UNTUK INDONESIA

Ekonomi Vietnam Menjadi Bintang Asia Selama Pandemi

Vietnam menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang mencatat pertumbuhan positif tahun ini ditengah pandemi Covid-19.
Ilustrasi Pabrik. Vietnam menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang mencatat pertumbuhan positif tahun ini ditengah pandemi Covid-19. (Foto: Tagar|Getty Images|Ilustrasi Pabrik).

Jakarta - Vietnam berhasil meminimalisir dampak pandemi Covid-19 terhadap perekonomian nasional. Lantaran ini, Vietnam menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara mencatat pertumbuhan positif tahun ini.

Menurut data terbaru Dana Moneter Internasional (IMF), ekonomi Vietnam diperkirakan akan bertumbuh 2,4 persen tahun ini. Seperti diberitakan dari BBC News, Kamis, 19 November 2020, IMF memuji langkah-langkah yang diambil negara itu untuk menahan imbas pandemi terhadap ekonomi dan kesehatan dan ternyata berhasil.

Apple berencana untuk memproduksi earphone studio Airpods kelas atas di Vietnam.

Di Vietnam hanya ada 1.288 kasus Covid-19 dan 35 angka kematian. IMF memperkirakan pada 2021 akan terjadi pemulihan ekonomi yang kuat. Pertumbuhan ekonomi diproyeksikan akan menguat menjadi 6,5 persen lantaran normalisasi aktivitas ekonomi domestik dan asing berlanjut.

Meskipun kekurangan infrastruktur kesehatan, tidak seperti di negara-negara kaya, Vietnam dipuji karena berhasil mengendalikan angka Covid-19. Keberhasilan ini berkat pengembangan kit pengujian, penggunaan kombinasi pengujian strategis, serta pelacakan kontak pasien.

Imbas pandemi memang membuat ekononi negara itu melambat tahun ini. Sektor pariwisata sangat terpukul. Namun Vietnam mampu cepat bangkit sehingga ekonomi tidak sampai terpuruk.

Ekspor Vietnam ke Amerika Serikat meningkat sebesar 23 persen dalam tiga kuartal pertama 2020 dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun 2019. Dari angka tersebut, ekspor elektronik naik 26 persen.

Perang dagang antara Amerika Serikat dengan China menjadi berkah buat Vietnam. Tiongkok menjadi kurang menarik untuk berproduksi sehingga banyak yang merelokasi investasinya ke Vietnam.

Banyak perusahaan multinasional mulai beroperasi di Vietnam, termasuk para pemimpin teknologi global seperti Apple dan Samsung. Apple berencana untuk memproduksi earphone studio Airpods kelas atas di Vietnam. []

Berita terkait
Vietnam Akan Jadi Negara Kelas Menengah pada Tahun 2025
Setelah keluar dari kemiskinan para pemimpin tertinggi Vietnam bertekad jadikan negara itu berpenghasilan menengah lima tahun ke depan
Vietnam Bangkit Jadi Macan Ekonomi Baru Asia
Langkah pemerintah Vietnam melalui reformasi "Doi Moi" negara itu bangkit dan kini jadi salah satu negara sebagai macan ekonomi baru di Asia
Jepang Akan Transfer Alutsista ke Vietnam
Kunjungan PM Jepang, Yoshihide Suga, ke Vietnam menghasilkan kesepakatan untuk pengiriman alutsista ke Vietnam sebagai bagian diplomasi Jepang
0
Ekonomi Vietnam Menjadi Bintang Asia Selama Pandemi
Vietnam menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang mencatat pertumbuhan positif tahun ini ditengah pandemi Covid-19.