UNTUK INDONESIA
Dikuasai Indomobil, Berapa Penjualan Mobil Nissan?
Penjualan mobil Nissan di Indonesia cukup tertekan pada paruh pertama 2020 akibat kontraksi ekonomi
Nissan Ariya. (Antara/Nissan)

Jakarta - Indomobil Group secara resmi menguasai jalur pendistribusian serta penjualan PT Nissan Motor Distributor Indonesia di dalam negeri. Melalui penandatanganan Memorandum of Understanding atau MoU yang digelar Kamis, 6 Agustus 2020, entitas usaha yang terafiliasi dengan Salim Grup itu sukses menguasai Nissan.

“Hubungan kami dan Nissan dibangun berdasarkan rasa saling menghormati dan nilai-nilai bersama,” ujar Presiden Direktur dan CEO Indomobil Group Jusak Kertowidjojo dalam keterangannya.

Sementara itu, Presiden Direktur Nissan Indonesia Isao Sekiguchi mengaku senang atas kerjasama ini lantaran dapat memperkuat bisnis masing-masing dalam hal produk dan layanan.

“Langkah ini merupakan bagian dari rencana transformasi global untuk mendorong pertumbuhan yang berkelanjutan. Kami juga senantiasa mendorong strategi penjualan melalui kolaborasi dengan mitra lokal,” tutur dia.

Lantas, bagaimana kinerja penjualan mobil Nissan di Indonesia? Berdasarkan data yang dirilis oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan mobil asal Jepang itu secara wholesale pada sepanjang semester I/2020 berjumlah 2.301 unit.

Jumlah tersebut anjlok 67,9 persen dibandingkan dengan periode yang sama 2019 dengan catatan 7.716 unit.

Adapun, keseluruhan penjualan Nissan pada 2019 berjumlah 12.302 unit dengan market shared sebesar 1,2 persen secara nasional. Sementara hingga paruh pertama tahun ini, Nissan hanya mampu merebut pangsa pasar dengan porsi 0,9 persen.

Tempat teratas masih diduduki oleh Toyota dengan jumlah penjualan mencapai 331.797 unit (32,2 persen) pada sepanjang tahun lalu, dan 81.816 unit (31,4 persen) pada semester I/2020.

Secara total, jumlah mobil yang terjual di Indonesia periode 2019 sebanyak 1,03 juta unit, serta tahun ini baru menyentuh 260.933 unit.

Ditengarai, tekanan ekonomi akibat pandemi Covid-19 menjadi penyebab utama landainya penjualan mobil kali ini.

Berita terkait
Indomobil Ambil Alih Penjualan Nissan di Indonesia
Perusahaan otomotif asal Jepang Nissan melepas sebagian besar sahamnya dalam pendistribusian kendaraan di Indonesia
Nissan Kick Segera Mengaspal di Jepang
Kendaraan Nissan Kick segera mengaspal di Jepang pada 30 Juni 2020 setelah sebelumnya meluncur di Thailand pada bulan lalu.
Sejarah Nissan, Kaum Ningrat yang Jadi Mekanik
Yoshisuke Aikawa mengawali karier sebagai mekanik dengan merantau ke Amerika Serikat (AS) kendati dia dari keluarga bangsawan.
0
Polresta Yogyakarta Periksa 6 Saksi soal Perusakan DPRD DIY
Polresta Yogyakarta sudah memeriksa enam saksi saat perusakan DPRD DIY pada aksi yang berlangsung anarkis. Tiga dari warga sipil dan tiga polisi.