UNTUK INDONESIA
Edhy Prabowo Tak Mau Tenggelamkan Kapal Seperti Susi
Menteri KKP Edhy Prabowo mengatakan tak akan menerapkan kebijakan menenggelamkan kapal-kapal asing pencuri ikan seperti Susi Pudjiastuti.
Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo mengamati suasana Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman, Muara Baru, Jakarta, Senin, 28 Oktober 2019.(Foto: Antara/Galih Pradipta)

Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo mengatakan tak akan menerapkan kebijakan menenggelamkan kapal-kapal asing pencuri ikan di wilayah perairan Indonesia seperti yang dilakukan Menteri KKP sebelumnya Susi Pudjiastuti. Karena Edhy memilih untuk menyerahkan kapal-kapal tersebut kepada para nelayan.

"Kapal yang ada ini, apa ada ribuan kapal, nah hasilnya apa. Ini bagaimana kalau kita serahkan. Kalau masih bagus untuk disita negara, kemudian kita reparasi untuk diserahkan ke nelayan," kata Edhy di Menara Kadin Jakarta, Senin, 18 November 2019 seperti dilansir dari Antara.

Rencananya, kapal-kapal sitaan Kejaksaan Agung itu akan dipilih yang kondisinya masih bagus. Kemudian akan direparasi, sebelum akhirnya dihibahkan kepada nelayan atau koperasi.

"Kita reparasi untuk diserahkan ke nelayan atau koperasi atau wilayah-wilayah yang paling banyak dicuri ikannya, ya kita kembalikan (kapal) ke daerah itu," ujarnya.

Susi PudjiastutiSusi Pudjiastuti. (Foto: Instagram/Susi Pudjiastuti)

Tapi yang jelas, kapal-kapal yang sudah direparasi itu tidak akan diserahkan secara sembarangan pada nelayan. Nantinya, akan ada ketentuan untuk memilih siapa nelayan yang berhak diberikan kapal, agar tidak dimanfaatkan untuk dijual kembali.

Kenapa Edhy tidak menerapkan kebijakan menenggelamkan kapal bukan karena tidak menghormati kebijakan Susi yang berhasil menenggelamkan 556 kapal asing pencuri ikan.

Namun, ia menilai penenggelaman kapal pencuri ikan tidak ada gunanya jika dilakukan tanpa adanya pembimbingan terhadap nelayan dan pembudi daya perikanan.

Rencana tersebut, kata dia sudah dipikirkan dan dikoordinasikan dengan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan dan Kementerian Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Untuk membuat nelayan asing jera dalam melakukan pencurian ikan di wilayah perairan Indonesia, Edhy akan meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan TNI AL, Polairud dan Ditjen Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (Ditjen PSDKP) KKP.

"Kita tidak pernah takut dengan nelayan asing, tetapi juga jangan semena-mena dengan nelayan sendiri, harus ada pembinaan," tutur Edhy. []

Berita terkait
KKP Menteri Susi Pudjiastuti Tenggelamkan Kapal Asing
Susi Pudjiastuti menenggelamkan sebanyak 21 unit kapal motor nelayan asing yang mencuri ikan di perairan Indonesia.
KKP Kembali Ikuti Pameran Seafood Terbesar di Jepang
Untuk ketiga kalinya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mengikuti Japan International Seafood and Technology Expo (JISTE).
Sikap Edhy Prabowo pada Oknum yang Curi BBM Nelayan
Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo akan menindak tegas oknum aparat yang menyelewengkan atau mencuri bahan bakar minyak untuk nelayan.
0
Pengakuan Menantu Bunuh Sadis Mertua‎ di Pemalang
Pembunuhan menantu terhadap mertua di Pemalang terungkap jelas. Sang menantu akhirnya membeber penyebab ia menggorok leher mertuanya.