UNTUK INDONESIA
Eksotisme 6 Wisata Pantai Mamuju, Ada Beringin Cinta
Setidaknya ada enam obyek wisata pantai yang menarik di kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Salah satunya pondok Beringin Cinta
Batu karang besar di tengah laut menjadi pemanis pemandangan alam di Pantai Tanjung Losa, Mamuju, Sulawesi Barat. (Foto: Tagar/Dok Dinas Pariwisata Mamuju)

Mamuju - Kabupaten Mamuju di Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) memiliki sejumlah obyek wisata. Mulai dari wisata di dataran tinggi hingga wisata pantai. Setidaknya ada enam obyek wisata pantai di kabupaten tersebut.

Keenam destinasi wisata pantai yang sudah mulai dikenal tersebut adalah Pantai Tanjung Ngalo, Pantai Manakkara, Pantai Beringin Cinta (Benci), Pantai Belang-belang, Pantai Tanjung Losa, dan Pantai Lombang-lombang.

Keenamnya memiliki kelebihan dan eksotisme yang berbeda antara satu dengan lainnya, tapi keenamnya memiliki kesamaan, yakni sama-sama mampu memanjakan para pengunjung.

Langit biru cerah, gumpalan awan seperti kapas raksasa yang bergerak beriring, pendar-pendar keemasan bersemu jingga di sebelah barat saat senja menyapa, embusan angin yang menyejukkan, serta buih-buih putih di laut yang terbawa ombak, merupakan pemandangan yang bisa ditemui di keenam pantai itu.

Kesamaan lain adalah keenam obyek wisata pantai itu sama-sama belum mematok harga tanda masuk. Wisatawan cukup membayar biaya parkir.

Selain pemandangan alami yang memanjakan mata, lokasi keenam pantai tersebut terletak tidak terlalu jauh dari pusat kota Kabupaten Mamuju. Pantai terjauh adalah Tanjung Ngalo, yang berjarak sekitar 59 kilometer atau dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1,5 jam.

Usdi, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Mamuju, mengatakan, wisatawan tidak akan menyesal telah menempuh perjalanan selama satu jam lebih untuk tiba di Pantai Tanjung Ngalo.

"Meskipun memiliki jarak tempuh yang lumayan jauh, akan tergantikan dengan keindahan yang dimiliki Pantai Tanjung Ngalo itu sendiri," ucapnya saat dikonfirmasi, Kamis 6 Agustus 2020.

Berikut kelebihan dan keindahan yang ada di keenam destinasi wisata pantai di Kabupaten Mamuju tersebut:

Pantai Tanjung Ngalo

Pantai Tanjung Ngalo MamujuKeindahan pasir putih di kawasan wisata Pantai Tanjung Ngalo, Mamuju. (Foto: Tagar/Dok Dinas Pariwisata Mamuju)

Pantai Tanjung Ngalo terletak di Desa Dungkait, Kecamatan Tapalang Barat, Kabupaten Mamuju. Jika dilihat dari kejauhan,pasir putih yang terhampar di sepanjang pantai ini tampak kontras dengan birunya laut dan pepohonan hijau di bukit belakangnya.

Pasir-pasir itu terasa lembut saat terinjak telapak kaki. Memberikan sensasi rasa sedikit geli.

Lokasi pantai yang jauh dari keramaian membuat pantai itu jarang terjamah dan terlihat alami meski tanpa pepohonan nyiur dan tebing karang di sekitarnya. Terlebih dengan adanya hutan mangrove di pantai itu, membuat suasana alami semakin terasa.

Anjungan Pantai Manakarra

Wisata pantai lain yang ada di Kabupaten Mamuju adalah Pantai Manakarra yang terletak di pusat kota Kabupaten Mamuju, tepatnya di jalan Yos Sudarso, Kelurahan Binanga, Kecamatan Mamuju, Kabupaten Mamuju Sulawesi barat.

Lokasinya yang berada tepat di jantung kota membuat Pantai Manakarra lebih mudah mendapat perhatian dalam hal pembangunan sarana dan prasarana.

Pantai ini juga diapit oleh dua bangunan modern, yakni pusat perbelanjaan Maleo Town Square (Matos) di sebelah kanan Anjungan Pantai Manakarra dan di sebelah kirinya terdapat d'Maleo Hotel.

Anjungan Pantai Manakarra memiliki nilai tersendiri dari masyarakat Mamuju mengingat pantai ini berada tepat di pusat kota Kabupaten Mamuju

Anjungan Pantai Manakarra ini juga menjadi salah satu pusat area publik dan tujuan wisata masyarakat Mamuju. Pada malam hari, pantai ini akan dipenuhi oleh cahaya lampu. Dari situ pengunjung juga bisa menyaksikan kelap kelip lampu kapal yang akan berlabuh maupun bertolak dari pelabuhan Mamuju.

