UNTUK INDONESIA
YouTube Music Hadir di Indonesia, yang Premium Bayar
Google menghadirkan aplikasi streaming musik YouTube Music di Indonesia dan layanan bebas iklan serta download offline di Youtube Premium.
Tampilan aplikasi YouTube Music. (Foto: Antara/Arindra Meodia)

Jakarta - Google menghadirkan aplikasi streaming musik YouTube Music di Indonesia dan layanan bebas iklan serta download offline di Youtube Premium. 

"YouTube menjadi bagian penting dari kultur Indonesia, sebagaimana diketahui kami sukses melahirkan artis dan kreator di Indonesia di mana kami sudah memberikan lebih dari 200 gold button," kata Head of Music Content Partnerships (South East Asia, AU/NZ) YouTube and YouTube Go, Ruuben Van Den Heuvel dalam video conference di Kantor Google Indonesia, Jakarta, Selasa (5/11/2019), dikutip dari Antara.

Ruuben menjelaskan Youtube telah memberikan lebih dari 2500 silver button untuk lebih dari ratusan ribu kreator, dan bahkan memberikan diamond level kepada dua kreator Indonesia

Penghargaan yang diberikan kepada para kreator tersebut menunjukkan besarnya penggunaan YouTube di Indonesia. Kondisi tersebut, menurut Ruuben juga terlihat dari gelaran YouTube Fanfest yang dinilai sukses di Indonesia. 

Tidak hanya ekosistem YouTube yang besar di Indonesia, musik streaming yang kian menjadi tren secara global juga menarik YouTube untuk meluncurkan layanannya itu ke pasar Indonesia. 

"Jika kami melihat industri musik Indonesia sekitar 46 persen dari 41 juta dolar AS datang dari streaming, sehingga streaming sangat penting bagi industri musik Indonesia," ujar Ruuben. 

"Dan, partisipasi kami juga sangat penting karena kami berharap dengan peluncuran YouTube Music dan YouTube Premium kami dapat berkontribusi kepada industri musik. Tujuan kami menjadi nomor satu penyumbang pendapatan," kata dia. 

Dalam menghadirkan YouTube Music di Indonesia, Ruuben mengatakan telah menggandeng semua pihak dalam industri musik Tanah Air, termasuk perusahaan rekaman baik global maupun lokal, seperti Warner, Aquarius, Musika dan Trinity.

YouTube juga telah bekerjasama dengan Asosiasi Penerbit Musik Indonesia (Apmindo) untuk terlibat dalam hal hak cipta. 

"Kami bekerja selama beberapa tahun untuk memastikan bahwa kami memiliki lisensi yang tepat sehingga kami bisa membayar sesuai dengan hak cipta," kata Ruuben. 

YouTube MusicTampilan aplikasi YouTube Music. (Foto: Antara/Arindra Meodia)

YouTube Music Premium Berbayar

YouTube Music bisa dinikmati secara gratis yang didukung iklan, tapi Google memberi pilihan langganan berbayar untuk YouTube Music Premium.

Pelanggan YouTube Music Premium memungkinkan pengguna untuk memutar lagu dan video di latar belakang, sehingga mereka tetap bisa mendengarkan musik sambil memakai aplikasi lain. 

YouTube Music Premium juga menawarkan fitur download offline dan pengalaman mendengar musik tanpa iklan dengan harga berlangganan Rp 49.000 per bulan. 

Selain itu, YouTube juga menghadirkan YouTube Premium ke Indonesia. YouTube Premium tersedia dengan harga mulai dari Rp 59.000 per bulan. 

Layanan tersebut mencakup langganan YouTube Music Premium, dan menawarkan pengalaman bebas iklan dengan fitur pemutar latar belakang serta download offline untuk jutaan video di YouTube. 

Ada pula paket khusus YouTube Music Family Plan dan YouTube Premium Family Plan, yang mana pengguna dapat menambahkan hingga enam akun mulai dari Rp 75.000 per bulan. 

Aplikasi YouTube Music dapat diunduh di Google Play Store dan iOS App Store. 

YouTube memberikan tawaran khusus selama tiga bulan gratis untuk YouTube Music Premium hingga 26 November 2019. []

Berita terkait
Wow, Video Musik Ini Capai Lebih 300 Juta Views di YouTube
Lagu yang dirilis pada Agustus 2016 itu mencatatkan sejarah baru untuk group.
Google YouTube Akan Hadir di HP Android
Sejatinya, Google YouTube menggantikan aplikasi Google Play Music yang telah bertahun-tahun menjadi aplikasi bawaan Android.
Johnny G Plate Soroti YouTuber Kimi Hime
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate ingatkan konten vulgar seperti YouTuber Kimi Hime bisa terkena sanksi pidana-perdata
0
Jokowi Cemburu PKS-NasDem, Mardani: Selesaikan BPJS
Respons Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera ketika Jokowi mengatakan cemburu PKS dekat dengan NasDem.