UNTUK INDONESIA
Dukung Tenaga Medis Corona, AFPI Sumbang Ratusan APD
Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) berinisiasi mendonasikan ratusan alat pelindung diri (APD) kepada tenaga medis corona.
Sejumlah petugas Palang Merah Indonesia (PMI) membawa tulisan "Kami Tetap Bekerja Untuk Kalian, Kalian Tetap di Rumah Untuk Kami" di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Sabtu, 21 Maret 2020.(Foto: Antara/M Risyal Hidayat/aww)

Jakarta - Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) berinisiasi mendonasikan ratusan alat pelindung diri (APD) kepada tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam penanganan pandemi corona atau Covid-19 di Indonesia.

Kepala Bidang Humas dan Kelembagaan AFPI Tumbur Pardede mengatakan inisatif yang dilakukan AFPI dan anggotanya yang merupakan para penyelenggara Fintech Peer to Peer (P2P) Lending sebagai bentuk dukungan untuk memerangi Covid-19 bersama.

"Terdorong untuk menyerahkan donasi dan diharapkan bermanfaat bagi para tenaga medis untuk pemulihan kesehatan para pasien Covid-19," ujar Tumbur Pardede dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa, 31 Maret 2020 seperti dilansir dari Antara.

Baca juga: Jokowi Minta APD, Menperin Libatkan Industri Tekstil

Ia menjelaskan dalam pelaksanaannya, donasi APD dari AFPI akan disumbangkan melalui Dompet Dhuafa, Rumah Zakat, dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk distribusikan ke sejumlah rumah sakit. Untuk tahap pertama donasi APD dari 50 anggota AFPI berupa 185 paket senilai Rp 300 juta.

Dari 161 anggota AFPI, hingga kini ada 50 perusahaan yang sudah memberikan donasi untuk ikut berkontribusi membantu tenaga medis mendapatkan APD.

"AFPI dan para anggota terpanggil untuk mendampingi perjuangan tenaga medis dan pasien Covid-19 dalam melakukan perlawanan wabah corona ini," kata dia.

Sementara itu Ketua Harian AFPI, Kuseryansyah menyampaikan dengan penyaluran bantuan perlengkapan ADP diharapkan dapat mengurangi kesulitan para tenaga medis akan ketersediaan dan pengadaan alat-alat kesehatan yang diperlukan rumah sakit.

Padahal, alat-alat kesehatan dibutuhkan tenaga medis untuk menangani pasien positif virus corona, karena mereka yang paling rentan terhadap paparan Covid-19. []

Berita terkait
Optimalisasi Produksi APD di Tengah Pandemi Corona
Kementerian Perindustrian terus mendorong pengoptimalan produktivitas industri alat pelindung diri (APD) sebagai upaya penanganan Corona.
Bantu Awak Medis Covid-19, Anne Avantie Produksi APD
Perancang busana Anne Avantie mengubah bengkel produksi kebaya miliknya, menjadi pabrik pembuatan baju Alat Pelindung Diri (APD).
9 Produsen Alat Pelindung Diri (APD) di Indonesia
9 perusahaan ini masuk dalam prioritas utama mencegah virus corona dalam hal pemenuhan alat pelindung diri (APD) di Indonesia.
0
Anggota DPR Minta Data Penerima Bansos Diperbaiki
Anggota DPR, Intan Fauzi menyebutkan penyaluran dana bansos masih kerap salah sasaran akibat data penerima tidak valid.