UNTUK INDONESIA
Downdetector, Situs Pemantau Instagram Error
Downdetector menyajikan layanan informasi pemantau apakah layanan sejumlah situs termasuk Instagram error atau tidak.
Logo layanan Downdetector.

Jakarta - Media sosial Instagram yang belakangan kerap error atau mengalami down di saat-saat yang tidak terduga, membuat warganet pengguna layanan situs berbagi foto dan video itu sering merasa dikecewakan. Padahal, terdapat laman untuk mengetahui masalah tersebut.

Salah satu situs langganan untuk mencari tahu permasalahan Instagram, WhatsApp atau Facebook down adalah laman Downdetector, yang memiliki fungsi untuk mendeteksi problem jika sejumlah layanan media sosial tengah bermasalah atau tidak bisa digunakan.

Laman tersebut menyajikan informasi status layanan apa pun yang kerap digunakan pengguna internet, seperti media sosial, televisi internet atau berbagai aplikasi daring lainnya. Situs ini dimiliki dan dioperasikan secara independen oleh Ookla, LLC yang juga pengelola dan pembuat aplikasi speedtest.net.

Ilustrasi Instagram.Ilustrasi Instagram. (Ist)

Situs Downdetector memiliki cara kerja sederhana, yakni mengumpulkan laporan status dari serangkaian sumber melalui analisis realtime dari data sebuah layanan. Sehingga mereka dapat menginformasikan adanya gangguan dari sebuah layanan pada waktu yang terbilang cepat.

Sistem mereka akan mendeteksi suatu layanan tengah bermasalah, dari melonjaknya laporan masyarakat. Salah satu yang dijadikan sumber analisis adalah rujukan laporan dari media sosial Twitter.

Baca juga: Transaksi Palsu dalam Pesta Diskon Belanja Online

Jika terjadi lonjakan laporan yang signifikan terhadap baseline, mereka akan melacak laporan untuk setiap perusahaan pada halaman terpisah dan akan menerbitkan pembaruan singkat setelah masalah ditentukan.

Dari informasi yang kemudian disajikan, para pengguna internet bisa mengetahui layanan yang mereka nikmati tengah mengalami gangguan atau sebaliknya. []

Berita terkait
Instagram Down Melanda Sejumlah Kota di Indonesia
Sejumlah warganet mencuitkan keluhan mereka yang ditandai dengan tagar Instagram Down dan menjadi trending topic Twitter.
Instagram Hilangkan Fitur Like ke Pengguna Indonesia
Instagram resmi memberlakukan perluasan uji coba menghilangkan like pada foto dan video yang diunggah pengguna Instagram di Indonesia.
Tanda Tangan Elektronik Beri Jaminan Transaksi Aman
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan Tanda Tangan Elektronik untuk menjamin keaslian dokumen dan transaksi elektronik.
0
PKM di Semarang Halau Ratusan Kendaraan Pemudik
Ratusan kendaraan pemudik diputar balik petugas di pos perbatasan Semarang. Petugas juga menghalau pengendara yang bersuhu tubuh tinggi.