UNTUK INDONESIA
DPR Minta Polisi Selidiki Penyebab Kejagung Terbakar
Anggota Komisi III DPR, Wihadi meminta pihak kepolisian menyelidiki penyebab kebakaran besar yang terjadi di gedung Kejaksaan Agung (Kejagung).
Gambar dari udara gedung utama Kejaksaan Agung yang terbakar di Jakarta, difoto Minggu (23/8/2020). (foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra/foc).

Jakarta - Anggota Komisi III DPR, Wihadi Wiyanto meminta pihak kepolisian menyelidiki penyebab kebakaran besar yang terjadi di gedung Kejaksaan Agung (Kejagung), Jalan Hasanuddin Dalam, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Sabtu malam, 22 Agustus 2020.

"Perlu diselidiki apakah itu memang ada kesengajaan atau benar-benar terbakar,” kata Wihadi saat dihubungi wartawan, Sabtu, 22 Agustus 2020.

Bagaimana pun juga di Kejaksaan banyak arsip-arsip tentang kasus-kasus besar dan kasus korupsi lainnya yang belum terselesaikan

Menurutnya, hal itu perlu dilakukan karena banyak kasus besar yang kini ditangani lembaga pimpinan Jaksa Agung ST Burhanuddin. Diantaranya, Kasus korupsi Djoko Tjandra, Kasus korupsi PT Jiwasraya dan lainnya.

"Polisi yang mengusut itu," ujarnya.

Politisi Partai Gerindra ini juga mengaku prihatin dengan peristiwa tersebut. Selain itu, dia juga mengimbau agar aparat kepolisian segera menyelidiki kebakaran itu, apakah kejadian itu disengaja atau tidak.

"Bagaimana pun juga di Kejaksaan banyak arsip-arsip tentang kasus-kasus besar dan kasus korupsi lainnya yang belum terselesaikan," kata dia.

Lantas, dia juga berharap tempat penyimpanan arsip-arsip kasus penting yang tengah ditangani Kejagung tidak ikut terbakar.

"Karena kalau itu gedung yang di depan, gedung pidsus kan di belakang aman itu. Kita harapkan tidak ada berkas-berkas yang ikut terbakar," ucap Wihadi.

Seperti diketahui, Kantor Kejaksaan Agung di Jalan Sultan Hasanudin Dalam, Nomor 1, RT 011/RW 007, Kelurahan Kramat Pela, Kecamatan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, terbakar pada Sabtu malam, 22 Agustus.

Api menyala sekitar pukul 19.10 WIB. Setelah menerima laporan, pihak pemadam kebakaran langsung mengerahkan mobil pemadam ke lokasi.

Kebakaran terjadi di Gedung Utama Kejaksaan Agung yang berada persis di balik gerbang utama Korps Adhyaksa itu. Diduga, api berasal dari lantai 6 Gedung Utama.

Mulanya, kebakaran besar terjadi di sisi utara sebelah kanan gedung lalu merembet hingga ke sisi tengah, hingga ke sisi selatan.[]

Berita terkait
Kejagung Diminta Bersihkan yang Jual Nama Kejaksaan
Pakar imbau Jaksa Agung ST Burhanuddin segera membersihkan kejaksaan dari pihak-pihak tak bertanggungjawab yang memanfaatkan institusinya.
Kejagung Kebakaran, Polisi Kirim Tim Labfor - Inafis
Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Nana Sudjana mengirim tim laboratorium forensik (labfor) dan Inafis untuk mengungkap kebakaran di Kejagung RI.
Kebakaran di Kejagung, Polisi Periksa Beberapa Saksi
Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Nana Sudjana mengatakan kepolisian akan memeriksa beberapa saksi soal kebakaran Gedung Kejaksaan Agung (Kejagung).
0
Kata Dewan soal Ramai Warga Tamiang Tak Punya Akta Kelahiran
Disdukcapil Aceh Tamiang mencatat 147.324 warga Aceh Tamiang belum memiliki akta kelahiran.