Disebut Banyak Jual Produk Asing, Ini Tanggapan Tokopedia

Tokopedia adalah marketplace domestik yang hanya menerima penjual asal Indonesia dan memfasilitasi transaksi dari Indonesia untuk Indonesia.
Tokopedia. (Foto: Tagar/Tokopedia)

Jakarta - Vice President of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, menyatakan secara tegas bahwa penjual di marketplace Tokopedia, penjualnya hampir seluruhnya adalah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lokal.

Menurutnya, Tokopedia adalah marketplace domestik yang hanya menerima penjual asal Indonesia dan memfasilitasi transaksi dari Indonesia untuk Indonesia.

"Penjual di Tokopedia hampir 100 % nya UMKM lokal sehingga pasar Indonesia sepenuhnya dinikmati pelaku usaha domestik dan ekonomi berputar di dalam negeri. Tokopedia juga sama sekali tidak memfasilitasi adanya impor langsung dari penjual asing di dalam platform," kata Nuraini Razak, Selasa, 29 Juni 2021.

Sebagaimana diketahui, Megawati Soekarnoputri mengkritik Tokopedia sebagai perusahaan decacorn di tanah air yang kurang menonjolkan produk lokal.


Penjual di Tokopedia hampir 100 % nya UMKM lokal sehingga pasar Indonesia sepenuhnya dinikmati pelaku usaha domestik dan ekonomi berputar di dalam negeri.


Megawati mengatakan produk-produk yang dijual di Tokopedia terlalu banyak buatan luar negeri ketimbang produk lokal.

"William Tanuwijaya (CEO Tokopedia), saya boleh buat kritik sedikit, ini kritik membangun, kenapa kalau saya browsing online di tokopedia kenapa ya yang disuguhkan selalu, sekarang lho ini, nanti berarti bisa berubah, itu barang-barangnya made non Indonesia," kata Megawati dalam diskusi Megawati Institute, Selasa (29/6/2021). []

Baca Juga: Cara Tokopedia Menjawab Tantangan Distribusi dan Logistik di Indonesia

Berita terkait
Tokopedia Tingkatkan Omzet Wearing Klamby Hingga 30 Persen
Wearing Klamby menyebut dengan bergabung di Tokopedia mereka mendapatkan kenaikan omzet penjualan hingga 30 persen dari sebelumnya.
Dukung Pertumbuhan E-Commerce RI, Tokopedia Gandeng Epsilon
Tokopedia memilih penyedia konektivitas global, Epsilon hubungkan AWS, Google Cloud Platform, dan Alibaba Cloud melalui beberapa Cloud Connect.
Umumkan Berdirinya GoTo, Gojek dan Tokopedia Resmi Merger
Pembentukan GoTo, diklaim sebagai kolaborasi usaha terbesar di Indonesia, sekaligus kolaborasi terbesar antara dua perusahaan internet di Asia.
0
Disebut Banyak Jual Produk Asing, Ini Tanggapan Tokopedia
Tokopedia adalah marketplace domestik yang hanya menerima penjual asal Indonesia dan memfasilitasi transaksi dari Indonesia untuk Indonesia.