Sedangkan saat pagi hingga sore hari, pengunjung dapat melihat jelas Pulau Karampuang yang terletak di seberang pantai.

Sundet Pantai Manakarra MamujuSuasana senja di Pantai Manakarra yang terletak di pusat kota Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. (Foto: Tagar/Dok Dinas Pariwisata Kabupaten Mamuju)

Pantai Benci (Beringin Cinta)

Pantai Beringin Cinta atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pantai Benci, terletak di Dusun Toangsang, Desa Bonda, Kecamatan Papalang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, juga menyajikan pemandangan yang tidak kalah indah.

Jarak tempuh dari pusat kota Kabupaten Mamuju menuju Pantai Benci sekitar 35 kilometer, atau dapat ditepuh dalam waktu sekitar satu jam.

Di pantai ini terdapat sebatang pohon beringin berukuran cukup besar, yang di atasnya di bangun semacam pondok berkapasitas empat orang. Wisatawan harus menggunakan tangga untuk naik ke pondok itu.

Beringin itu disebut sebagai beringin cinta, sebab biasanya pondok di atas pohon itu hanya didatangi oleh pasangan kekasih yang sedang jatuh cinta.

Beberapa warga setempat memanfaatkan keberadaan destinasi wisata itu untuk menjual makanan ringan dan minuman, sehingga memudahkan pengunjung yang lapar atau haus dalam mendapatkan pengganjal perut.

"Disana juga kami siapkan sarana pariwisata seperti gazebo yang bisa digunakan oleh wisatawan untuk bersantai dan beristirahat sembari menikmati hembusan angin dari dalam laut," kata Usdi.

Pantai Belang-Belang

Pantai Belang-Belang terletak di Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Pantai ini memiliki keindahan panorama alam yang sangat eksotis dan menjadi salah satu spot pengambilan gambar.

Pemandangan yang asri nan indah menjadi jaminan untuk mendapaptkan hasil foto yang menawan dan instagramable.

Saat air laut sedang surut, wisatawan juga bisa berjalan kaki menyusuri gumuk pasir di pantai itu bersama kekasih maupun kerabat. Suasana romantic akan semakin terasa di tempat itu menjelang matahari terbenam. .

"Didepan pantai Belang-Belang terdapat sebuah pulau yang cukup indah. Pulau tersebut dikenal dengan sebutan Pulau Tae Manuk," ucap Usdi

Pantai Tanjung Losa (Batu Losa)

Meskipun belum dikelola dengan baik dan belum seterkenal beberapa destinasi pwisata pantai lainnya, namun sangat menarik untuk dikunjungi wisatawan untuk bersantai sembari menikmati keindahan dari pantai ini.

Di pantai Tanjung Losa, wisatawan dapat menikmati keindahan terumbu karang yang masih alami dan sangat terpelihara. Mereka juga bisa menikmati keindahan bola raksasa mentari yang tenggelam di ufuk barat.

Pantai Batu Losa terletak di ujung Desa Tapandulu, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Jarak tempuh dari pusat Kota Mamuju hingga Pantai Batu Losa sekitar 20 kilometer dengan waktu tempuh menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat sekitar 50 menit.

Pantai Lombang-Lombang

Pantai Lombang-lombang MamujuRatusan pohon kelapa berdiri di sepanjang Pantai Lombang-lombang Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. (Foto: Tagar/Dok Dinas Pariwisata Mamuju)

Pantai Lombang-Lombang adalah salah satu objek wisata pantai yang terletak di Kecamatan Kalukku, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, juga memiliki keunggulan tersendiri yang bisa dinikmati oleh wisatawan yang berkunjung kesini.

Di pantai ini, berbagai kegiatan dapat dilakukan. Selain berwisata, kita juga bisa melakukan berbagai macam jenis olahraga yakni sepakbola pantai, voli pantai, serta beberapa jenis olahraga lainnya.

"Kami menyiapkan sejumlah gazebo yang berjajar di sepanjang pantai ini untuk para wisatawan," tutur Usdi.

Pantai Lombang-Lombang berjarak sekitar 35 kilometer dari pusat kota Kabupaten Mamuju, atau bisa ditempuh dalam sekitar 45 menit menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Lokasi pantai ini tidak jah dari Bandara Tampa Padang, Mamuju, hanya sekitar satu kilometer dengan waktu tempuh sekitar lima menit menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. []

Berita terkait
Wisata Bukit Klangon, Kemah dan Menatap Merapi dari Dekat
Wisata Bukit Klangon, spot terbaik untuk melihat Merapi, cocok untuk tracking hill karena jarak ke puncak Merapi hanya empat sampai lima kilometer.
0
Pembunuh Wanita Terbakar dalam Mobil di Sukoharjo Ditangkap
Kasus pembunuhan wanita yang ditemukan dalam mobil yang terbakar di dalam mobil di Sukoharjo terungkap. Polisi menangkap 2 pelaku.