UNTUK INDONESIA
Dimbangi Bali United, PSS Tak Masalah Asal Raih Poin
PSS Sleman memperpanjang rekor susah menang di kandang usai ditahan Bali United 0-0. Namun pelatih Seto Nurdiyantoro tak masalah tim sulit menang.
PSS Sleman memperpanjang rekor susah menang di kandang usai ditahan Bali United 0-0 di pertandingan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, 6 November 2019. Tampak kapten PSS Bagus Nirwanto (kiri) dibayangi pemain Bali United Melvin Platje. (Foto: Tagar/Gonang Susatio)

Sleman - PSS Sleman memperpanjang rekor susah menang di laga kandang. Saat menjamu Bali United dalam lanjutan Shopee Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu 6 November 2019, PSS bermain imbang 0-0. Sulit menang di kandang sendiri, pelatih Seto Nurdiyantoro tak masalah karena tim tetap meraih poin. 

PSS kembali hanya mampu mendulang satu poin di laga melawan Bali UNited. Ini untuk kali kedua secara berturut-turut, tim Elang Jawa gagal membobol gawang lawan di Maguwoharjo. Di laga kandang terakhir saat melawan Persija Jakarta, mereka juga bermain imbang 0-0. 

PSS sendiri sudah lama tak mencetak kemenangan di Maguwoharjo. Kemenangan terakhir diraih saat Bagus Nirwanto dkk menang 3-2 atas PSM Makassar, 23 Agustus 2019. 

Kami menghadapi lawan yang cukup tangguh. Kualitas pemain mereka berbeda jauh dengan kami

Ini berarti, PSS hanya meraih empat kemenangan dari 13 laga home. Mereka memang hanya sekali kalah saat melawan PSIS Semarang. Namun PSS tercatat delapan kali bermain imbang. 

"Hasil imbang mungkin tidak memuaskan bagi manajemen dan suporter. Tapi buat saya ini cukup disyukuri. Kami masih bisa meraih poin," katanya di Stadion Maguwoharjo Sleman pada Rabu 6 November 2019.

"Kami memang tak maksimal karena gagal meraih poin penuh. Namun di sisa pertandingan di kompetisi ini, saya menargetkan poin. Apakah itu mendapat satu atau tiga poin," ujarnya.

Seto mengatakan tambahan satu poin ini membuat tim mampu mengumpulkan 40 poin. Di posisi klasemen sementara, mereka berada di peringkat lima. Ini menjadikan PSS semakin aman untuk tetap bertahan di kompetisi Liga 1 musim depan.

"Poin 40 bisa aman juga. Tapi saya belajar dari kompetisi musim lalu, semua kemungkinan masih bisa terjadi. Jadi kalau mau aman, poin di atas 43," ujarnya.

Seto juga tak mempersoalkan dengan kegagalan meraih poin di kandang sendiri. Apalagi, timnya menghadapi lawan yang memiliki kualitas lebih baik, tidak hanya dari materi pemain tetapi juga permainan. Menurutnya pemain mendapat banyak pelajaran dari laga tersebut. 

"Kami menghadapi lawan yang cukup tangguh. Kualitas pemain mereka berbeda jauh dengan kami. Kami banyak belajar dari mereka di pertandingan ini," ujar Seto yang pernah menangani PSIM Yogyakarta ini.

Lebih Dominan

Pada jalannya pertandingan, PSS lebih dominan dalam penguasaan bola. Skuad berjuluk Elang Jawa ini memaksimalkan lebar lapangan dalam membangun serangan.

Bali United sendiri lebih banyak menunggu dengan mengandalkan serangan balik. Mereka jarang mengancam pertahanan PSS.

Di babak kedua, laga mulai berjalan ketat karena Bali United bermain lebih agresif. Namun hingga laga usai, kedua tim tak mampu memecah kebuntuan. Skor pun tetap imbang 0-0.

Atas hasil ini, Bali United tetap kokoh di posisi pertama dengan 56 poin. Pelatih dari tim berjuluk Serdadu Tridatu, Stefano 'Teco' Cugurra mengungkapkan tidak terciptanya gol pada pertandingan ini karena lini pertahanan kedua tim tampil cukup bagus.

"Kami harus terima satu poin. Lini pertahanan kedua tim cukup solid. PSS bekerja keras membuat kami tidak bisa mencetak gol. Lini pertahanan kami juga tidak kebobolan," ujarnya.

Bali United selanjutnya melawan Persipura Jayapura, Senin 11 November 2019. Untuk bisa meraih gelar juara musim ini, tim harus bisa memaksimalkan sisa laga yang ada. []

Berita terkait
PSS Bisa Jadi Ancaman Bali United
Bali United mewaspadai PSS Sleman dan tak meremehkannya dalam laga Shopee Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Rabu 6 November 2019.
PSS Tampil Tanpa Beban Lawan Bali United
PSS Sleman akan bermain tanpa beban saat melawan pemuncak klasemen Bali United di Shopee Liga 1 2019 di Stadion Maguwoharjo, Rabu 6 November 2019.
Gara-gara Lelah PSS Kalah Lagi di Maguwoharjo
Rekor laga PSS Sleman belum membaik di Maguwoharjo setelah mereka menelan kekalahan dari PSIS Semarang. Faktor kelelahan menjadi penyebab kalah.
0
Ahok Masuk BUMN di Mata Dosen UGM Yogyakarta
Ahok dikabarkan mengisi jabatan tinggi di BUMN. Statusnya mantan napi tidak masalah, yang menjadi masalah statusnya sebagai kader partai politik.