UNTUK INDONESIA
Dua Pekan Cerah, Hujan Deras di Hari Penutupan Asian Games 2018
Dua pekan cuaca cerah saat pelaksanaan Asian Games, kemudian hujan deras Minggu sore (2/9) jelang penutupan Asian Games 2018.
Patung Arjuna memanah sebagai maskot Asian Games ke-4 tahun 1962 menjadi daya tarik menjelang penutupan Asian Games 2018 di kawasan stadion utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (1/9/2018). Kontingen Indonesia menduduki peringkat keempat perolehan medali keseluruhan dengan raihan 31 emas, 24 perak dan 43 perunggu. (Foto: Antara/INASGOC/Oscar Motuloh)

Jakarta, (Tagar 2/9/2018) - Dua pekan cuaca cerah saat pelaksanaan Asian Games, kemudian hujan deras pada Minggu sore (2/9) jelang penutupan Asian Games 2018. 

Pengunjung Asian Fest berhamburan mencari tempat berteduh di tengah hujan lebat yang turun menjelang acara penutupan Asian Games 2018 di Kompleks Olahraga Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta dilansir Antara.

Di saat rintik mulai turun sekitar pukul 16.30 Wib, dan 10 menit kemudian, dilanjutkan dengan hujan lebat, ribuan pengunjung yang sudah terlanjur masuk kawasan GBK langsung berdesakan ke tenda-tenda penjual dan sponsor.

Akan tetapi, tenda-tenda penjual dan stan sponsor tidak mampu menampung ribuan pengunjung yang tengah berada di Kompleks Olahraga GBK.

Alhasil, banyak pengunjung akhirnya berteduh di teras depan Istora, dan halte-halte tempat pemberhentian Transjakarta yang tidak beroperasi di kawasan dalam Kompleks Olahraga GBK pada hari terakhir penyelenggaraan Asian Games 2018.

Walau hujan lebat mengguyur Kompleks Olahraga GBK, acara hiburan di Asian Fest, khususnya yang berlangsung di Zona Atung masih terus berjalan.

Dari pantauan, pertunjukan musik masih terus berlangsung walaupun hujan turun.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebelumnya memprediksi hujan berintensitas sedang hingga lebat disertai petir akan turun di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabeka) pada Sabtu sore hingga malam.

"Peringatan dini cuaca Jabodetabek pada 1 September 2018 pukul 18.30 Wib berpotensi hujan sedang-lebat disertai petir," kata BMKG dalam pernyataan tertulis di laman resminya, Sabtu.

BMKG memperkirakan hujan lebat akan berlangsung hingga pukul 21.00 Wib.

Tak Surutkan Semangat

Hujan yang turun di wilayah DKI Jakarta, termasuk kawasan Gelora Bung Karno (GBK) tidak menyurutkan semangat pengunjung untuk menyaksikan acara penutupan Asian Games 2018, Minggu.

Eka, pengunjung asal Jakarta mengaku tetap akan menyaksikan acara yang digadang-gadang sama spektakulernya dengan acara pembukaan Asian Games 2018 tersebut, meskipun dalam kondisi hujan.

Kendati tidak mendapatkan tiket acara tersebut, Eka berkeinginan nonton bareng acara tersebut melalui layar besar di Zona Atung dan Kaka.

"Tetap semangat pokoknya. Nanti kalau sudah reda langsung ke zona Atung," katanya.

Hal senada disampaikan Niken, pengunjung asal Surabaya, Jawa Timur, yang sempat kecewa karena gagal mendapatkan tiket masuk acara penutupan Asian Games 2018.

"Saya sudah pantengin tiga online shop untuk beli tiket, tapi tidak ada yang dapat," ungkapnya. 

Untuk itu, penggemar grup iKON dan Super Junior ini datang ke GBK untuk berusaha mendapatkan tiket, namun ternyata gagal.

Dengan begitu, Niken memutuskan untuk nonton bareng di layar besar, meskipun kondisinya masih hujan.

"Kita tak apa basah-basahan, yang penting oppa-oppa itu bisa tampil maksimal," kelakarnya.   

Hingga pukul 16.57 Wib, hujan dengan intensitas sedang hingga deras masih mengguyur GBK. 

Terlihat seluruh pengunjung di Zona Bhin-bhin mencari tempat untuk berteduh di bawah tenda yang tersedia.

Hujan deras mengguyur area kompleks olahraga Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta jelang penutupan Asian Games 2018, Minggu.

Ketika hujan mulai turun, para pengunjung di area festival yang tak kebagian tiket untuk masuk stadion sudah mulai berkumpul untuk nonton bareng di depan layar besar.

Saat ini para pengunjung sudah mulai memasuki stadion. Derasnya hujan berkebalikan dengan suasana Asian Games selama dua pekan belakangan yang langitnya selalu cerah.

Upacara penutupan Asian Games 2018 akan diramaikan sederet musisi Indonesia dan Asia, di antaranya Bunga Citra Lestari, Isyana Sarasvati, RAN, Denada, Gigi, Dira Sugandi, Winky Wiryawan, JFlow, Lea Simanjutak, Siti Badriah, Jevin Julian, Bams, Alffy Rev, Irfan Samsons, Ade Govinda.

Pecinta K-pop bisa menikmati penampilan grup terkemuka Super Junior dan iKon, ada pula Siddharth Slathia yang menyanyikan lagu Meraih Bintang versi India. []

Berita terkait
0
Masker Sitaan Polisi Dijual Rp 4.400 per Bungkus
Polisi menjual masker hasil sitaan tersangka penimbun dengan harga Rp 4.400 per bungkus.