UNTUK INDONESIA
Di Pemprov Jabar, Tak Punya Program Unggulan Dicopot
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, meminta semua organisasi perangkat daerah (OPD) di wilayahnya membuat program unggulan di tahun 2020
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat memimpin rapat. (Foto: Tagar/Fitri Rachmawati)

Bandung - Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil, meminta kepada semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar untuk membuat program unggulan atau program prioritas di tahun 2020.

“Minggu depan saya berikan koreksian (terhadap program-program OPD di 2020), setelah itu dikunci sebagai program-program unggulan dari Jawa Barat,” tuturnya di Bandung, Rabu, 15 Januari 2020.

Bisa Minta Masukan dari Media

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, pun meminta setiap OPD bisa meminta masukan program unggulan atau prioritas yang benar-benar dibutuhkan masyarakat saat ini dari media.

“Saya justru butuh masukan dari media, kalau boleh media, tadi saya sudah minta ke setiap dinas tanya ke wartawan kira-kira, misalkan dari Dinas Kehutanan apa yang kira-kira menurut wartawan isunya layak mendapat perhatian lebih,” ujar Kang Emil.

Menurut Emil, tahun 2020 jadi tahun akselerasi inovasi. Kang Emil pun berharap agar program-program dari semua OPD mampu merealisasikan visi Juara Lahir Batin Melalui Kolaborasi dan Inovasi.

“Tahun ini akselerasi inovasi. Tapi, target minimal setengah dari yang saya mau (visi Pemda Provinsi Jabar) semua harus tercapai. Misalnya, Kredit Mesra harus sekian. Media juga kawal, nanti tahun depan atau tahun 2021 tahun prestasi, tahun panennya,” ujar Kang Emil pula.

“Kita OPD banyak sekali, semua saya minta secara transparan dan profesional memaparkan – sanggup enggak memenuhi target-target dari gubernur sesuai dengan yang kami arahkan. Kalau tidak sanggup, ada konsekuensi jabatan yang sudah dijadikan perjanjian,” kata Kang Emil dengan nada mengingatkan. []

Berita terkait
Pemprov Jabar Lobi Pusat Bangun Pangandaran Jadi KEK Berpotensi Wisata
Pangandaran dinilai memiliki potensi pariwisata mulai dari budaya, maritim yang dapat mendongkrak PAD.
0
Polisi Abdya Aceh Gratiskan Operasi Bibir Sumbing
Polres Aceh Barat Daya menggelar operasi bibir sumbing gratis terhadap masyarakat penderita .