UNTUK INDONESIA

Detik-detik Habib Hasan Assegaf Meninggal Dunia

Ulama besar Habib Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf Pasuruan, meninggal dunia pada Minggu pagi, 27 Desember 2020.
Habib Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Ulama besar Habib Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf Pasuruan, meninggal dunia pada Minggu pagi, 27 Desember 2020. Pemuka agama yang dikenal sangat bersahaja dan dicintai oleh banyak kalangan tersebut, mengembuskan napas terakhirnya selepas subuh.

Jenazah Habib Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf Pasuruan disalati dan dimakamkan di lingkungan Masjid Agung Al-Anwar, Pasuruan, sekitar pukul 14.00 WIB. Ribuan massa hadir untuk melayat dan memberikan penghormatan terakhir kepada ulama besar yang dihormati oleh berbagai kalangan tersebut.

Ribuan pelayat dari berbagai daerah rela berdesakan untuk bisa masuk ke masjid dua lantai tersebut agar bisa mengikuti salat jenazah, hingga meluber ke area jalan hingga sisi barat alun-alun.

Semasa hidup, Habib Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf Pasuruan dikenal begitu kharismatik, serta kerap tampil bersahaja, sederhana dan rajin menghadiri berbagai gelaran majelis ilmu maupun sholawat di Pasuruan.

Habib Hasan merupakah ayah Habib Abu Bakar Assegaf dan mertua Habib Taufik Assegaf salah satu tokoh ulama kharismatik di Kota Pasuruan.

Sebelum mangkat, Habib Hasan sempat mengeluhkan sakit lambung dan usus hingga dilarikan ke Rumah Sakit National Hospital, Surabaya. Tiba sekitar pukul 5 sore, sang ulama besar didiagnosa mengalami pembengkakan pada organ usus dan disarankan untuk menjalani rawat inap.

Salah satu putra Habib Hasan Assegaf, yaitu Habib Abdullah bin Hasan bin Muhammad bin Hud Assegaf mengatakan, Habib Hasan memaksa untuk pulang pada Sabtu malam, 26 Desember 2020. Kala itu, mendiang ulama kharismatik itu berulang kali melepaskan tabung oksigen di mulutnya.

Hal itu membuat kondisi kesehatan Habib Hasan kian menurun dan dipindahkan ke ruang ICU untuk mendapatkan penanganan intensif dari petugas medis.

Pada Minggu pagi, 27 Desember 2020, selepas subuh, Habib Hasan meninggal dunia. Sang ulama besar wafat dalam usia 64 tahun. []

Berita terkait
Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj Sembuh dari Covid-19
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Said Aqil Siradj, dipastikan telah sembuh setelah sempat terinfeksi virus corona (Covid-19).
Positif Terinfeksi Covid-19, Ini Kata Ustaz Yusuf Mansur
Pendakwah Ustaz Yusuf Mansur dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19) pada Kamis, 10 Desember 2020.
Produser Netflix Lin Qi Meninggal Dunia, Ini Penyebabnya
roduser serial televisi The Theree Body Problem, Lin Qi, yang tayang di Netflix meninggal dunia. Ini penyebabnya
0
Menparekraf Sandiaga Uno Dukung Seniman Gelar Pameran
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiago Uno mendukung para seniman lukis untuk melakukan pameran secara kreatif.