UNTUK INDONESIA
Destinasi Wisata Terpopuler di Dieng
Dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah menjadi destinasi wisata yang populer di telinga masyarakat Indonesia. Berikut beberapa wisata di sana.
Bukit Sikunir Dieng. (Foto: Instagram/iindahlovetrip)

Jakarta - Siapa yang tak kenal dengan dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah? Destinasi wisata ini tampaknya sudah populer di telinga masyarakat Indonesia. Panorama menakjubkan yang ditawarkan di sana tentu mampu menarik perhatian wisatawan untuk menyambanginya.

Ada beraneka destinasi wisata yang dimiliki Dieng, mulai dari wisata alam sampai tempat bersejarah bisa dikunjungi di sana. Masing-masingnya pun mampu membuat pengunjungnya terpukau dan memberikan pengalaman yang tak terlupakan.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut Tagar rangkum beberapa destinasi wisata yang ada di Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah.

1. Telaga Warna

Telaga Warna DiengTelaga Warna Dieng. (Foto: Instagram/nalita_corner)

Telaga warna menjadi salah satu destinasi wisata alam yang identik dan populer di dataran tinggi Dieng. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini merupakan sebuah telaga yang warnanya bisa berganti-ganti, seperti biru, hijau, dan kuning lantaran kandungan belerang di dalamnya.

Jangan khawatir ada beberapa spot yang bisa digunakan pengunjung untuk berswafoto bersama teman, keluarga, atau kekasih yang dicinta. Keindahan panorama yang ditawarkan di sana juga mampu membuat mata para wisatawan terasa dimanjakan.

2. Komplek Candi Arjuna

Komplek Candi ArjunaKomplek Candi Arjuna. (Foto: Instagram/hhaarruuunnn)

Belum lengkap rasanya berkunjung ke Dieng jika tak mengunjungi Komplek Candi Arjuna. Di sana, para pengunjung bisa melihat lima candi yang terbangun, seperti Candi Arjuna sendiri, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, Candi Sembadra, dan Candi Semar.

Tempat wisata bersejarah ini merupakan peninggalan kerajaan Mataram Kuno dan dibangun dengan tujuan untuk menyembah para dewa. Selain mendapatkan spot berfoto, para wisatawan yang menyambangi tempat wisata ini tentu akan diberikan pengalaman yang tak terlupakan.

3. Telaga Merdada

Telaga Merdada DiengTelaga Merdada Dieng. (Foto: Instagram/bangkitbaik)

Telaga Merdada juga menjadi salah satu destinasi wisata yang bisa dikunjungi di dataran tinggi Dieng. Di sana, para wisatawan akan ditontonkan telaga yang memiliki luas mencapai 21 hektare dan merupakan yang terbesar di Dieng.

Telaga Merdada tersebut tidak memiliki sumber air, sehingga bisa mengalami kekeringan jika memasuki musim kemarau. Air yang ada di telaga ini biasa digunakan para petani untuk merawat lahan kentang yang berada di sekitarnya.

4. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir DiengBukit Sikunir Dieng. (Foto: Instagram/iindahlovetrip)

Bukit Sikunir berlokasi di Desa Sembungan, Kejajar, Kabupaten Wonosobo merupakan desa tertinggi di pulau Jawa. Bagi para pecinta alam, biasanya mereka berkunjung ke sana untuk menyaksikan golden sunrise yang memesona.

Untuk sampai di sana, para pengunjung harus mendaki terlebih dahulu kurang lebih 30 menit. Namun, rasa lelah tentu akan hilang seketika dengan keindahan pemandangan yang ada di destinasi wisata alam ini.

5. Kawah Sikidang

Kawah Sikidang DiengKawah Sikidang Dieng. (Foto: Instagram/rakaa_id)

Terakhir, Kawah Sikidang juga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu senggang atau liburan di sana. Destinasi wisata alam ini berlokasi tak jauh dari Bukit Sikunir.

Kawah ini terbentuk akibat letusan gunung berapi, sehingga membentuk sebuah kawah yang aktif sampai sekarang. Namun perlu diingat, bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan Kawah Sikidang, jangan lupa membawa masker untuk menghindari bau belerang yang menyengat.

Nah, itulah beberapa destinasi wisata yang berada di Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah. Keindahan alamnya tentu mampu memanjakan pandangan wisatawan dan tempat bersejarahnya bisa memberikan kesan yang tak terlupakan. []

Baca Juga:

Berita terkait
Panduan Pendakian Gunung Sindoro Saat New Normal
Memasuki era new normal, Gunung Sindoro mulai membuka jalur pendakiannya via Alang-alang Sewu. Berikut panduan pendakian Gunung Sindoro.
TN Komodo Terapkan Registrasi Online untuk Wisatawan
Taman Nasional Komodo kembali dibuka memasuki era new normal dengan menerapkan sistem registrasi online dan membership atau keanggotaan.
10 Destinasi Wisata Siap New Normal di Yogyakarta
Ada 10 destinasi wisata di Provinsi DIY menjadi pilot project new normal. Destinasi itu tersebar di Bantul, Gunungkidul dan Sleman.
0
Destinasi Wisata Terpopuler di Dieng
Dataran tinggi Dieng, Wonosobo, Jawa Tengah menjadi destinasi wisata yang populer di telinga masyarakat Indonesia. Berikut beberapa wisata di sana.