UNTUK INDONESIA
Empat Mobil Mercy Bagi Tamu Negara Pelantikan Jokowi
Segala persiapan itu telah dilakukan sedari sekarang tidak terkecuali akomodasi kendaraan bagi tamu undangan dari berbagai kepala negara.
Barisan Mercedes-Benz S450 di halaman Istana Negara, Jakarta, Kamis (17/10/2019). (Foto: Antara/Bayu Prasetyo)

Jakarta - Prosesi pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin akan berlangsung di Gedung Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Minggu, 20 Oktober 2019.

Segala persiapan itu telah dilakukan sedari sekarang tidak terkecuali akomodasi kendaraan bagi tamu undangan dari berbagai kepala negara. 

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono menjelaskan sejumlah kepala pemerintahan atau negara dan utusan negara sahabat yang berencana datang pada acara pelantikan antara lain Sultan Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad.

Selain itu, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Australia Scott Morrison, Presiden Filipina Rodrigo Duterte, Wakil Presiden Tiongkok Wang Qishan, dan Wakil Perdana Menteri Thailand Prawit Wongsuwan, serta beberapa utusan negara dari Amerika Serikat dan Laos.  

Mercy S450Mercedes-Benz S450 . (Foto: motor1.com)

***

Untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada tamu kepala negara yang akan menghadiri acara pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI, telah disediakan empat mobil Mercedes-Benz kelas wahid bagi mereka.

Kendati mobil mewah ini berstatus sewaan, akan tetapi dalam kondisi baru alias fresh dari pabrik. 

Mercedes-Benz yang telah disiapkan yaitu Mercy E450 (12 unit), Mercy E300 (13 unit), Mercy E250 (4 unit), dan Mercy E200 (10 unit). 

Berikut daftar spesifikasi dan kemewahan mobil tersebut.

1. Mercedes-Benz S450

Mercy S450Mercedes-Benz S450 di halaman Istana Negara, Kamis (17/10/2019). (Foto: Antara/Bayu Prasetyo)

***

Mercedes-Benz S450 merupakan salah satu mobil terlaris di dunia. Soal tampilan, Mercy S450 memiliki grille radiator baru. Desain Mercy mewah ini dilengkapi tiga twin louvre serta strip vertikal dalam balutan high-gloss black dan strip vertikal tambahan dalam balutan chrome pada grille radiator. 

Lampu depan sedan ini sudah dilengkapi LED multibeam terbaru yang juga menampilkan tiga penerangan cahaya yang khas.

Bagian interior ini dilengkapi sandaran kepala mewah dengan bantal tambahan pad kursi belakang. Terdapat sistem Rear Seat Entertainment lengkap dengan dua layar berukuran 10,2 inci lengkap dengan Blu-Ray DVD. Fitur ini juga ditambah dengan sebuah tuner Digital TV yang cocok engan DVB-T2 di Indonesia

Mercy S450 ini diperkuat dengan mesin V-6 lengkap dengan transmisi otomatis 9G-Tronic yang dipercaya bisa menghasilkan 270 kW atau setara dengan 367 hp serta 500 Nm. 

Mesin biturbo baru pada sedan Mercy ini dinyatakan memiliki tenaga ekonomis dan irit dalam penggunaan bahan bakar. Uji coba pernah dilakukan akselerasi dari posisi 0-100 km/jam dalam waktu 5,1 detik.

Bagi yang berminat dengan sedan mewah dengan fitur premium ini, Mercedes Benz S450 ini dibanderol Rp 2,349 miliar 

Mercy seri S450 ini diperuntukan untuk kepala negara saat inaugurasi pelantikan presiden.

2. Mercedes-Benz E300

Mercy E300Deretan Mercedes-Benz E300 di halaman Istana Negara, Jakarta, Kamis (17/10/2019). (Foto: Antara/Bayu Prasetyo)

***

Bagian ekterior E300 terlihat sangat berbeda dibandingkan lini Mercedes-Benz E-Class (W213) lainnya yang dipasarkan di Indonesia. Perbedaan terlihat dari griller depan yang menempatkan logo Mercy di tengah ditambahkan dua garis chrome pada area grille

Untuk lampu depan, Mercy melengkapi seris E300 ini menggunakan LED high performance, di mana desain mengusung headlight E-Class versi lawas.

Mercy E300 ditunjang menggunakan mesin 2.0 liter 4-silinder turbo. Mesin ini yang mengantarkan tenaga menuju roda belakang melalui transmisi 9G-TRONIC yang menghasilkan tenaga hingga 245 hp serta torsi sebesar 370 Nm. 

Mercedes-Benz mengklaim, seri E300 bisa mencapai 100 km/jam dari titik nol dalam waktu 6,2 detik serta top speed mencapai 250 km/jam

Sedan ini dilengkapi fitur berkendara yang memudahkan penngguna dalam mengontrol mobilnya, khususnya untuk parkir. Mercy E300 sudah mengadopsi fitur parking pilot dengan PARKTRONIC yang didukung tambahan surround view system. Sistem ini memungkinkan mobil bisa parkir secara otomotis dan dikontrol dari berbagai arah. 

