Djokovic Juara Prancis Terbuka 2021 Kalahkan Tsitsipas

Gelar kedua di Roland Garros bagi Djokovic dan ke-19 untuk juara slam secara keseluruhan, tertinggal 1 angka di belakang Federer dan Nadal
Novak Djokovic merayakan kemenangannya saat mengalahkan Stefanos Tsitsipas di final Prancis Terbuka 2021, 13 Juni 2021 (Foto: marca.com - Thibault Camus/AP)

Oleh: Conor Clancy

Novak Djokovic, petenis Serbia, mengalahkan petenis Yunani, Stefanos Tsitsipas, di final Prancis Terbuka 2021 yang luar biasa di Paris pada Minggu, 13 Juni 2021, sore atau malam WIB dengan skor 6-7 (6-8), 2-6, 6-3, 6-2, dan 6-4.

Djokovic melakukan comeback yang spektakuler setelah tertinggal dua set. Dengan kemenangan itu, petenis nomor satu dunia itu telah merebut gelar grand slam kedua di Roland Garros dan merupakan jaura grand slam ke-19. Jumlah ini membawa Djokovic hanya tertinggal satu juara di belakang rekor putra sepanjang masa, yang saat ini dimiliki oleh Roger Federer dan Rafael Nadal.

1. Tsitsipas di Atas

Pertandingan pembukaan berlangsung selama delapan menit, dengan Tsitsipas memimpin dan menahannya hampir sepanjang sore. Pemain berusia 22 tahun itu tampil mengesankan sejak awal dan berhasil menghindari tertinggal di belakang petenis Serbia itu, selalu memimpin dan kemudian ditarik kembali ke level yang sama di awal game.

Stefanos TsitsipasEkspresi petenis Yunani, Stefanos Tsitsipas, ketika berlaga dengan Novak Djokvic di final Prancis Terbuka 2021, 13 Juni 2021 (Foto: marc.com - Michel Euler/AP)

Djokovic, bagaimanapun, mengalami jatuh dan memiliki beberapa masalah di awal game, dengan petenis Yunani yang terbang dan memberinya banyak masalah.

Jangkauan Tsitsipas sangat mengesankan, dan bahkan tampaknya dia siap untuk mengambil kendali sore itu dan mengajukan pertanyaan tentang kemungkinan berakhirnya era tiga besar tenis.

2. Pendakian Kembali

Namun, set ketiga menandai titik balik. Segalanya mulai berjalan seperti yang diinginkan Djokovic ketika petenis Serbia itu tiba-tiba bergerak maju, meninggalkan Tsitsipas mencari jawaban yang tidak dapat dia temukan.

Di usia 34 tahun, daya tahan yang ditunjukkan Djokovic sangat fenomenal, dan pertumbuhan kepercayaan diri terlihat jelas saat ia mulai menemukan ritmenya.

ekspresi djokovicNovak Djokovic pukul bola ke arah Stefanos Tsitsipas di final Prancis Terbuka 2021, 13 Juni 2021 (Foto: marc.com - Michel Euler/AP)

Sekitar tiga setengah jam telah dimainkan saat Djokovic membuat dirinya unggul untuk pertama kalinya, dan meskipun petenis Yunani itu memainkan tenis yang lebih baik hampir sepanjang sore, ia membiarkan lawannya kembali ke pertandingan.

Djokovic mendapatkan match point hanya untuk ditangkal Tsitsipas, tetapi match point kedua petenis Serbia itu terlalu jauh. Petenis berusia 34 tahun itu bertahan dan merebut gelar Prancis Terbuka kedua.

Maka, perebutan gelar juara grand slam ke depan akan makin panas karena Nada dan Federer ingin memecahkan rekor (20), sedangkan Djokovic mau menambah gelar. Penantian bisa terbukti di grand slam Wimbledon yang akan mulai bergulir 28 Juni 2021 di Inggris (marca.com dan sumber-sumber lain). []

Berita terkait
Djokovic Hentikan Nadal Jagoan Tanah Liat di Prancis Terbuka
Djokovic mengakhiri kekuasaan Nadal, jagoan di lapangan tanah liat, di Prancis Terbuka 2021, dengan kemenangan empat set di semifinal
Final Tenis Putra Perancis Terbuka 2020 Djokovic vs Nadal
Final turnamen tenis Prancis Terbuka 2020 antara Djokovic vs Nadal pertemuan kelima kali di final grand slam, keduanya kejar rekor
0
Djokovic Juara Prancis Terbuka 2021 Kalahkan Tsitsipas
Gelar kedua di Roland Garros bagi Djokovic dan ke-19 untuk juara slam secara keseluruhan, tertinggal 1 angka di belakang Federer dan Nadal