DPR Tetapkan 9 Calon Anggota Komnas HAM 2022-2027

DPR RI resmi menetapkan 9 komisioner Komnas HAM periode 2022-2027 terpilih dalam rapat paripurna yang digelar hari ini, Selasa, 4 Oktober 2022.
DPR Tetapkan 9 Calon Anggota Komnas HAM 2022-2027. (Foto: Tagar/DPR RI)

TAGAR.id, Jakarta - DPR RI resmi menetapkan 9 komisioner Komnas HAM periode 2022-2027 terpilih dalam rapat paripurna yang digelar hari ini, Selasa, 4 Oktober 2022. 

Sembailan komisioner ini sudah melewati proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) di Komisi III DPR RI.

"Apakah laporan komisi III DPR RI atas hasil uji kelayakan anggota Komnas HAM RI periode 2022-2027 tersebut dapat disetujui?" tanya Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, diikuti seruan setuju anggota dewan yang hadir di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.


Komisi III sangat memandang penting dibutuhkan anggota Komnas HAM yang memiliki integritas, berkualitas, profesional dan kredibel dalam menjalankan tugas.


Dalam laporannya, Wakil Ketua Komisi III DPR Pangeran Khairul Saleh mengatakan, DPR melakukan fit and proper test terhadap 14 nama calon komisioner Komnas HAM pada Jumat, 30 September 2022 dan Senin, 3 Oktiber 2022.

Kemudian, Komisi III DPR RI menggelar rapat pleno pada Senin kemarin untuk memutuskan bahwa 9 orang calon komisioner Komnas HAM RI.

Dalam rapat pleno tersebut, Komisi III DPR telah menyepakati Atnike Nova Sigiro sebagai ketua Komnas HAM RI periode 2022-2027. 

"Komisi III sangat memandang penting dibutuhkan anggota Komnas HAM yang memiliki integritas, berkualitas, profesional dan kredibel dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagaimana diatur dalam ketentuan perundang-undangan sehingga dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Komnas HAM dalam penegakan HAM di Indonesia," ucap Pangeran.

Adapun, 9 calon anggota Komnas HAM terpilih, yaitu:

  1. Abdul Haris Semendawai
  2. Anis Hidayah
  3. Atnike Nova Sigiro (Ketua)
  4. Hari Kurniawan
  5. Prabianto Mukti Wibowo
  6. Pramono Ubaid Tanthowi
  7. Putu Elvina
  8. Saurlin P Siagian
  9. Uli Parulian Sihombing. []
Berita terkait
Dirjen Polpum Bahtiar Wakili Pemerintah Matangkan PKPU dalam RDP bersama DPR dan Penyelenggara Pemilu
Komisi II DPR RI melaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Pemerintah, KPU, Bawaslu, dan DKPP sebagai penyelenggara Pemilu.
DPR Pertanyakan Pembiayaan BSI untuk UKM
Bank Syariah Indonesia (BSI) mengalami penurunan kinerja khusus untuk pembiayaan usaha kecil menengah (UKM). Simak penjelasannya.
Anggota DPRD Kabupaten Bogor Aan Triana Al Muharom Blusukan ke Warga Korban Tanah Longsor di Cibugis
Dalam kunjungannya, Aan Triana al Muharom menyampaikan, sebanyak 200 paket sembako disalurkan untuk meringankan warga terdampak.
0
DPR Tetapkan 9 Calon Anggota Komnas HAM 2022-2027
DPR RI resmi menetapkan 9 komisioner Komnas HAM periode 2022-2027 terpilih dalam rapat paripurna yang digelar hari ini, Selasa, 4 Oktober 2022.