Diikuti 400 Pelajar, Jelajah Kapal Kepahlawanan Tanamkan Cinta Bahari

Para peserta akan bermalam di atas KRI dr Soeharso SHS 990 yang merupakan kapal rumah sakit milik Angkatan Laut selama tiga hari dua malam.
JELAJAH KAPAL KEPAHLAWANAN: Sejumlah peserta menaiki KRI dr Soeharso-990 untuk mengikuti Jelajah Kapal Kepahlawanan di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung, Surabaya, Jawa Timur, Senin (30/10). Jelajah Kapal Kepahlawanan yang diselenggarakan oleh Kementerian Sosial bekerja sama dengan TNI AL tersebut diikuti oleh 400 peserta dari pelajar SMA sederajat, santri dan relawan. Kegiatan yang berlangsung pada 30 Oktober-1 November 2017 itu guna menumbuhkan nilai-nilai kepahlawanan dan kemaritiman. (Foto: Ant/Moch Asim)

Surabaya, (Tagar 30/10/2017) – Jelajah kapal kepahlawanan yang diikuti 400 pelajar, santri dan relawan ungkap Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial Hartono Laras merupakan upaya untuk menanamkan rasa cinta kepada nusantara dan kebaharian bagi generasi muda.

"Kita melaksanakan jelajah kapal kepahlawanan dalam rangka menumbuhkembangkan semangat kepahlawanan, kejuangan, dan wawasan nusantara terutama kebaharian bagi generasi muda," kata Hartono usai pelepasan di Dermaga Madura, Koarmatim Ujung Surabaya, Senin (30/10).

Menurut Hartono, kegiatan tersebut merupakan perdana dilakukan dalam rangka Hari Pahlawan. Berbagai kegiatan akan dilakukan seperti memberi penguatan dan penanaman nilai-nilai tentang kepahlawanan bagi generasi muda.

Selain itu juga dilakukan bakti sosial di Kecamatan Kamal Bangkalan, Madura, berupa pembagian sembako, pakaian, kaki palsu dan kursi roda serta bantuan lainnya, tambah Hartono.

Para peserta akan bermalam di atas KRI dr Soeharso SHS 990 yang merupakan kapal rumah sakit milik Angkatan Laut selama tiga hari dua malam. Kapal akan mengelilingi dan lego jangkar di Perairan Suramadu.

Upacara pembukaan dilakukan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial Harry Soeratin yang ditandai dengan penyematan tanda peserta kepada dua perwakilan peserta.

Jelajah kapal kepahlawanan merupakan rangkaian dalam peringatan Hari Pahlawan 2017 yang puncaknya jatuh pada 10 November mendatang.

Kegiatan lainnya adalah penganugerahan gelar pahlawan nasional oleh Presiden kepada tokoh yang dianggap memenuhi syarat mendapat gelar tersebut. (ant/yps)

Berita terkait
0
Pemerintah Resmi Tidak Memberangkatkan Jemaah Haji 2021
Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan untuk tidak mengirim jemaah pada ibadah haji 2021, setelah beberapa lama menunggu keputusan Arab Saudi.