UNTUK INDONESIA
Dortmund vs Barcelona, Susunan Pemain dan Prediksi
Laga besar Liga Champions saat Borussia Dortmund menjamu Barcelona, Rabu 18 September 2019 pukul 02.00 dini hari WIB.
Laga besar Liga Champions saat Borussia Dortmund menjamu Barcelona di Signal Iduna Park, Rabu 18 September 2019 pukul 02.00 dini hari WIB. Pemain Dortmund saat merayakan gol di sebuah pertandingan. (foto: bleacherreport.com)

Jakarta - Laga besar di penyisihan grup Liga Champions langsung tersaji saat Borussia Dortmund menjamu Barcelona di Signal Iduna Park, Rabu 18 September 2019 pukul 02.00 dini hari WIB. Dortmund yang bertindak sebagai tuan rumah dan sedang on fire sedikit diunggulkan di laga Grup F tersebut. Namun bursa justru mengunggulkan Barca. 

Grup F merupakan paling berat karena bercokol dua raksasa Eropa, Dortmund dan Barca. Selain itu masih ada Inter Milan yang merupakan lawan berat. Sedangkan Slavia Prague menjadi kuda hitam yang bisa mengejutkan siapa pun. 

Dortmund menjadi lawan yang harus diperhitungkan Barca. Mereka mengawali kompetisi Bundesliga dengan hasil memuaskan. Dari empat pertandingan pertama, mereka hanya kalah sekali dan tiga kali menang dengan skor besar. 

Terakhir, Dortmund menghajar Bayer Leverkusen 5-0. Di laga perdana Bundesliga, tim yang pernah ditangani Juergen Klopp ini menaklukkan Augsburg 5-1. Sedangkan satu-satunya kekalahan dialami saat Dortmund dipaksa menyerah 1-3 oleh Koln. 

Dortmund juga memulai kompetisi dengan hasil gemilang. Mereka sudah langsung memetik trofi juara saat memenangi DFL Supercup dengan mengalahkan rival bebuyutan, Bayern Munich 2-0. 

Di laga ini, tuan tumah hanya kehilangan bek Lukasz Piszczek yang belum pulih dari cedera. Posisinya digantikan Achraf Hakimi. 

Dengan skema 4-2-3-1, pelatih Lucien Favre menempatkan Raphael Guerreiro di posisi bek kiri. Sedangkan Mats Hummels dan Manuel Akanji kembali bertugas di jantung pertahanan. Keduanya tampil gemilang saat melawan Leverkusen. 

Duet gelandang bertahan akan diserahkan kepada Thomas Delaney dan Axel Witsel. Performa gemilang mereka menjadikan duet itu tak tergantikan.

Sedangkan tiga pemain yang menopang striker tim nasional Spanyol Paco Alcacer, tak lain Julian Brandt, Marco Reus dan Jadon yang kian matang bersama klub dan timnas Inggris. Reus juga merupakan pemain senior yang bakal menjadi momok bagi pertahanan Blaugrana

Lionel Messi Belum Fit

Barca masih tanpa Lionel Messi yang belum sepenuhnya fit setelah pulih dari cedera betis. Dirinya sudah bisa bergabung untuk mengikuti latihan bersama tim, namun pelatih Ernesto Valverde tak ingin mengambil risiko menurunkannya. Apalagi Messi belum sekalipun dimainkan sejak digulirkannya kompetisi musim ini. 

Meski demikian, kapten tim nasional Argentina ini akan duduk di bench bersama Ansu Fati. Pemain berusia 16 tahun ini tampaknya tidak akan langsung dimainkan di laga perdana ini. Selain belum berpengalaman di kancah Eropa level senior, Valverde juga tak ingin membebani dia dengan laga-laga besar. Namun tidak menutup kemungkinan Ansu dimainkan di babak kedua bersama Messi. 

Dengan formasi 4-3-3, Valverde tidak mengubah kuartet di belakang. Cedera yang dialami Samuel Umtiti menjadikan bek tengah diisi Gerard Pique dan Clement Lenglet. Bek kanan tetap menjadi miliki Nelson Semedo dan di kiri ada Jodi Alba. Kiper Marc Andre ter Stegen kembali ke Jerman untuk menghadapi eks rivalnya di Bundesliga. 

Sedangkan di tengah, Valverde kembali mengandalkan veteran Ivan Rakitic. Pengalaman gelandang Kroasia ini sangat dibutuhkan di pertandingan melawan Dortmund. Gelandang bertahan Sergio Busquets tetap menjadi pilihan pertama. Dia akan berduet dengan Frenkie de Jong. 

Lini depan bisa mengalami perubahan. Namun trio Carles Perez, Luis Suarez dan Antoine Griezmann akan menjadi pilihan pertama. Laga melawan Dortmund menjadi ujian bagi Griezmann karena untuk kali pertama berlaga di kompetisi Eropa bersama Barca. 

Kekuatan kedua tim memang berimbang sehingga tak mudah menjagokan siapa yang menang di laga ini. Bahkan pertandingan diprediksi berakhir imbang. 

Bursa justru menempatkan Dortmund sebagai nonunggulan. Tuan rumah di-voor seperempat (1/4:0) yang berarti lebih mengunggulkan Barca. 

Hanya, bursa memberi tips kepada Dortmund. Artinya tuan rumah tetap berpeluang meraih kemenangan. 

Striker Alcacer akan menjadi mimpi buruk bagi Blaugrana. Dirinya tengah mencapai performa terbaik dengan mencetak lima gol di empat pertandingan liga. Saat menghajar Leverkusen, eks pemain Barca ini membuka kemenangan tim.

Motivasi tersendiri bagi Alcacer yang dibuang Barca tentu membuat Dortmund diuntungkan. Apalagi, tim tamu masih tanpa Messi. Ini memberi peluang bagus untuk menang. Hanya sekali lagi, kekuatan berimbang kedua tim membuat Barca juga bisa mengambil poin di laga itu. 

Prakiraan Susunan Pemain

Borussia Dortmund (4-2-3-1): Burki-Hakimi, Akanji, Hummels, Guerreiro; Witsel, Delaney; Sancho, Reus, Brandt; Alcacer

Barcelona (4-3-3): ter Stegen- Semedo, Pique, Lenglet, Alba; de Jong, Busquets, Rakitic; Perez, Suarez, Griezmann

Bursa 

Borussia Dortmund vs Barcelona 1/4:0 (tips Borussia Dortmund) []

Berita terkait
Era Messi Berakhir, Barcelona Mulai Era Ansu Fati
Barcelona memasuki era baru bersama Ansu Fati dan mengakhiri era Lionel Messi. Ansu kembali mencetak rekor saat membawa tim menang atas Valencia.
Barca Kalahkan Valencia, Ansu Kembali Curi Perhatian
Pemain muda Barcelona Ansu Fati kembali menjadi bintang saat mengalahkan Valencia 5-2 di pertandingan La Liga, Minggu 15 September 2019.
Dortmund Kalahkan Bayern Rebut Piala Super Jerman
Borussia Dortmund mengawali musim baru dengan memenangi Piala Super Jerman setelah mengalahkan Bayern Munich 2-0.
0
Rusuh di Penajam Pasir Utara Berawal dari Penganiayaan
Kerusuhan yang terjadi karena dipicu kejadian penikaman pada Rabu, 9 Oktober 2019 lalu. Namun kemudian dikaitkan dengan konflik suku.