UNTUK INDONESIA
Egy dan Osvaldo Bawa Indonesia Kalahkan Thailand
Indonesia U-23 melewati ujian pertama di SEA Games 2019 setelah menaklukkan Thailand 2-0 melalui Egy Maulana Vikri dan Osvaldo Haay.
Timnas Indonesia U-23 menaklukkan Thailand U-23 2-0 di laga perdana Grup B cabang sepak bola SEA Games 2019 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa 26 November 2019. Tampak pemain Indonesia Egy Maulana Vikri merayakan gol yang dicetaknya di laga itu. (Foto: ANTARA/Sigid Kurniawan)

Jakarta - Tim nasional Indonesia U-23 melewati ujian pertama sekaligus paling berat di SEA Games 2019. Di laga perdana Grup B cabang sepak bola di Stadion Rizal Memorial, Manila, Filipina, Selasa 26 November 2019, Indonesia menaklukkan Thailand U-23 2-0. Gol-gol timnas dihasilkan Egy Maulana Vikri dan Osvaldo Haay. 

Timnas tampak percaya diri dan tidak memperlihatkan sikap minder saat menghadapi Thailand yang merupakan rival bebuyutan di Asia Tenggara. Mereka langsung menggebrak dan menekan pertahanan Thailand. 

Usaha mereka tak sia-sia. Indonesia seperti diikutip Antara sukses mencetak gol cepat lewat Egy Maulana. Gol pemain klub Polandia Lechia Gdansk ini tercipta saat terjadi kemelut di depan gawang Thailand saat laga baru berjalan empat menit. 

Gol cepat itu mengejutkan Thailand. Mereka berusaha menguasai permainan agar bisa menciptakan gol balasan. Hanya beberapa peluang dari tim asuhan Akira Nishino itu gagal membuahkan gol. Termasuk dua peluang yang digagalkan kiper Nadeo Argawinata.

Meski sempat mendapat tekanan dan kalah dalam penguasaan bola, namun pemain Indonesia kemudian mampu mengatasinya. Dengan mengandalkan kekuatan lini tengah yang bertumpu pada dua gelandang senior Evan Dimas dan Zulfiandi yang ditopang kecepatan Saddil Ramdani dan Egy Maulana, tim Garuda mampu mengimbangi Thailand. 

Bahkan Evan Dimas nyaris memperbesar keunggulan Indonesia di menit 16. Hanya sepakannya di dalam kotak penalti Thailand masih melambung. Tidak ada lagi gol yang tercipta sehingga Indonesia untuk sementara ungul 1-0 sampai akhir babak pertama.

Di babak kedua, pelatih Indra Sjafri menarik Egy Maulana dan menggantikannya dengan Feby Eka Putra. Sementara Thailand memasukkan penyerang terbaiknya, Supachok Sarachat. 

Kehadiran Supachok menjadikan daya gedor Thailand lebih hidup. Mereka mampu menguasai permainan. Sebaliknya, Indonesia memperkuat sektor pertahanan dan mengandalkan serangan balik. 

Strategi serangan balik itu ternyata kerap menyulitkan diantisipasi Thailand. Beberapa kali serangan balik yang cepat dari Indonesia membuat pertahanan lawan kerepotan. 

Bahkan serangan balik lewat kolaborasi Saddil dan Osvaldo Haay membuahkan hasil yang memantapkan keunggulan Indonesia di menit 87. Pemain Thailand terlambat turun saat Saddil melakukan solo run. Saat kiper kiper Thailand Nont Muangngam maju untuk mempersempit ruang tembak, Saddil dengan cerdik memberikan bola kepada Osvaldo yang berdiri bebas. 

Pemain sayap Persebaya Surabaya ini sempat mengolah bola sebelum melepaskan tendangan kaki kiri ke sudut kiri gawang Thailand. Skor 2-0 untuk Indonesia bertahan sampai akhir pertandingan. []

Berita terkait
Egy Maulana Menangkan Timnas U-23 Lawan Iran
Tim nasional U-23 yang akan tampil di SEA Games 2019 meraih kemenangan 2-1 atas Iran U-23 di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu 16 November 2019.
Timnas U-22 Gagal Taklukkan Iran
Tim nasional Indonesia U-22 yang dipersiapkan tampil di SEA Games 2019 gagal menaklukkan Iran U-23
Laga Lawan Iran Jadi Pembuktian Pemain Timnas U-22
Tim nasional U-22 yang dipersiapkan ke SEA Games 2019 beruji coba melawan Iran U-23 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Bali, Rabu 13 November 2019.
0
Bela Orang Tua, Siswa di Maluku Bacok Guru
Tak terima orang tuanya ditikam, seorang siswa SMA di Desa Hulaliu, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku membacok seorang guru. Ini kronologinya.