Djokovic Hentikan Nadal Jagoan Tanah Liat di Prancis Terbuka

Djokovic mengakhiri kekuasaan Nadal, jagoan di lapangan tanah liat, di Prancis Terbuka 2021, dengan kemenangan empat set di semifinal
Ekspresi Novak Djokovic ketika berhadapan dengan Rafael Nadal di semifinal Prancis Terbuka 2021 pada hari Minggu, 13 Juni 2021 (Foto: marca.com)

Jakarta – Petenis Serbia, Novak Djokovic, mengakhiri kekuasaan petenis Spanyol, Rafael Nadal, yang terkenal sebagai jagoan di lapangan tanah liat, di Prancis Terbuka 2021 dengan kemenangan empat set di semifinal klasik, 11 Juni 2021 atau 12 Juni 2021 WIB.

Banyak kalangan tenis yang akan mengenang laga semifinal beraoma final ii menjadi salah satu pertandingan tenis terbaik sepanjang masa di lapangan tanah liat Roland Garros.

Nadal memegang 20 gelar juara grand slam 13 di antaranya diperoleh di Roland Garros, sedangkan Djokovic pemegang gelar 18 juara grand slam dengan 1 kali juara di Roland Garros. Begitu juga dengan petenis Swiss, Roger Federer, pemegang 20 juara grand slam hanya 1 kali juara di Roland Garros.

Langkah Nadal untuk memecahkan rekor juara grand slam tertunda sama halnya dengan Federer yang mengundurkan diri pada putaran ke-4 di Roland Garros tahun ini. Mereka berdua akan mengejar pemecahan rekor grand slam di Wimbledon yang akan mulai 28 Juni 2021.

Unggulan teratas di Roland Garros Djokovic menang 3-6, 6-3, 7-6 (7-4), dan 6-2 dalam waktu lebih dari empat jam melawan juara bertahan Nadal.

Petenis Spanyol berusia 35 tahun, yang mengincar gelar ke-14 yang memperpanjang rekor grand slam, hanya kalah di sana untuk ketiga kalinya dalam 108 pertandingan.

Djokovic, 34 tahun, kini harus pulih untuk menghadapi Stefanos Tsitsipas di final hari Minggu, 13 Juni 2021.

Stefanos TsitsipasStefanos Tsitsipas, petenis Yunani, lawan Novak Djokovic di final Prancis Terbuka 2021 pada hari Minggu, 13 Juni 2021 (Foto: rolandgarros.com - ©Pauline Ballet/FFT)

Petenis Yunani berusia 22 tahun itu mencapai final grand slam pertama dengan mengalahkan unggulan keenam asal Jerman, Alexander Zverev, dalam pertarungan lima set pada Jumat, 11 Juni 2021, dengan skor 6-3, 6-3, 4-6, 4-6 dan 6-3.

Unggulan kelima Tsitsipas pasti telah menyaksikan, seperti dunia tenis lainnya, saat dua petenis hebat sepanjang masa berjuang keras untuk memperebutkan hak menghadapinya di laga pamer.

Pertandingan berkualitas tinggi itu penuh dengan drama dan ketegangan, liku-liku, sepanjang dimainkan di depan 5.000 penggemar, yang diizinkan untuk tetap tinggal meskipun jam malam Prancis pukul 11 malam sebagai bagian dari pembatasan pendemi virus corona (Covid-19).

Kemenangan Djokovic datang setelah set ketiga yang luar biasa selama 96 menit, yang membuat Djokovic menahan keberaniannya untuk memenangkan tie-break di mana seluruh pertandingan tampaknya bergantung.

Nadal mematahkan servis pada game pertama set keempat dan memimpin 2-0, tetapi tidak bisa mengatasi level tinggi Djokovic saat ia dengan cepat memenangkan enam game berikutnya untuk mengakhiri kemenangan.

ekspresi djokovicEkspresi Novak Djokovic ketika berhadapan dengan Rafael Nadal di semifinal Prancis Terbuka 2021 pada hari Minggu, 13 Juni 2021 (Foto: rolandgarros.com - ©Corinne Dubreuil/FFT)

Djokovic tampak hancur saat dia mengangkat tangannya untuk merayakan, lalu dengan lelah tersenyum saat dia bersiap untuk wawancara di lapangan yang diberikan oleh pemenang.

"Untuk menang melawan Rafa di lapangan ini, Anda harus memainkan tenis terbaik Anda, dan malam ini saya memainkan tenis terbaik saya," kata Djokovic, yang sekarang bisa memenangkan gelar grand slam ke-19 dan satu di belakang rekor putra sepanjang masa Nadal dan Federer.

"Sulit untuk menemukan kata-kata untuk meringkas bagaimana perasaan saya. Anda mengatakan pada diri sendiri bahwa tidak ada tekanan tetapi ada. Tekanan adalah hak istimewa - untuk menguji permainan saya dan karakter saya dalam pertandingan seperti ini," ujar Djokovic.

Sedangka di tunggal putri akan berhadapan petenis Ceko, Barbora Krejčíková (nonunggalan), dengan petenis Rusia, Anastasia Pavlyuchenkova, 12 Juni 2021. Bagi keduanya ini final pertama mereka di ajang grand slam (bbc.com/sport/tennis dan sumber-sumber lain). []

Berita terkait
Aroma Final di Semifinal Prancis Terbuka Nadal vs Djokovic
Final Prancis Terbuka 2021 sejatinya baru dilangsungkan setelah semifinal, tapi pertemuan Nadal dan Djokovic di semifinal malam ini bak laga final
0
Lionel Messi Jadi Duta Baru Hard Rock Cafe
Untuk sementara waktu Lionel Messi menukar bola dengan gitar listirk karena telah menjadi duta baru untuk Hard Rock Cafe