UNTUK INDONESIA
Dua Kasus Baru Positif Covid-19 di Kulon Progo
Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kulon Progo bertambah dua, hingga total pasien Covid-19 berjumlah 33 kasus.
Juru bicara gugus tugas penanggulangan Covid-19 Kulon Progo, Baning Rahayujati. (Foto: Tagar/Harun Susanto).

Kulon Progo - Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kulon Progo, masih belum menunjukkan tren penurunan. Justru yang ada adalah penambah kasus baru. Pada Sabtu 1 Agustus 2020, dilaporkan ada dua kasus baru, dan total kasus positif Covid-19 di Kulon Progo menjadi 33 kasus.

Dari total sebanyak 33 kasus tersebut, 10 orang masih dirawat di rumah sakit, dan 23 orang lainnya dinyatakan sembuh.

Jangan terlena, seakan-akan sudah aman. Perlu diingat jika Covid-19 adalah ancaman dan masih ada hingga sekarang.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kulon Progo Baning Rahayujati membenarkan adanya penambahan dua kasus baru tersebut.

Pasien pertama yaitu kasus KP-32, adalah seorang laki-laki berumur 24 tahun yang berdomisili di Kapanewon Wates. Saat ini masih dilakukan tracing atau pelacakan kepada riwayat kontak erat.

"Status pasien ini tanpa gejala," ujar Baning Rahayujati, di Kulon Progo, Sabtu 1 Agustus 2020.

Sedangkan untuk kasus KP-33, lanjut Baning, adalah perempuan berusia 45 tahun, yang berdomisili di Kapanewon Pengasih dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) di Temon. Pasien tersebut memiliki riwayat perjalanan dari Jakarta, dan kini berstatus tanpa gejala.

"Keduanya, kini diisolasi di RSUD Wates," ucap Baning.

Atas adanya penambahan kasus positif ini, masyarakat di imbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan penanggulangan Covid-19. Protokol tersebut seperti jaga jarak lebih dari 1 meter, memakai masker didalam maupun diluar ruangan, sesering cuci tangan dengan sabun di air mengalir, menghindari kerumunan.

Jika terpaksa mendatangi tempat keramaian, maka masyarakat tetap harus taat pada protokol kesehatan. Jika diperlukan masyarakat bisa menggunakan face shield (pelindung wajah).

Terpisah, Bupati Kulon Progo, Sutedjo mengatakan, masyarakat jangan sampai terjebak dengan kondisi seperti sekarang ini sehingga mengabaikan protokol kesehatan.

"Jangan terlena, seakan-akan sudah aman. Perlu diingat jika Covid-19 adalah ancaman dan masih ada hingga sekarang," ucap Sutedjo. []

Berita terkait
Operasi PKL Bandel Saat Pandemi di Kulon Progo
Satpol PP Kulon Progo menggelar operasi non yustisi di tengah pandemi corona. Hasilnya masih ditemukan PKL yang bandel, berjualaan di bahu jalan.
Ada Turis Tak Patuh Protokol Corona di Kulon Progo
Objek wisata di Kulon Progo sudah dibuka meski kasus corona belum mereda. Pengelola masih menemukan wisatawan tak patuh protokol kesehatan.
Simmade, Bikin SIM Lebih Mudah di Kulon Progo
Warga Kulon Progo, Yogyakarta kini bikin SIM lebih mudah setelah diluncurkan program Simmade. Berikut keunggulan dan lokasinya.
0
Dua Kasus Baru Positif Covid-19 di Kulon Progo
Kasus positif Covid-19 di Kabupaten Kulon Progo bertambah dua, hingga total pasien Covid-19 berjumlah 33 kasus.