DPRD Minta Pemkab Bogor Siapkan Konsultasi Online Covid-19

Pasien isolasi mandiri perlu mendapatkan pemahaman melalui aplikasi telemedicine agar bisa berkonsultasi secara online di rumah.
(Foto: Tagar/Susilo Utomo)

Jakarta - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bogor mengusulkan kepada pemerintah Kabupaten Bogor untuk menyiapkan aplikasi konsultasi online penanganan Covid-19.

"Mereka yang isolasi mandiri juga tetap harus diberikan pendampingan konsultasi yang pada saat seperti ini bisa menggunakan aplikasi konsultasi dokter secara online," kata Ketua DPRD Rudy Susmanto, Senin, 5 Juli 2021.


Pemerintah sudah menyiapkan beberapa aplikasi telemedicine melalui Kemenkes dan ini harus termanfaatkan betul.


Pasien isolasi mandiri, kata dia, perlu mendapatkan pemahaman melalui aplikasi telemedicine agar bisa berkonsultasi secara online di rumah.

"Pemerintah sudah menyiapkan beberapa aplikasi telemedicine melalui Kemenkes dan ini harus termanfaatkan betul agar pemerintah mulai dari tingkat kabupaten hingga desa bisa memberikan edukasi kepada pasien isoman," katanya.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Agus Salim meminta kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bogor untuk berperan aktif mensukseskan PPKM Darurat agar sebaran Covid-19 bisa ditekan dan diminimalisir.

"Tetap dirumah jika tidak ada keperluan mendesak, menerapkan protokol kesehatan 5M dan bagi para ASN dan pegawai bisa dilonggarkan kegiatan kantornya untuk WFH dirumah, semua demi kebaikan bersama agar sebaran Covid-19 bisa ditekan di Kabupaten Bogor," kata dia.

Seperti diketahui, Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan menyediakan jasa aplikasi telemedicine dengan menggandeng 11 platform kesehatan swasta, yakni Alodokter, Getwell, Good Doctor, Halodoc, Klik Dokter, KlinikGo, Link Sehat, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, YesDok. Aplikasi tersebut dapat diakses pasien isolasi mandiri secara gratis. []

Baca Juga: DPRD Kabupaten Bogor Kunjungi Lokasi Isolasi Covid-19

Berita terkait
Pebalap Muda Kabupaten Bogor Naik Podium di Balapan Oneprix 2021
Balap motor Oneprix Championship 2021 kembali digelar di sirkuit Sentul International Karting, Bogor, Jawa Barat. Pebalap muda Bogor naik podium.
Ketua DPRD: HJB ke-539 Momentum Kebangkitan Kabupaten Bogor
Ketua DPRD Kabupaten Bogor Rudy Susmanto mengatakan Hari Jadi Bogor yang ke-539 hendaknya menjadi momentum kebangkitan Kabupaten Bogor.
Wamenlu Dukung Program Sport and Tourism Kabupaten Bogor
Wamenlu Mahendra Siregar mengatakan dukung sepenuhnya program sport and tourism yang ditawarkan Pemerintah Kabupaten Bogor.
0
DPRD Minta Pemkab Bogor Siapkan Konsultasi Online Covid-19
Pasien isolasi mandiri perlu mendapatkan pemahaman melalui aplikasi telemedicine agar bisa berkonsultasi secara online di rumah.