Jakarta, (Tagar 9/8/2018) - Suasana Kamis (9/8) sore di kawasan Menteng tepatnya di Restoran Plataran, Jakarta Pusat, riuh dengan hiruk pikuk awak media. Wartawan ramai mengikuti agenda Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta pimpinan partai koalisi terkait finalisasi koalisi sekaligus pengumuman cawapresnya.

Memakai kemeja putih, Jokowi tiba pukul 17.07 Wib. Ia tak berbicara sepatah kata pun, hanya melambaikan tangan dan tersenyum pada awak media, sebelum masuk ke dalam ruangan.

Kira-kira sepuluh menit sebelumnya, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri pun, telah tiba beserta Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, memakai pakaian berwarna khas partainya, merah.

Finalisasi Cawapres JokowiPresiden Joko Widodo (Jokowi) beserta pimpinan partai koalisi menggelar pertemuan di kawasan Menteng, tepatnya di Restoran Plataran, Jakarta Pusat, Kamis (9/8/2018) sore, terkait finalisasi koalisi sekaligus mengumumkan cawapresnya. (Foto: Tagar/Gemilang Isromi Nuari)

Politikus PDI Perjuangan Pramono Anung yang juga Sekretaris Kabinet mengungkapkan, pertemuan kali ini adalah finalisasi kesepakatan, sebelum pendaftaran capres-cawapres di Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jumat (10/7).

"Hari ini pasti, dan mengenai nama nanti capres yang akan menyampaikan didampingi ketum dan sekjen partai. Rencana pertemuannya di sini," ungkap Pramono Anung di Restoran Plataran, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (9/8).

"Mudah-mudahan karena pertemuannya difinalkan nanti difinalkan di sini," sambungnya.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar pun turut hadir dalam pertemuan ini. Secara singkat ia mengatakan, bahwa dirinya tetap bergabung dengan koalisi Jokowi.

"Tetap bergabung, bahasa bisnisnya apa JOIN," singkatnya kepada wartawan.

Meski belum ada tanda-tanda kehadiran Mahfud MD yang disebut-sebut menjadi cawapres Jokowi, pembicaraan di antara petinggi parpol pendukung Jokowi dan Sekjen tetap dilaksanakan.

Petinggi parpol yang hadir di antaranya Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PPP Romahurmuziy, Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh, Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Oedang, Ketua Umum Perindo Hari Tanoesudibyo, Ketua Umum PSI Grace Natalie, dan Ketua Umum PKPI Diaz Hendroprijono. []