UNTUK INDONESIA
DPRD Minta Pemkot Tangerang Maksimal Layani Rakyat
Anggaran DPRD Kota Tangerang, Banten, dihibahkan untuk penanggulangan wabah Covid-19, DPRD meminta Pemkot maksimal tangani pandemi
Andri Permana (Kanan) saat berdialog dengan Wali Kota Tangerang (Arief S Wismansyah). (Foto: Tagar/Mauladi Fachrian).

Kota Tangerang - Menyikapi pandemi virus corona (Covid-19) yang tak kunjung reda, seluruh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tangerang, Banten, mengeluarkan kebijakan untuk menghibahkan gaji di bulan April 2020 ini khusus untuk bantuan penanganan menghadapi wabah virus Corona.

Andri Permana, Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Kota Tangerang, mengatakan bahwa dalam situasi sulit seperti ini sudah seharusnya elite politik menunjukkan keberpihakannya kepada rakyat yang sedang gelisah di tengah geliat pandemi Covid-19.

Ia menambahkan, selain menghibahkan gaji, wacana Ketua DPRD Kota Tangerang yakni mengalihkan anggaran pembangunan gedung DPRD untuk anggaran pemberantasan Covid-19 adalah wujud dari keberpihakan anggota dewan kepada rakyat. "Kebijakan Anggaran adalah wujud dari keberpihakan kepada rakyat," katanya kepada Tagar, Senin, 6 April 2020.

Lebih lanjut dia mengatakan soal pengalihan anggaran pembangunan gedung DPRD tersebut hendaknya dengan segera ditindaklanjuti oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang. Sebab, menurutnya hari ini tak ada yang lebih penting selain fokus pada kebijakan anggaran pada penanggulangan Covid-19 di Kota Tangerang. "Menurut saya kebijakan seperti ini menjadi hal yang sangat dinantikan oleh masyarakat," kata Andri.

Andri juga menyoroti soal fasilitas kesehatan yang ada di Kota Tangerang. Selain anggaran bantuan sosial dan variabel kegiatan pencegahan lainnya, dikatakannya peningkatan kapasitas pelayanan kesehatan menjadi variabel utama dalam penanggulangan Covid-19.

Politisi PDI Perjuangan itu juga meminta agar demi terciptanya percepatan penanganan Covid-19 di Kota Tangerang, sudah seharusnya Wali Kota memimpin langsung gugus penanganan Covid-19 dengan melibatkan seluruh elemen yang ada di Kota Tangerang. "Setelahnya percepat Penetapan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) karena itu juga menjadi hal yang mendesak demi suksesnya program terkait percepatan penanganan Covid-19 di Kota Tangerang," ungkap Andri.

Sebelumnya, Ketua DPRD Kota Tangerang telah menyebutkan bahwa seluruh anggota DPRD Kota Tangerang juga telah sepakat dengan kebijakan menghibahkan gaji di bulan April dan mengalihkan anggaran pembangunan gedung DPRD dengan nilai sebesar 40 Miliar untuk penanganan Covid-19.

“Seluruh anggota dewan pada bulan April ini, gajinya akan disumbangkan untuk biaya penanggulangan Covid-19. Selain itu seluruh anggota DPRD sudah sepakat untuk anggaran pembangunan gedung DPRD yang baru boleh digunakan untuk penanggulangan Covid-19 jika dibutuhkan,” katanya.

Selain menghibahkan gaji dan mengalihkan anggaran pembangunan gedung DPRD, Gatot juga tidak mempermasalahkan jika nantinya ada pemangkasan kegiatan anggota Dewan selagi masih dalam lingkup penanganan Covid-19. "Namun, pemangkasan kegiatan DPRD harus dengan catatan, yang mana anggaran tersebut harus sesuai peruntukannya dan dapat dipertanggungjawabkan," ujarnya. []

Berita terkait
DPRD Tangerang: Pemkot Transparan Penanganan Corona
DPRD Kota Tangerang mendorong angka bantuan penanganan Corona. Namun, Pemkot Tangerang harus transparan dalam pelaksaan penanganan pencegahan.
0
Tips Ampuh Mencegah Asam Lambung Naik Selama Puasa
Asam lambung bisa terjadi selama puasa karena tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dalam waktu yang cukup lama.