UNTUK INDONESIA
Dua Wilayah Terkena Bom Bunuh Diri di Sumatera Utara
Dalam rentang waktu setahun, wilayah Sumatera Utara diserang terduga teroris yang melakukan bom bunuh diri. Pertama di Sibolga. Kedua, di Medan.
Polisi berjaga pascabom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, Sumut, Rabu, 13 November 2019. (Foto: Antara/Irsan Mulyadi)

Jakarta - Bom bunuh diri kembali gegerkan wilayah Sumatera Utara (Sumut). Kali ini, bom meledak di Markas Polrestabes Medan, Jalan HM Said, Kecamatan Medan Timur, Rabu pagi, 13 November 2019.

Seperti diwartakan Tagar sebelumnya, awalnya, dua orang yang menggunakan jaket ojek online (ojol) memasuki lokasi kejadian melalui pintu masuk utama, melewati anggota Kepolisian yang sedang berjaga.

Ledakan tersebut mengakibatkan istri dan anak terduga teroris (Husein) meninggal dunia.

Tidak lama setelah tiba di lokasi kejadian, tepatnya di area loket pengurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) diduga pelaku yang menggunakan pakaian ojol itu meledakkan diri.

Namun, hingga kini personel kepolisian baru mendapati satu jenazah yang diduga pelaku bom bunuh diri. Pria itu tewas di tempat.

Bom SibolgaKondisi di rumah yang diduga ada bom yang meledak di Jalan KH Ahmad Dahlan, Gang Sekuntum, Kelurahan Pancuran Bambu, Kecamatan Sibolga Sambas, Siboga, Selasa (12/3/2019). (Foto: Antara Sumut/Ist)

Sebelumnya, insiden bom bunuh diri ini pernah terjadi di dua titik di wilayah Sibolga, Sumatera Utara (Sumut).

Pertama, terjadi ledakan bom di sekitar rumah terduga teroris Husein alias Abu Hamzah, di Jalan Cendrawasih, Kelurahan Pancuran Bambu, Selasa, 12 Maret 2019.

Ledakan bom saat itu mengakibatkan ratusan rumah warga mengalami rusak ringan dan berat, sehingga warga di sekitar lokasi kejadian harus diungsikan. Dari data kelurahan, tercatat sebanyak 155 unit rumah rusak akibat ledakan bom.

Kemudian pada Rabu dini hari, 13 Maret 2019, bom kembali meledak di rumah Husein. Perempuan berinisial M alias S yang merupakan istri Husein, meledakkan diri bersama anaknya usai negosiasi dengan aparat kepolisian selama 10 jam berjalan alot.

"Dugaan sementara, ledakan (bom) tersebut mengakibatkan istri dan anak terduga teroris (Husein) meninggal dunia," kata Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo, di Medan, Sumatera Utara, Rabu, 13 Maret 2019. []

Berita terkait
Bom Bunuh Diri Medan, Pelaku Pakai Jaket Ojek Online
Kota Medan, Sumatera Utara digegerkan dengan meledaknya bom di Markas Polrestabes Medan.
Bom di Polrestabes Medan
Pada 13 November 2019 pukul 08.45 WIB di Polrestabes Medan Jalan HM Said, Kota Medan, diperoleh informasi telah terjadi bom bunuh diri.
Jokowi Serahkan Rp 1,451 Miliar untuk Korban Ledakan Bom Sibolga
Presiden Joko Widodo mengunjungi warga korban goncangan bom di Kota Sibolga, Minggu (17/3) sekitar pukul 12.15 WIB.
0
Ibu Paksa Anak Mengemis di Makassar Tes Kejiwaan
Tersangka menjalani pemeriksaan di P2TP2A Makassar untuk mengetahui kondisi kejiwaan ibu ini.