UNTUK INDONESIA
Enam Keseruan YouTube Music daripada Musik Streaming
Google meluncurkan YouTube Music di Indonesia dengan membawa enam fitur yang diklaim berbeda dari aplikasi musik streaming biasa.
Tampilan fitur mode beralih audio/video dalam aplikasi YouTube Music (Foto: Anatara/Arindra Meodia)

Jakarta - Google meluncurkan aplikasi musik streaming YouTube Music di Indonesia dengan membawa enam fitur yang diklaim berbeda dari aplikasi musik streaming biasa. 

"Orang datang ke YouTube untuk menikmati momen musik dari berbagai konser maupun festival musik. YouTube digunakan untuk menonton, sementara dengan YouTube musik kami ingin membuat pengalaman mendengarkan musik lebih premium," ujar Product Manager Youtube, Brandon Bilinski, dalam video conference di Kantor Google Indonesia, Selasa (5/11/2019), dikutip dari Antara.

Berikut enam keseruan yang menurut Brandon membuat YouTube Music berbeda dari aplikasi streaming biasa.

YouTube Music

Tampilan aplikasi YouTube Music. (Foto: Antara/Arindra Meodia)


1. Konten Lengkap 

Brandon mengatakan YouTube menjadi tempat untuk meng-cover dan me-remix lagu. Brandon mengatakan konten-konten tersebut juga hadir di YouTube Music. 

Bukan hanya video musik, tetapi juga official music dan official album, single, remix, live concert, dan musik-musik langka yang hanya bisa ditemukan di YouTube juga hadir di YouTube Music. 

2. Rekomendasi Khusus 

Layar beranda aplikasi akan beradaptasi secara dinamis dan memberikan rekomendasi sesuai jenis musik yang pernah didengarkan dan aktivitas yang dilakukan si pengguna. 

"Personalisasi sangat penting bagi YouTube Music, jadi kami mengetahui musik apa yang telah Anda konsumsi di YouTube, dan kami bisa membuat personalisasi rekomendasi YouTube Music untuk Anda," kata Brandon. 

Jadi, saat pengguna sedang berolahraga di gym misalnya, atau sedang dalam perjalanan pergi pulang ke kantor, pengguna bisa menemukan musik yang tepat dalam aplikasi YouTube Music. 

3. Seribuan Playlist 

Brandon menyebutkan akan ada seribuan playlist dari berbagai genre, suasana hati, aktivitas atau bahasa. Ada playlist "Pop Indonesia yang Akan Ngehits," "Pop Indonesia Terbaru" atau "Paling Hits Hari Ini" untuk menemukan musik baru. 

4. Fitur Penelusuran 

Brandon mengatakan kemampuan Google sebagai mesin pencari juga akan digunakan pada YouTube Music untuk mencari lagu. 

"Jika Anda tidak tahu judul lagu, Anda bisa memasukkan lirik lagu, dan kami akan mencarinya," kata Brandon. 

Meskipun lirik yang dimasukkan dalam kolom pencarian salah, Brandon mengatakan Google Search akan mampu menelusuri lagu yang dimaksud. 

5. Video Terbaru dan Terpopuler 

Dengan YouTube Music pengguna dapat mengetahui apa saja video terbaru dan terpopuler yang dimasukkan dalam kolom Hotlist. 

Misalnya, hari ini di Indonesia, kolom Hotlis menampilkan "Hotlist Pop Indonesia," "Hotlist Musik Dance Indonesia," "Hotlist Heavy Rock Indonesia," "Hotlist Rock Indonesia," "Hotlist Indie Indonesia," dan "Hotlist Hip Hop Indonesia." 

6. Mode Beralih Audio/Video 

YouTube Music memungkinkan pengguna untuk beralih antara audio/video dengan sekali tekan tombol. 

Fitur unik ini memudahkan pelanggan YouTube Premium dan Youtube Music Premium untuk berpindah ke lagu atau video musik, sehingga pengalaman mendengarkan dan menonton musik dapat dilakukan dengan lancar.

"Kami mempunyai katalog musik terbesar, sehingga tidak hanya konten premium yang didapatkan dari artis, tapi kami juga punya remix, cover, rekomendasi yang bagus, dan ribuan playlist sudah ada di Youtube Music," ujar Ruben. []

Berita terkait
YouTube Music Hadir di Indonesia, yang Premium Bayar
Google menghadirkan aplikasi streaming musik YouTube Music di Indonesia dan layanan bebas iklan serta download offline di Youtube Premium.
Google Merayakan Hari Internet Sedunia
Google berharap internet dapat memberikan makna positif terhadap peradaban dunia.
Google YouTube Akan Hadir di HP Android
Sejatinya, Google YouTube menggantikan aplikasi Google Play Music yang telah bertahun-tahun menjadi aplikasi bawaan Android.
0
Pemprov Jakarta Klaim Masyarakat Setuju JPO Terbuka
Pemerintah provinsi DKI Jakarta mengklaim konsep JPO terbuka dan tanpa atap di Jalan Jenderal Sudirman disetujui oleh mayoritas masyarakat.