Jakarta, (Tagar 8/3/2019) - Presiden Joko Widodo menargetkan Provinsi Lampung hingga Aceh akan tersambung jalan tol pada 2024. Jokowi mengungkapkan hal tersebut saat meresmikan Tol Trans Sumatera ruas Bakauheni-Terbanggi Besar di gerbang Tol Natar, Lampung Selatan, Jumat (8/3) pagi.

Dalam kesempatan itu, Jokowi secara yakin menegaskan bahwa seluruh pulau Sumatera akan terhubung jalan tol pada lima tahun mendatang.

"Ada yang bertanya kapan Lampung sampai Aceh sambung, saya jawab, 2024 Lampung sampai Aceh akan tersambungkan, Insyaallah," katanya.

Jokowi berharap pembangunan tol akan menarik minat investasi dan membangun perekonomian di pulau Sumatera secara keseluruhan. 

Turut hadir juga bersama Jokowi, Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Seskab Pramono Anung, Koordinator Staf Kepresidenan Teten Masduki, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Menteri BUMN Rini Soemarno.

Tersambungnya Tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang memiliki panjang 140,9 km ini disebut Jokowi sebagai permulaan. Pemerintah selanjutnya akan menyambungkan ruas tol tersebut sampai ke Palembang, Sumatera Selatan, pada Juni 2019.

"Kita harapkan nantinya juni sampai Palembang akan segera tersambung," kata Jokowi.

Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar memiliki panjang 140,9 km dan terbagi atas sembilan subseksi, yakni;

- Subseksi 1 Pelabuhan Bakauheni-Simpang susun Bakauheni sepanjang 8,8 km

- Subseksi 2 Simpang Susun Bakauheni-Kalianda sepanjang 18,5 km

- Subseksi 3 Simpang Susun Kalianda-Sidomulyo sepanjang 11,7 km

- Subseksi 4 Simpang Susun Sidomulyo-Lematang sepanjang 35,4 km

- Subseksi 5 Simpang Susun Lematang-Kotabaru sepanjang 4,3 km

- Subseksi 6 Simpang Susun Kotabaru-Branti sepanjang 17,9 km

- Subseksi 7 Simpang Susun Branti-Metro sepanjang 12,6 km

- Subseksi 8 Simpang Susun Metro-Gunung Sugih sepanjang 22,5 km

- Subseksi 9 Simpang susun Gunung Sugih-Terbanggi Besar sepanjang 8,9 Km

Jalur tersebut menjadi tol terpanjang di Indonesia, mengalahkan tol Cikopo-Palimanan (Cipali) yang memiliki panjang 116,75 kilometer. Tol menelan biaya investasi sebesar Rp 16,8 triliun.

Baca juga: Hari Ini, Jokowi Resmikan Ruas Tol Terpanjang di Indonesia