BNI Bantu Penjualan UMKM Menembus Pasar Malaysia

Pemerintah terus membantu mengembangkan UMKM PT BNI turut ikut serta dalam pengembangan ini dengan bekerja sama dengan platform digital.
Dukungan Komisi VI DPR RI untuk program BNI Xpora Selasa, 23 November 2021. (Foto: Tagar/Twitter/@BumnJdih)

Jakarta - Pemerintah terus membantu mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Indonesia. PT Bank negara Indonesia (BNI) turut ikut serta dalam pengembangan ini dengan bekerja sama dengan platform digital Made in Indonesia.

Bank BNI telah menggandeng platform digital dalam upaya meluaskan penjualan UMKM dari dalam negeri. BNI Xpora merupakan sebuah solusi yang ditawarkan dari Bank BNI dalam pengembangan UMKM supaya bisa menembus pasar luar negeri.

Direktur Bisnis UMKM BNI Muhammad Iqbal dalam Indonesia Food & Beverage Virtual Exhibition menjelaskan jika ini merupakan kesempatan UMKM untuk bisa merambah pasar luar negeri seperti Malaysia. Menurutnya kini kerjasama antara Indonesia dengan Malaysia sangatlah baik.


BNI Xpora juga menyediakan fitur-fitur digital lainnya berupa pembiayaan Fast Trex dengan agunan dan biaya yang lebih rendah khusus untuk para pelaku ekspor.


Iqbal mengatakan jika hal ini merupakan upaya untuk meningkatkan kinerja perdagangan luar negeri antara Indonesia dan Malaysia. Menurutnya kesamaan kultur menjadi modal penting dalam kesuksesan kolaborasi antara dua negara ini.

"BNI sebagai bank internasional memang bertugas membantu pebisnis Indonesia untuk dapat menembus pasar global. Kami harap bisnis meeting ini berakhir dengan kesepakatan bisnis dengan nilai besar guna terus mendorong semangat UMKM go global," ujar Muhammad Iqbal dalam keterangan resminya pada Senin, 29 November 2021.

Dirinya juga menjelaskan jika pihak Bni telah mempersiapkan banyak fasilitas dalam BNI Xpora yang bisa digunakan oleh para penjual maupun pembeli.

Fasilitas itu diantaranya Trade finance berupa advisory Letter of Credit (L/C) yang diterbitkan setelah pengiriman beberapa produk food & beverage oleh pihak buyer.

"BNI Xpora juga menyediakan fitur-fitur digital lainnya berupa pembiayaan Fast Trex dengan agunan dan biaya yang lebih rendah khusus untuk para pelaku ekspor," kata Iqbal.

Menurut Iqbal BNI Xpora merupakan one stop solution bagi pelaku UKM yang berorientasi ekspor. Dengan BNI Xpora pelaku UKM mendapatkan peningkatan kapasitas dan kualitas dalam produksi, edukasi tentang laporan keuangan, hingga akses penjualan ke luar negeri.

(Dimas Rafika)

Berita terkait
Ingin Bantu UMKM? Coba Ikuti Hal Kecil Ini di Masa Pandemi
Namun, jangan salah, sektor ini juga merupakan sektor yang paling memiliki peranan penting dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional.
Simak! Ini Aturan Pajak untuk UMKM di Tahun 2022
Setiap para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) termasuk juga pelaku pengusaha Online Shop (olshop) diwajibkan membayar pajak.
Menko Airlangga: Pemerintah Terus Dorong Pembiayaan UMKM
Menko Airlangga Hartarto menyebut kalau pemerintah terus mengintegrasikan pembiayaan UMKM di Indonesia supaya mendukung pemberdayaan UMKM.
0
BNI Bantu Penjualan UMKM Menembus Pasar Malaysia
Pemerintah terus membantu mengembangkan UMKM PT BNI turut ikut serta dalam pengembangan ini dengan bekerja sama dengan platform digital.