaya bagi kesehatan.

6. Gunakan popok dewasa

Bagaimana jika memiliki masalah yang berhubungan dengan buang air kecil? Sebaiknya menggunakan popok dewasa, terutama jika memiliki kesulitan untuk menahan buang air kecil. Jadi tak perlu khawatir saat beraktivitas. []

Berita terkait
Ma'ruf Amin: Elite Politik Sebaiknya Silaturahmi
Kalangan elite sepatutnya saling bersilaturahmi mengikuti apa yang dilakukan Prabowo yang telah bertemu Jokowi dan Megawati.
Kiat Suami Donna Agnesia Jaga Kebugaran
Menjaga fisik tetap fit tentu ada kiatnya di sela-sela kesibukan yang padat.
Kiat Bugar dan Berstamina ala Presiden Jokowi
Tugas negara yang menumpuk dan rutinitas yang padat membutuhkan stamina yang kuat bagi Presiden Joko Widodo.
0
CEO Amartha Andi Taufan Jadi Stafsus Presiden Jokowi
CEO sekaligus Pendiri Amarta MicroFintech P2P lending Andi Taufan Garuda Putra ditunjuk Jokowi menjadi staf khusus presiden.