UNTUK INDONESIA
Enam Karakter Joker dari Masa ke Masa
Joker adalah film cerita seru psikologis Amerika Serikat yang tayang pada 2019. Berikut karakter Joker dari pertama kali muncul.
Sosok Joker digambarkan begitu muram lagi kejam dengan ekspresi aktor Joaquin Phoenix yang total. (Foto: Warner Bross)

Jakarta - Joker adalah film cerita seru psikologis Amerika Serikat yang tayang pada 2019. Film yang disutradarai Todd Phillips berhasil menguasai box office pada minggu pertama Oktober 2019.

Diketahui, Joker mencetak 93,5 juta dolar AS atau setara Rp 1,3 triliun untuk pasar domestik, mengalahkan film superhero garapan Sony Pictures yang meraih 80 juta dolar AS atau Rp 1,1 triliun.

Baca juga: Harley Quinn, Sisi Romantis Joker Si Badut Gila

Joker ditayangkan secara perdana di Festival Film Venesia pada tanggal 31 Agustus 2019 dan ditayangkan di Amerika Serikat pada 4 Oktober 2019 dan Indonesia dua hari sebelumnya.

Film ini dibintangi oleh Joaquin Phoenix sebagai Arthur Fleck atau Joker, Robert De Niro sebagai Murray Franklin, Zazie Beetz sebagai Sophie Dumond, dan Frances Conroy sebagai Penny Fleck, ibu Arthur.

Berikut daftar karakter Joker dari pertama kali muncul hingga Joker 2019.

 1. Cesar Romero 

JokerCesar Romero menjadi aktor pertama yang menjajal karakter Joker. Dirinya kerap dijuluki ‘The Original’ penampilan pertamanya adalah di serial TV Batman (1966-1968) dan film Batman (1966) yang disutradarai Leslie Martinson. (Foto: inverse.com).

Cesar Romeo merupakan aktor pertama yang menjadi pemeran Joker. Ia memerankan Joker dalam film Batman yang rilis pada tahun 1966.

Pada saat itu, ia memerankan pencuri yang memiliki penuh humor, karena sosok seperti itu dinilai sangat menarik. 

Romero meninggal pada 1 Januari 1994.

 2. Jack Nicholson 

JokerMuncul di film Batman (1989) garapan Tim Burton, Jack memerankan Joker pertama kali dengan sifat aslinya, sadis dan menakutkan. (Foto: batman.fandom.com).

Film Batman kembali rilis pada tahun 1989. Jack Nicholson didapuk sebagai pemeran Joker. 

Saat itu, jack menampilkan Joker yang mengungkapkan jati diri sebagai seorang bernama Arthur Fleck.

Arthur Flek atau Joker merupakan seorang badut hiburan. Permusuhannya dengan Batman berawal ketika ia cekcok dan terlempar ke dalam tangki limbah, kemudian berbuntut sakit hati, membalaskan dendam melalui pembunuhan berkedok badut.

3. Heath Ledger 

JokerHeath menjadi Joker yang paling terkenal dan paling sering dipuji. Peformanya di film garapan Christoper Nolan, The Dark Knight (2008) merupakan penampilan terbaik baik untuk dirinya sebagai seorang aktor maupun Joker sebagai tokoh di film fenomenal ini. (Foto: eonline).

Heath Ledger memerankan Joker dengan gaya berbeda, jika sebelumnya masih terlihat jadul kali ini Joker terlihat lebih modern. Ia berperan sebagai Joker dalam film The Dark Knight tahun 2008.

Joker digambarkan sebagai badut psikopat yang menciptakan kekacauandengan meneror lingkungan. Karakternya lebih sadis dibanding dengan Joker sebelumnya.

Akibatnya, Joker menjadi orang yang termarjinalkan dari sosial masyarakat. 

 4. Mark Hamill 

JokerFilm Batman: The Killing Joke. (Foto: DC )

Film Batman: The Killing Joke yang dirilis pada 22 Juni 2016, Mark Hamill dipercaya menjadi pengisi suara Joker.

Joker sebagai orang yang frustasi karena kegagalannya sebagai komedian ditambah istri yang sedang hamil meninggal, dan dirundung kemiskinan

Terpaksa harus berlaku menyimpang dengan merampok, bahkan membunuh dengan darah dingin.

5. Jared Leto

JokerJoker yang eksotis, glamor, dan mirip seperti orang punk ini diperankan oleh Jared Leto dalam film Suicide Squad yang disutradarai David ayer pada 2016 silam. (Foto: seekpng).

Joker sebagai seorang psikopat dalam film Suicide Squad pada 2016 mampu menampilkan sebagai karakter yang suka membuat lelucon dan memberikan hadiah-hadiah menyeramkan. Ia sering mendapat bullying dari dunia internet.

Joker hadir lebih unik sekaligus liar serta berangasan, dengan coretan-coretan tato di badannya identik dengan anggota gangster. Gaya tak terduga khas psikopat kelas akut sangat baik diperankan oleh Leto dalam balutan Jokernya. 

Film ini rilis dua bulan sebelum Batman: The Killing Joke.

6. Joaquin Phoenix

JokerSosok Joker digambarkan begitu muram lagi kejam dengan ekspresi aktor Joaquin Phoenix yang total. (Foto: Warner Bross)

Pertama kalinya Joker menjadi film tersendiri yang pemeran utamanya bukan Batman. 

Joaquin Phoenix memulai cerita pada tahun 1981. Pada kala itu, Joker atau Arthur Fleck adalah seorang komedian yang gagal dan beralih ke kehidupan kejahatan yang kemudian membuat kekacauan hingga terjadi pembunuhan di Kota Gotham. []

Baca juga: Tujuh Kekejaman Joker, Membunuh Anak Satu di Antaranya

Berita terkait
Sinopsis Film Joker, Gelap, Muram dan 'Berbahaya'
Joker merupakan film bergenre psikologi karya sutradara Todd Phillips. Kisah cenderung gelap dan muram dan dinilai dapat memengaruhi psikologi.
Tujuh Kata Bijak Arthur Fleck dalam Film Joker
Joker adalah film cerita seru psikologis Amerika Serikat yang tayang pada 2019. Berikut kata bijak yang bisa dipetik dari Arthur Fleck.
Lima Fakta Psikopat Seperti Joker
Joker merupakan karakter psikopat yang tidak segan membuat kekacauan bahkan pembunuhan namun dengan wajah tanpa merasa berdosa. Berikut faktanya,
0
Petik Buah dari Halaman, Pria di Aceh Jadi Jutawan
Deni Ardiansyah, pria lajang di Aceh, lebih memilih menjadi petani buah ketimbang menjadi pekerja kantoran dan Tentara Nasional Indonesia (TNI).