UNTUK INDONESIA
Ditelusuri Rekan PDP Corona yang Meninggal di Medan
PDP corona yang meninggal dunia di Medan, baru pulang dari Israel dan Italia bersama rombongannya.
Ruangan isolasi RSUP Haji Adam Malik Medan, tempat pasien dirawat.(Foto: Tagar/Reza Pahlevi)

Medan - Satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) corona meninggal dunia di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik Medan pada Selasa, 17 Maret 2020 malam.

Sebelumnya, pasien dimaksud melakukan perjalanan ke Jerusalem dan singgah di Italia bersama dengan sejumlah orang dalam satu kelompok.

Merespons itu kemudian Dinas Kesehatan Sumatera Utara bekerja cepat dengan melakukan penelusuran rekan-rekan pasien tersebut.

"Saya belum begitu persis tahu, tapi mereka pulang dari Yerusalem singgah di Italia, mereka ada satu kelompok atau satu grup, itu sedang kita telusuri," kata Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Utara Alwi Mujahit Hasibuan pada Rabu, 18 Maret 2020 di Medan, dikutip dari Antara.

Untuk sampel sudah dilakukan pengecekan tapi hasilnya belum ke luar

Namun Alwi belum bisa memastikan apakah pasien dimaksud, yang diketahui seorang dokter, meninggal dunia akibat positif COVID-19. Alwi menyebut pihaknya masih menunggu hasil dari Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes).

"Untuk sampel sudah dilakukan pengecekan tapi hasilnya belum ke luar," ungkapnya.

Istana Maimun Ditutup

Sementara itu, destinasi wisata Istana Maimun di Kota Medan, resmi ditutup mulai Rabu, 18 Maret 2020, guna mengantisipasi penyebaran virus corona atau COVID-19.

"Penutupan Istana Kesultanan Melayu Deli itu berlangsung selama 14 hari ke depan dan akan kembali dibuka 1 April 2020," kata Kepala Bidang SDM Yayasan Sultan Ma’moen Al Rasyid, Tengku Muhammad Dicky.

Menurut dia, kebijakan tersebut menindaklanjuti siaran pers dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, surat edaran Gubernur Sumut dan surat edaran Wali Kota Medan.

Selama penutupan kata Dicky, pihak yayasan akan melakukan pembersihan. Mereka juga akan menyemprotkan disinfektan ke sejumlah ruangan.

"Selama tutup kita akan melakukan pembersihan ruangan istana khususnya ruang balai room. Di mana di situ lokasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan termasuk juga nanti menyemprotkan disinfektan," ujarnya.[]

Berita terkait
Satu Pasien di RSUP Adam Malik Medan Meninggal
Seorang Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang diisolasi di RSUP Adam Malik, Medan, dikabarkan meninggal dunia.
Warga Dairi Dirujuk ke RSUP Adam Malik Medan
Satu pasien RSU Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara, akhirnya dirujuk ke RSUP Haji Adam Malik Medan.
Suspect Covid-19 Tapanuli Utara Dirujuk ke Medan
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarutung, Sumatera Utara, sampai Senin, 16 Maret 2020, sudah menangani lima pasien terduga suspect Covid-19
0
Bawa Pemudik, Armada ALS Tertahan di Pelabuhan Merak
PT Antar Lintas Sumatera (ALS) Tangerang yang masih mengoperasikan armada dan membawa penumpang pada 29 April 2020 terpaksa harus dihentikan.