UNTUK INDONESIA
DPRD Ngebut Tentukan Wakil Anies Baswedan Bulan Ini
DPRD DKI Jakarta ngebut menentukan pendamping Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hingga akhir bulan ini.
Terdengar sorak sorai "presiden, presiden, presiden" dari mulut ribuan massa pada saat Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan hendak memberikan sambutan di acara Reuni Akbar 212 pada 2 Desember 2019 pagi hari. (Foto: Tagar/Nurul Yaqin)

Jakarta - DPRD DKI Jakarta ngebut menuntaskan tata laksana pemilihan wakil gubernur (wagub) DKI. Wakil Ketua DPRD DKI Mohamad Taufik optimis Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan memiliki wakil pada bulan ini.

"Bulan Februari ini mesti selesai (pemilihan wagub)," kata Taufik usai menetapan jadwal pengesahan tata tertib (tatib) pemilihan wagub, Jakarta, Senin, 10 Februari 2020.

Besok Rapimgab, habis itu baru paripurna.

Menurut jadwal yang baru ditetapkan, kata Taufik, rapat pimpinan gabungan (Rapimgab) akan digelar besok, Selasa, 11 Februari 2020. Dalam rapat itu, tatib akan dibahas sebelum dipindahkan ke sidang paripurna untuk disahkan. "Besok Rapimgab, habis itu baru paripurna," ujar Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta ini.

Setelah tatib disahkan, lanjut Taufik, panitia pemilihan (Panlih) dibentuk. Panlih yang beranggotakan perwakilan fraksi inilah yang kemudian memeriksa persyarat cawagub sebelum sidang paripurna pengesahan wagub terpilih.

Sementara Wakil Ketua DPRD lainnya, Zita Anjani, merasa heran dengan kehendak proses pemilihan wagub dikebut. Sebagai salah satu pimpinan DPRD, Zita mengaku tak pernah mengetahui isi tatib buatan anggota Dewan periode sebelumnya itu.

"Kenapa kami diminta untuk mengesahkan tatib yang lama, padahal bentuknya saja kami belum pernah liat. Tatib ini apakah memenuhi keingintahuan publik atau tidak. Saya rasa aneh yang mau cepat-cepat," kata Zita di Jakarta, Kamis 6 Februari 2020.

Dia juga menuding tatib saat ini cacat hukum. Dengan demikian, ia meminta pansus dibentuk untuk merumuskan rancangan tatib baru.

"Kita berpikir hukum. Produk hukum yang dikerjakan (anggota) Dewan lama yang belum selesai itu kan enggak ada kekuatan hukumnya. Tatib belum selesai, ujuk-ujuk mau dibawa ke Dewan yang sekarang, lalu disahkan, bentuknya aja saya belum pernah lihat," ujar penasihat Fraksi PAN DPRD DKI ini.

Tapi Taufik menantang pandangan Zita. Bagi Taufik, tatib yang ada sekarang produk sah lantaran dibuat oleh lembaga yang sah.

Sebab itu, dia menilai tak ada lagi hambatan besar yang membuat pemilihan wagub DKI ini tertuda lagi. Taufik yakin, Anies Baswedan bakal segera memiliki pendamping: Riza Patria dari Gerindra atau Nurmansjah Lubis asal PKS.

"Ya Insya Allah tidak terlalu lama. Tidak lama-lama lah. Segera disahkan. Buat apa lama lama," tutur Taufik. []

Baca juga: 

Berita terkait
Pimpinan DPRD 'Ribut' Soal Pansus Cawagub DKI
Dua pimpinan DRPD DKI Jakarta Mohamad Taufik dan Zita Anjani ribut soal panitia khusus (pansus) pemilihan cawagub DKI.
Fit Proper Test Cawagub DKI, PAN: Kenapa Tak Setuju?
Penasihat Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta Zita Anjani mempertanyakan pihak mana yang tidak menyetujui fit and proper test cawagub DKI Jakarta.
PKS dan Gerindra Deadlock Soal Cawagub DKI Jakarta?
PKS dan Gerindra mengalami jalan buntu atau deadlock soal calon Wakil Gubernur (cawagub) DKI Jakarta.
0
Rishi Kapoor Meninggal Dunia, Bollywood Berduka
Kabar duka cita kembali datang dari dunia perfilman Bollywood. Aktor senior asal India, Rishi Kapoor, dikabarkan meninggal dunia.