Saat berkendara, terdapat pula sistem Dynamic Select lengkap dengan lima pilihan mode berkendara yaitu CImfort, ECO, Sport, Sport+, dan Individual.

Mercedes E Class E300 ini dibanderol dengan harga Rp 1, 39 miliar. Pada saat pelantikan, mobil ini akan diperuntukan untuk pejabat di bawah kepala negara.

3. Mercedes-Benz E250

Mercy E250Mercedes-Benz E250. (Foto: media.caradvice.com)

***

Mercedes Benz E250 turut memeriahkan pelantikan presiden 20 Oktober 2019. Eksterior E250 Line dilengkapi dengan headlight LED dengan bumper depan dilapisi chrome. 

Sedan ini juga dilengkapi dengan air intake dengan model sporty light alloy 5 spoke-19. Mercy E250 dinilai mirip dengan seri E300 dalam hal eksterior. Sedangkan masuk pada bagian dalam E250, interior berpadu dengan tiga warna yang nyaman untuk pengendara dan penumpang lengkap dengan lingkar kemudi yang multifungsi berbalut kulit nappa serta jok kulit Artico Sintetis.

Mercy E250 ditunjang dengan mesin dengan tenaga 245 hp pada 5.500 rpm serta torsi maksimal sebesar 370 Nm pada kisaran 1.300 - 4.000 rpm. Dengan kekuatan mesin tersebut, sedan ini diklaim dapat bergerak dari titik nol hingga 100 km/jam dengan kecepatan maksimal setara dengan Mercy E300.

Sedan ini juga dibekali Rear Seat Entertainment dengan dua layar masing2 12,3 inci berkualitas apik serta desain kokpit dan konsol tengah terbaru. Konsumsi bahan bakar juga dinilai efisien karena telah dilengkapi fitur start/stop ECO. Seperti Mercy E300, E250 juga hadir dalam 5 mode driving. Mercy E250 ini dibanderol pada kisaran harga Rp 1,3 miliar.

4. Mercedes-Benz E200

Mercy E200Mercedes-Benz E200. (Foto: carsguide.com)

***

Mobil series Mercy lainnya yang akan hadir pada pelantikan presiden, Mercy E200. Sedan ini merupakan Mercy termurah pada kelasnya, E Class. 

Eskterior bagian depan E200 ini memiliki headlight LED yang digabungkan dengan fog lamp sehingga penerangan menjadi maksimal. Seperti pendahulunya, gril depan didesain dengan dua garis horizontal dan logo Mercedes -Benz krom tepat di tengah. 

Pada bagian bumper, terdapat lubang udara didesain layaknya honecomb dan bumper kit juga beraksen krom.

Mercy E200 diperkuat dengan mesin empat silinder dengan turbocharger berkapasitas mencapai 1.991 cc. Mesin ini mampu menghasilkan daya sebesar 186 Ps pada putara 5.500 rpm dan torsi maksimum sebesar 300 Nm di putara 1.200 hingga 4.000 rpm. 

Daya yang dikeluarkan oleh mesin akan diantarkan melalui transimis 9G TRONIC PLUS 9 percepatan. Mercy mengklaim akselerasi seri E200 dari titik nol hingga 100 km/jam mencapai 240 km/jam dalam waktu 7,7 detik.

Sedan ini dilengkapi dengan fitur keselamatan seperti sistem rem ABS lengkap dengan Active Break Assist yang mampu melakukan pengereman maksimal. 

Terdapat pula fitur kendali mobil tetap terkontrol yaitu Hill Start Assist, Attention Assist, dan Electronic Stability Control. Demi menjaga keselamatan pengemudi, Mercy E200 juga meletakan airbag di bagian depan, samping, dan kaki. Mercedes-Benz E200 dibanderol dengan harga Rp 999 juta.

Toyota AlphardToyota Alphard. (Foto: Wikipedia)

***

Selain itu, terdapat juga kendaraan lain yang akan digunakan untuk acara inaugurasi presiden yakni 18 unit Toyota Alphard, sembilan unit Toyota Camry, dan 27 unit Toyota Fortuner untuk pengawalan. []

(Revy Putra Andaryanto)

Berita terkait
Empat Varian Mobil Mercy untuk Tamu Pelantikan Presiden
Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan mengenai belasan sedan bermerk Mercy untuk kendaraan tamu pelantikan presiden.
Mobil Kepresidenan Baru Jokowi Mercy Maybach S600 Guard
Model ini merupakan versi khusus sedan paling mewah Mercedes-Benz yang sudah dilengkapi serangkai fitur keamanan.
Mercedes-Benz S600 Guard, Mobil Baru Jokowi Antipeluru
Mercedes-Benz S600 Guard ini menggantikan mobil kepresidenan sebelumnya, Mercedes-Benz S600 Pullman Guard.
0
Polda Sumbar Periksa 9 Saksi Kasus Alfian Tanjung
Polda Sumatera Barat telah memeriksa sembilan orang saksi dalam kasus dugaan penghinaan kepada pemerintah yang dilakukan ustaz Alfian Tanjung.