Emma Raducanu dan Naomi Osaka Tersingkir dari Australia Terbuka 2022

Amanda Anisimova singkirkan juara bertahan, Naomi Osaka, di Australia Terbuka 2022 dan Emma Raducanu juga tersingkir di putara kedua
Reaksi Naomi Osaka, petenis Jepang, selama pertandingan putaran ketiga melawan Amanda Anisimova di Australi Terbuka 2022 (Foto: marca.com/AP)

Jakarta – Juara bertahan di Australia Terbuka, petenis Jepang, Naomi Osaka, tidak berhasil mencapai babak keempat yang ditunggu-tunggu untuk berhadapan dengan petenis peringkat teratas, Ash Barty. Australia Terbuka memperebutkan hadiah juara tunggal putri dan putra masing-masing 2.875.000 dolar Australia atau setera dengan Rp 29.670.603.750.

Amanda Anisimova, petenis Amerika Serikat (AS) berusia 20 tahun yang berada di peringkat 60 dunia, memastikan bahwa apa yang disebut final sebelum final tidak akan terjadi ketika dia mengalahkan juara grand slam empat kali itu 4-6, 6-3, dan 7-6 pada hari Jumat, 21 Januari 2022.

"Saya tahu saya harus bermain tajam jika saya ingin memberi diri saya kesempatan," kata Anisimova, yang mengalahkan juara Olimpiade Belinda Bencic di babak kedua dan kemudian menumbangkan juara Australia Terbuka 2021.

Setelah kalah di set pertama, Anisimova tahu dia harus lebih agresif atau dia akan tersingkir dari turnamen.

Amanda AnisimovaSelebrasi petenis AS, Amanda Anisimova, setelah mengalahkan petenis Jepang yang juga juara bertahan, Naomi Osaka, di Australia Terbuka 2022 (Foto: marca.com/AP)

Itu berhasil

Anisimova menyelamatkan dua match point di set ketiga, melakukan servis untuk mempertahankan pertandingan, dan mengakhirinya dengan ace. Dia mencapai 46 winner sedangkan Osaka 21.

Ini adalah keempat kalinya Osaka tidak mampu mempertahankan gelar utama, dan ke-11 kalinya di grand slam dia tersingkir di babak ketiga, termasuk di AS Terbuka 2021 lalu.

Setelah memenangkan gelar tahun lalu -yang kedua di Melbourne Park dalam tiga tahun- Osaka mengundurkan diri dari Prancis Terbuka di babak kedua dan melewatkan Wimbledon saat ia beristirahat untuk kesehatan mentalnya. Setelah kekalahan awal di AS Terbuka, ia mengambil cuti diperpanjang untuk mengatur ulang dan tiba di besar pertama tahun ini dengan unggulan No. 13.

bartyAshleigh Barty beraksi selama pertandingan tunggal tutri di AS Terbuka 2021, 4 September 2021 di Flushing, New York, AS, dikalahkan Shelby Rogers, petenis AS (Foto: usopen.org - Pete Staples/USTA)

Sementara itu unggulan pertama, petenis Australia Ashleigh Barty, melaju dengan kemenangan 6-2 dan 6-3 atas unggulan ke-30 Camila Giorgi di Rod Laver Arena, pertandingan dimulai lebih lambat dan berakhir lebih awal dari kontes Osaka-Anisimova di Margaret Court Arena yang bersebelahan.

Barty hanya kebobolan delapan pertandingan dan menghabiskan waktu kurang dari tiga jam di lapangan dalam tiga ronde pertama di Melbourne Park. Juara Wimbledon dan pemenang Prancis Terbuka 2019 ini bertujuan menjadi wanita Australia pertama yang memenangkan kejuaraan kandangnya sejak 1978.

Juara Australia Terbuka dua kali, Victoria Azarenka, mengalahkan unggulan ke-15, Elina Svitolina, 6-0 dan 6-2 untuk mencapai putaran keempat di Melbourne Park untuk pertama kalinya sejak 2016.

Sebelum dia memiliki kesempatan untuk menganalisis kedua pemain yang mungkin dia temui berikutnya, sebuah pertanyaan diajukan kepada putranya tentang penampilan putaran ketiga juara Australia Terbuka dua kali itu.

Leo yang berusia lima tahun, mengenakan kacamata hitamnya di ruang konferensi pers dan duduk di atas lutut ibunya, menjawab dengan singkat: "Luar biasa!"

Azarenka berterima kasih kepada putranya, lalu mencatat poin positif dari sudut pandangnya. Itu termasuk: "Jumlah agresivitas yang bisa saya bawa poin demi poin, menerapkan banyak tekanan, konsistensi. Mengendalikan akhir lapangan saya."

Dia selanjutnya akan menghadapi juara Prancis Terbuka, Barbora Krejcikova, yang bangkit dari satu set dan satu break melawan unggulan ke-26, Jelena Ostapenko, untuk menang 2-6, 6-4, dan 6-4.

Sejak babak perempat final di Australia pada 2016, Azarenka kalah dalam pertandingan putaran pertama tahun lalu dan 2019, serta absen di turnamen lapangan keras pada 2017, 2018 dan 2020.

Mantan pemain nomor satu berusia 32 tahun dari Belarusia ini merasa nyaman saat ini, memenuhi peran ganda sebagai pemain dan ibu di Melbourne.

"Saya selalu merasa istimewa bahwa saya bisa memiliki dia di sini," kata Azarenka. "Momen-momen seperti ini benar-benar tak ternilai bagi saya. Bagi saya, bisa berbagi itu dengan putra saya adalah hal yang luar biasa."

Pasangan putaran keempat yang ditetapkan Jumat termasuk unggulan kelima Maria Sakkari melawan unggulan 21 Jessica Pegula dan No. 8 Paula Badosa melawan Madison Keys, yang menahan Wang Qiang 4-6, 6-3, 7-6 (2) pada hari Jumat, 22 Januari 2022.

Emma RaducanuEmma Raducanu (Foto: bbc.com/sport/tennis – Getty Images)

Sementara itu petenis remaja Inggris yang juga juara grand slam AS Terbuka 2021, Emma Raducanu, terhenti langkah di babak kedua setelah dikalahkan petenis Montenegro, Danka Kovinic, dengan skor 6-4, 4-6 dan 6-3. Raducanu sendiri mengaku kurang persiapan karena baru sembuh dari infeksi Covid-19 (marca.com, ausopen.com, dan sumber-sumber lain). []

Debut Emma Raducanu di Australia Terbuka 2022

Persiapan Petenis Emma Raducanu Hadapi Australia Terbuka 2022

Tenis Australia Terbuka 2021 Terakhir Bagi Serena Williams?

Azarenka Dapat Wildcard Untuk Berlaga di Australia Terbuka

Berita terkait
Debut Emma Raducanu di Australia Terbuka 2022
Emma Raducanu, petenis tunggal putri Inggris, menunjukkan kualitas dan ketahanan untuk mengalahkan petenis Amerika Serikat (AS), Sloane Stephens
0
Emma Raducanu dan Naomi Osaka Tersingkir dari Australia Terbuka 2022
Amanda Anisimova singkirkan juara bertahan, Naomi Osaka, di Australia Terbuka 2022 dan Emma Raducanu juga tersingkir di putara kedua